Ini 4 Penyebab Utama Tubuh Kita Sering Lelah

0 95

Seharian beraktivitas membuat tubuh kita sering merasa lelah. Bahkan, terkadang, aktivitas pun tidak terlalu banyak, tetapi tubuh merasa cepat lelah. Apakah kamu juga salah satu orang yang selalu merasa sering tak bertenaga? Ternyata, tidak hanya kamu saja lho. Banyak kok yang mengalami hal yang sama sepertimu.

Tubuh lelah sebagai respon atas banyaknya energi yang keluar karena aktivitas yang berlebihan. Untuk mengatasi rasa lelah, tidak cukup sulit. Cukup kembalikan energi yang hilang setelah beraktivitas seharian. Selalu usahakan energi tidak terkuras habis ketika beraktivitas. Terlebih lagi, kamu harus tahu apa sebenarnya penyebab dari rasa lelah yang timbul.

Empat alasan berikut ini, merupakan penyebab paling umum dari munculnya rasa lelah. Apa saja? Simak yuk.

lelah
4 Penyebab utama tubuh merasa lelah

1. Waktu Tidur

Bagi orang yang memiliki aktivitas tinggi, pekerjaan yang padat, terkadang melupakan hal terpenting bagi kesehatan tubuh, yakni waktu istirahat/tidur yang cukup. Banyak orang “menyepelekan” waktu tidur yang selalu dikorbankan demi pekerjaan, tugas, dan berbagai aktivitas lainnya. Bahkan, kita sering begadang, bukan karena hal-hal penting. Kebiasaan ini harus diubah dengan segera. Jangan korbankan waktu berkualitas kamu setiap hari.

Selain itu, usahakan untuk tidak mengkonsumsi kopi dan alkohol pada waktu sebelum tidur. Usahakan saat sebelum tidur, suasana di kamar tidur kamu dalam keadaan tenang. Matikan televisimu sebelum tidur agar tidurmu menjadi lebih berkualitas. Dengan waktu tidur yang cukup dan tidur berkualitas, maka rasa lelah pun akan jarang muncul.

2. Apa yang kita konsumsi

Buat kamu yang hobi mengkonsumsi kopi dan gula, ternyata keduanya merupakan kombinasi yang tepat untuk membuat dirimu semakin lelah. Kopi dan gula dapat menjadikan kadar gula dari naik dan turun secara cepat. Solusinya untuk mengatasi hal ini adalah dengan mengkonsumsi makanan penyeimbang, seperti sayuran, buah-buahan, dan protein yang lebih banyak.

3. Seberapa rutin kamu berolahraga

Rutinkah kamu berolahraga setiap hari? Jika tidak, ini bisa menjadi penyebab kamu sering merasa lelah. Lho, bukannya dengan olahraga bisa membuat tubuh semakin lelah ya? Gak kok! Justru dengan berolahraga dapat meningkatkan energi tubuh kita. Berolahragalah sesering mungkin dengan menggerakkan tubuh lebih sering. Mulai lakukan olahraga paling tidak 3 jam sebelum waktu tidur malam. Sangat direkomendasikan untuk berolahraga minimal 40 menit/hari, selama 4 hari dalam seminggu.

4. Jenis penyakit

Jika kamu mengalami rasa lelah yang berkepanjangan, bisa jadi ada penyakit dalam tubuhmu. Rasa lelah bisa timbul dari penyakit seperti diabetes, anemia, depresi, kurangnya nutrisi, gangguan hormone tiroid, gangguan tidur, serta penyakit jantung.

Jadi, jika kamu sering merasa lelah, coba cek dahulu apa yang kamu konsumsi, rutin olahraga, pola tidur yang benar. Jika ketiganya sudah dicek, tetapi masih tetap merasa lelah, bahkan setelah mengubah gaya hidup kamu, segera periksakan ke dokter untuk mendapatkan penanganan segera. Bisa jadi, ada penyakit yang bersarang dalam tubuhmu.

Referensi: www.klikdokter.com

Loading...