Sukses Bisnis Online di Usia Muda, Siapa Takut! Mark Zuckerberg aja Bisa Sukses di Usia Muda, Ini 5 Kiatnya

0 232

[nextpage title=”Kiat Sukses Bisnis Online” ]

Mau sukses di bisnis online? Pelajari kiat sukses bisnis online dari ahlinya!

Siapa yang tak kenal dengan Mark Zuckerberg, pendiri Facebook, yang sukses berkat media sosial yang dirintisnya sejak statusnya masih mahasiswa. Media sosial Facebook memang salah satu fenomena bisnis online abad ini yang bisa dijadikan inspirasi bagi kita yang masih muda untuk mulai merintis bisnis sejak dini. Potensi sukses itu tidak hanya dari mengejar karir yang tinggi, tapi juga dengan jatuh bangun membangun bisnis. Kamu harus mulai membuka cakrawala berpikirmu lebih luas, bahwa kesuksesan itu tidak hanya dari mencari kerja di perusahaan bonafit atau menjadi PNS, mulailah membangun bisnismu sekarang juga, ketika kamu masih muda.

Membangun bisnis sejak usia muda bisa kok, dimulai dari bisnis yang kecil-kecilan. Bisnis juga bisa dijalankan di sela-sela aktivitasmu yang lain, kuliah atau sekolah. Salah satu hal yang paling mudah untuk menjalankan bisnis adalah secara online.

Apa yang membedakan bisnis online dengan bisnis-bisnis yang lain pada umumnya? Sebenarnya tidak ada perbedaan yang mencolok antara menjadi pebisnis online atau offline. Karakter sebagai pengusaha, keahlian dalam berbisnis, mental baja yang ditanamkan sejak dini itu yang perlu ada sebagai pebisnis. Beberapa perbedaan yang mendasar dari bisnis online dengan bisnis lainnya adalah produk yang “untouchable” oleh pelanggan secara langsung dan promosi yang dilakukan secara online.

Lalu apa aja keahlian yang diperlukan untuk membangun bisnis online?[/nextpage]

[nextpage title=”Ahli bidang IT?” ]

1. Apa harus punya keahlian yang sangat bagus di bidang IT?

kiat_sukses_bisnis_online
Sumber Gambar: www.entrepreneurmuslim.com

Tidak juga. Meskipun background pendidikan formal atau kamu tidak memiliki keahlian di bidang IT, kamu tetap bisa berpotensi sukses menjalankan bisnis online. Satu kata yang diperlukan, BELAJAR. Ya, kamu wajib terus belajar untuk mengenal lebih dekat dengan teknologi. Karena memang bisnis online, tidak bisa dilepaskan dari teknologi, seperti website, hosting, sosial media, dll. Yang paling kamu butuhkan adalah kemauan besar untuk berbisnis.

Ya. Kemauan kuat untuk berbisnis adalah bekal utama. Tanpa keahlian yang hebat di bidang IT, atau modal kuat, kamu bisa merintis bisnis onlinemu sendiri. Seperti pebisnis bernama Venita Daben, pemilik bisnis online cupcake, www.minilovebites.com. Venita sama sekali tidak memiliki keahlian di bidang IT. Dia adalah lulusan ilmu politik. Tapi, dia memiliki keinginan kuat untuk berbisnis online. Dia belajar banyak tentang membuat kue, serta memiliki jaringan pertemanan yang luas sehingga bisa sukses sampai sekarang. So, kemauan untuk belajar dan keinginan sukses dalam bisnis akan sangat membantumu menjadi seorang pebisnis online yang sukses.[/nextpage]

[nextpage title=”Pebisnis itu Komunikator Ulung” ]

2. Pebisnis itu Komunikator ulung!

komunikasi_bisnis
Sumber Gambar: www.teropongbisnis.com

Tidak memiliki keahlian di bidang IT, tidak perlu berkecil hati. Kalau kamu jago ngomong, jago negosiasi, jago mendapatkan hati orang lain, itu sudah bekal yang cukup untuk kamu sukses di bisnis online, juga bisnis offline lainnya. Jago menjual produkmu, itu ruh dari bisnis. Kamu akan ditanya bermacam-macam oleh calon pelanggan, tentang bisnis, produk, dll dari bisnis yang kamu rintis. Kecakapan dalam berkomunikasi, salah satu kiat sukses dalam berbisnis.

