Jangan Remehkan! Ini Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan

0 119

Ada ratusan obat herbal alami di sekitar kita, salah satunya daun salam. Tumbuh dengan subur di pekarangan atau kebun sekitar rumah, ternyata manfaat daun salam untuk kesehatan tubuh kita sangat banyak.

Terkadang, kita seringkali mengacuhkan pohon-pohon yang tumbuh alami di pekarangan rumah. Dan, setelah mengetahui banyak khasiat yang terkandung di dalamnya, barulah kita tersadar untuk memanfaatkannya.

Daun salam merupakan salah satu dedaunan dari pohon salam, yang dikenal dari sejak jaman dahulu sebagai obat-obatan herbal.

Manfaat daun salam untuk kesehatan yang beragam, menjadi nilai tambah bagi kita apabila memiliki pohonnya di kebun rumah. Mudah dalam perawatan, sehingga layak jika tanaman ini ditanam di rumah.

Beberapa manfaat daun salam untuk kesehatan yang bisa Anda peroleh, antara lain:

1. Sebagai pengobatan untuk radang tenggorokan

Jika kita mengetahui manfaat daun salam untuk kesehatan yang luar biasa, maka Anda termasuk salah satu orang yang sangat beruntung.

Betapa tidak, daun salam ini memang dikenal ampuh untuk meredakan atau mengobati berbagai penyakit, baik ringan maupun kronis.

Manfaat yang bisa didapatkan salah satunya adalah mengobati penyakit radang tenggorokan, atau bagi masyarakat luas lebih dikenal sakit tenggorokan.

Bagaimana cara mendapatkan khasiat daun salam yang satu ini? Mudah saja.

Rebus 10-15 lembar daun salam dengan menambahkan air, kurang lebih 3 gelas. Dan, air rebusan itu diminum secara rutin setiap hari, agar radang / sakit tenggorokan yang diderita bisa perlahan sembuh. Boleh dicoba di rumah.

2. Sebagai pencegahan terhadap penyakit jantung

Di daun salam itu sendiri kaya nutrisi dan senyawa yang penting bagi kesehatan tubuh, salah satunya adalah salisilat yang berfungsi untuk menjaga kesehatan organ jantung kita.

Untuk Anda yang memiliki kesukaan terhadap masakan yang dalam bahannya terdapat daun salam, dan itu dikonsumsi rutin, maka akan mengurangi risiko terkena penyakit jantung.

Bagi Anda yang baru mengetahui manfaat daun salam untuk kesehatan jantung ini, direkomendasikan untuk mulai mengkonsumsi makanan dengan bahan daun salam, sehingga terhindar dari risiko penyakit jantung.

3. Mengatasi penyakit hipertensi

Manfaat daun salam untuk kesehatan selanjutnya yaitu mengobati penyakit hipertensi atau darah tinggi. Di daun salam terkandung senyawa flavonoida dan zat tanin yang sangat ampuh dalam mengatasi penyakit darah tinggi yang diderita.

Bagaimana memaksimalkan daun salam untuk mengobati penyakit hipertensi ini? Sangat mudah, yaitu dengan membuat teh alami yang bersumber dari daun salam.

Berikut ini langkah pembuatan teh alami dari daun salam:

  • Siapkan beberapa lembar daun salam (± 15 lembar), lalu daun ini dicuci dahulu.
  • Setelah bersih, rebus daun salam ini dalam 3 gelas air putih.
  • Jika rebusan ini telah mendidih, dan air tidak terlalu banyak, maka minum air rebusan daun salam tersebut dalam keadaan hangat.
  • Lakukan ini secara rutin dan berkelanjutan, niscaya penyakit darah tinggi akan reda perlahan.

4. Untuk pengobatan penyakit maag

Bagi Anda yang memiliki riwayat penyakit maag, bisa memanfaatkan daun salam untuk obat herbal penyakit tersebut. Bagaimana caranya?

Siapkan kurang lebih 18 lembar daun salam yang sudah dicuci bersih. Lalu, daun salam ini direbus dalam air hingga mendidih, kurang lebih 15 menit.

Langkah selanjutnya adalah dengan memberi gula aren sebagai pemanis, dan dinginkan air rebusan daun salam ini. Minum saat telah dingin. Lakukan secara rutin hingga perih di lambung menghilang.

5. Sebagai obat herbal untuk kencing manis

Manfaat daun salam untuk kesehatan lainnya adalah pengobatan alami terhadap penyakit kencing manis atau diabetes. Kalau Anda punya penyakit ini, bisa mempraktekkan obat herbal alami daun salam, yaitu dengan cara:

  • Ambil 15 lembar daun salam yang sudah dicuci hingga bersih
  • Selanjutnya, daun salam tersebut direbus dalam 3 gelas air hingga mendidih.
  • Jika sudah matang, dinginkan rebusan air. Minum di pagi dan sore hari secara rutin.
Beberapa manfaat daun salam untuk kesehatan tubuh kita.
Beberapa manfaat daun salam untuk kesehatan tubuh kita.

6. Untuk mengatasi penyakit diare

Selain lima manfaat sebelumnya, daun salam juga berkhasiat untuk mengatasi penyakit diare dengan alami. Obat diare di pasaran memang sudah banyak yang dijual, tetapi apa salahnya jika memanfaat obat herbal daun salam jika terkena diare.

Cara mudah untuk mengatasi sakit diare dengan menggunakan ramuan daun salam, yaitu:

  • Menyiapkan ± 15 lembar daun salam yang segar lalu cuci bersih.
  • Daun salam ini direbus dalam ± 2 gelas air hingga mendidih.
  • Pada saat merebus, masukkan garam secukupnya.
  • Tunggu air rebusan matang.
  • Jika sudah matang, biarkan dingin.
  • Minum air ramuan herbal daun salam ini secara teratur, hingga diare sembuh.

7. Sebagai pemutih gigi alami

Selain berperan besar bagi pengobatan alami, ternyata daun salam juga memiliki khasiat untuk memutihkan gigi kita. Jika ingin mendapatkan manfaat pemutih gigi alami ini, lakukan beberapa langkah berikut.

  • Siapkan beberapa kulit jeruk dan daun salam
  • Kedua bahan itu lalu dijemur di panas matahari hingga kering dan layu.
  • Jika sudah kering, bahan-bahan tersebut ditumbuk dan diberi air secukupnya.
  • Campuran ini lalu diaduk-aduk sampai rata dan berbentuk pasta.
  • Gunakan pasta herbal ini ketika menggosok gigi secara rutin tiap hari. Niscaya dalam beberapa waktu ke depan, gigi akan terlihat putih bersih.

Banyak sekali bukan manfaat daun salam untuk kesehatan? Untuk Anda yang memang mengalami gejala penyakit di atas, Anda bisa mempraktekkan pengobatan herbal daun salam untuk meredakan penyakit tersebut.

Mau mencobanya?

Referensi:

www.manfaatbuahdaun.com

Loading...