Jatik.com
to Inspire. be Social.

Ini lho 3 Alasan Pria Belum Siap Menikah

0 129

Bagi para pria, biasanya memiliki beberapa pertimbangan sebelum melanjutkan sebuah hubungan menuju jenjang yang lebih serius, seperti menikah. Pria harus memiliki alasan kuat untuk memutuskan menikahi pasangannya. Sebaliknya, ada beberapa alasan pria belum siap menikah dan memutuskan untuk menunda pernikahan.

Terkadang, beberapa alasan pria belum siap menikah tersebut dianggap tidak esensial bagi wanita. Hawa menganggap itu hanya sekedar alasan saja yang dibuat-buat.

Dari sekian banyak alasan, setidaknya 3 alasan pria belum siap menikah ini selalu menjadi pertimbangan utama.

1. Belum punya pekerjaan dan penghasilan tetap

Ini salah satu alasan utama yang seringkali dikemukan oleh seorang pria ketika ditanya kenapa belum siap menikah. Mereka belum punya bekal penghasilan atau pun pekerjaan dan merasa takut ketika harus mengikrarkan pernikahan.

Ketika wanita “menantang” pasangan prianya untuk menikahinya, mereka memilih untuk mundur. Padahal, wanita banyak kok yang siap merintis kehidupan bersama-sama. Yang dibutuhkan wanita adalah calon imam yang siap untuk bertanggung jawba menjemput rezeki. Di awal pernikahan banyak wanita yang siap untuk bersusah payah bersama-sama.

Sifat seorang pria yang logis, mereka lebih memilih untuk hidup jomblo daripada melamar sang pujaan hati. Padahal, masalah ini bisa dinegosiasikan.

Yang terpenting, bukan menjadi lelaki yang selalu ingin dimaklumi. Hindari mentalitas miskin. Kondisi saat ini boleh saja miskin, tetapi ke depannya harus memiliki perencanaan dan eksekusi terkait rencana tersebut. Mentalitas menjadi kaya itulah yang dibutuhkan.

Buktikan kepada pasangan wanita bahwa diri Anda memang seorang pria yang memang pantas untuk menjadi pendamping.

2. Belum ada biaya untuk resepsi / walimah

Ini alasan lain mengapa seorang pria belum siap menikah. Mereka belum ada bekal / tabungan untuk biaya resepsi atau walimah. Sadar atau tidak, biaya untuk resepsi pernikahan saat ini, jumlahnya bisa ratusan juta rupiah.

Jika seorang pria memiliki pekerjaan dengan gaji minimal UMR, misalkan bisa menabung 500 ribu sampai 1 juta per bulannya, bisa berbulan-bulan dana walimah tersebut akan terkumpul.

Sebenarnya, kondisi seperti ini ada banyak hal yang bisa dilakukan agar tidak terpaku saja dengan kondisi tersebut. Sebagai contoh, Anda bisa memusyawarahkan solusinya bersama dengan keluarga calon tentang biaya walimah ini.

Bisa jadi, ada beberapa pilihan yang tersedia seperti menikah dengan sederhana asalkan berkah dan khidmat atau solusinya akad nikah dulu, walimah menyusul.

Jika niat Anda baik untuk menghalalkan pasangan, maka akan ada banyak jalan keluarnya. Daripada menghabiskan uang dengan menyelenggarakan walimah mewah, akan jauh lebih baik ditabung untuk masa depan bersama.

3. Masih ingin memperbaiki diri

Salah satu alasan pria belum siap menikah lainnya adalah ingin memperbaiki diri. Sebenarnya, memperbaiki diri itu bagus. Kita wajib untuk memantaskan diri, nanti Allah yang menentukan jodoh.

Yang menjadi pertanyaan, sampai sejauh mana Anda memantaskan diri agar siap menikah. Inilah yang perlu Anda pikirkan dengan baik. Jangan sampai karena “asyik” memperbaiki diri, Anda menjadi lupa untuk mencari calon istri.

Itulah alasan utama mengapa seorang pria belum siap menikah dan memilih untuk menunda pernikahan. Tentunya, masih banyak alasan lain mengapa pria lebih memilih untuk tidak menikah saat ini atau dalam waktu dekat. (Baca Juga: 5 Alasan Rencana Pernikahan Ditunda)

Wahai pria, apa alasan Anda tidak siap untuk menikah?

Loading...

Berlangganan Newsletter
Berlangganan Newsletter
Daftarkan email kamu disini untuk mendapatkan info terupdate dari Jatik.com langsung ke inbox email kamu!
Kamu bisa membatalkan newsletter ini kapan pun.