Khusus untuk bisnis online, kemampuan berkomunikasi juga sangat diperlukan karena kamu tidak bisa langsung ketemu pelanggan. Kamu hanya bisa berkomunikasi melalui media, chatting, sms, telefon, dll. Keahlian dalam mempersuasi calon pelangganmu ini, sangat diperlukan. Kesabaran dalam melayani pelanggan, membalas pertanyaan, atau memenuhi permintaan-permintaan pelanggan, salah satu poin penting dari keahlian dalam berkomunikasi.[/nextpage]

[nextpage title=”Jago Promosi & Display” ]

3. Jago Mendisplay Product dan Berpromosi, Nilai Plus!

display_product
Sumber Gambar: tech.firstpost.com

Bisnis online memang memiliki tempat untuk mendisplay produk dan mempromosikannya di media online, seperti website hingga sosial media. Keahlian lainnya yang harus kita miliki adalah kemampuan untuk mendisplay produk dengan baik di website dan sosial media hingga mempromosikannya. Mulai dari mengambil gambar dengan kamera, mengeditnya, memberikan deskripsi dan detail lainnya, hingga mempromosikan di website, sosial media hingga marketplace.

Pembeli akan menyukai gambar yang menarik, tidak dibuat – buat dan bahkan terlihat hampir menyerupai wujud aslinya. Kalau kamu mengedit foto produk terlalu berlebihan, pelanggan malah akan merasa itu bukanlah yang asli. Dan mereka tidak akan percaya lagi.

Menurut Hanny Yovita, pemilik bisnis online selain harus pintar berkomunikasi jelas harus punya sedikit keahlian untuk mendisplay produk dengan sangat baik, begitu juga dengan usaha promosi kamu di media online.[/nextpage]

[nextpage title=”Be Creative!” ]

4. Be Creative, or Your Business will Die!

kreatif
Sumber Gambar: usahaabe.com

Kreatif adalah kunci sukses berbisnis online. Kalau kamu stagnan, bisnis online kamu tidak akan pernah berkembang. Beberapa hal yang diperlukan dalam hal kreativitas adalah mengedit foto produk kamu, mendesain halaman website, sosial media, bahkan membuat tampilan dari packaging produk yang unik. Keunikan packing ini akan membuat pelanggan dengan mudah mengingat bisnis online kita dan mau untuk kembali lagi.

Selain dari kualitas produk, kita juga harus mengoptimasi dan memaksimalkan dari segi lainnya. Mulai dari logo, desain website, desain packaging dan bahkan desain souvenir dan voucher diskon untuk pelanggan. Kreatif bisa dibilang harga mati untuk pebisnis online. Karena jika tidak kreatif, kita bisa dengan mudah tergeser oleh pesaing yang jauh lebih kreatif dan baik dari kita.[/nextpage]

[nextpage title=”Fokus & Konsisten” ]

5. Sebagian besar bisnis hancur karena tidak konsisten, maka fokus dan konsisten dengan apa yang kamu lakukan

fokus
Sumber Gambar: blog.eerlings.com

Buat kamu yang ingin punya bisnis super panjang umur dan sukses terus, jangan mudah menyerah. Konsistensi kamu terhadap mimpi dan harapan terus dipertanyakan oleh keadaan. Merasa lelah dan kadang ingin sekali berhenti pasti wajar, tapi konsistensi kamu terhadap niat harus jauh lebih besar dari keinginan untuk berhenti.

Karena bisnis online sudah sangat dimudahkan mulai dari menjual produk orang lain atau reseller, promosi yang murah di sosial media sampai pengiriman yang mudah dengan menggunakan jasa pengiriman. Seperti gak ada istilah menyerah untuk menjadi pebisnis online yang sukses.

Inilah yang ditekankan oleh Fajar Teguh pemilik Belikulit.com. Berbisnis di usia muda, ia menerapkan prinsip dan memiliki konsekuensi yang kuat untuk bisnisnya. Hingga membuatnya bisa terus mengembangkan bisnisnya sampai saat ini. Baginya Konsistensi harus terus dijaga agar visi dan cita – cita dalam bisnis bisa tercapai.

So,,kita pasti bisa sukses berbisnis di usia muda, terutama berbisnis online. Jangan pernah menyerah jika kamu menghadapi berbagai rintangan. Kesuksesan ada di depan matamu, gapailah hingga semua mimpi-mimpimu tercapai![/nextpage]

Loading...