4 Hal Jangan Sampai Salah Pilih di Usia 20 Tahunan

0 171

Ketika kamu memasuki usia 20 tahunan, maka kamu akan dihadapkan pada tantangan hidup yang semakin besar. Tanggung jawab juga akan melekat di pundakmu. Usia 20 tahunan, adalah masa-masa ketika kamu harus sudah memantapkan beberapa hal. Kenapa? Karena di masa-masa ini, semangat, pola pikir, sedang berada di puncak-puncaknya. Masa ketika mencari jati diri untuk semakin memantapkan pilihan hidup ke depannya.

Di usia 20 tahunan, kamu harus sudah yakin untuk mulai menata masa depan. Di usia ini, sudah selesai fase-fase “alay”. Kamu tidak lagi berpikir tentang dirimu sendiri, tetapi keluargamu, dan yang terpenting masa depanmu. Empat hal yang kamu jangan sampai salah pilih ketika memasuki usia 20 tahunan.

1. Jangan salah memilih karir dan pekerjaan

Jika pilihan hidupmu dijatuhkan pada mengejar karir, maka belajarlah banyak. Usia awal 20 tahunan, carilah pengalaman kerja sebanyak-banyaknya. Pilih yang sesuai passion dan bisa menambah pengalaman. Bukan sekedar besarnya gaji. Selain itu, cari pekerjaan yang bisa meng-upgrade skill dan kompetensi dirimu. Di pertengahan usia 20 tahunan, saatnya kamu sudah memilih salah satu pekerjaan/karir yang paling sesuai dengan dirimu. Fokus untuk memberikan yang terbaik di dalam karirmu. Fokus untuk mengasah kemampuan dirimu di bidang tersebut. Semakin ahli dirimu, maka kamu adalah orang yang SPESIAL. Kamu akan dicari-cari oleh banyak perusahaan untuk direkrut. Di akhir usia 20 tahun, kamu akan menemukan jenjang karir yang terbaik sehingga di usia kepala 3, kamu akan mulai berada di puncak karir.

usia-20-tahun
Fokus menatap masa depan

2. Jika kamu berbisnis, maka di usia ini haruslah sudah memiliki fokus bisnis

Buat kamu yang yakin dengan jalan hidupmu sebagai entrepreneur, maka di usia 20 tahunan kamu harus sudah fokus untuk mengembangkan 1 bisnis yang menjadi passion-mu. Di awal-awal usia 20 tahun, bergelutlah dengan berbagai bisnis untuk mengisi pengalaman / skill kamu dalam menjalankan usaha. Di usia pertengahan 20, kegagalan-kegagalan dalam bisnis itu WAJIB hukumnya, agar kamu bisa belajar banyak hal dari belum berhasilnya kamu berbisnis. Habiskan jatah gagalmu dalam berbisnis di masa-masa ini. Setelah jatuh, maka bangkitlah. Di akhir 20 tahunan, masa dimana kamu fokus dengan 1 bisnis dengan belajar dari semua kegagalan yang sudah terjadi. Di titik ini, kamu tidak boleh mundur sedikitpun. Yakinkan dirimu, bahwa bisnis yang kamu jalani, akan meraih sukses di masa depan.

3. Jangan salah memilih lingkungan dan sahabat.

Lima tahun ke depan, kamu ditentukan dari apa yang dibaca, tonton, dan siapa sahabat di sekitarmu. Pastikan sahabat yang baik, soleh dan saling menyemangati yang ada di sekelilingmu. Bedakan antara teman dan lingkungan terdekat, seperti sahabat. Sahabat memiliki pengaruh yang besar dalam hidupmu. Bagaimana dirimu berpikir, bertindak, apa pilihan hidupmu, kecil atau besar dipengaruhi oleh lingkungan terdekat. Jadi apa dirimu di masa depan, tergantung siapa orang-orang yang ada di dekatmu.

4. Jangan salah memilih pendamping hidup.

Karena separuh hidupmu akan menua dengannya. Pastikan pendamping terbaik sesuai dengan harapan. Jangan dipaksakan, takut malah patah. Jangan terburu-buru malah mengikuti nafsu. Tapi persiapkan dan segerakan. Biar hidup makin berkah dan indah. Karena di usia 20 tahunan, kamu butuh partner hidup yang setia di berbagai kondisi.

Loading...