Resep Semur Jengkol Pedas Mantap!

0 69

Kuliner Nusantara memang tak ada habisnya. Banyak sajian kuliner khas Indonesia yang terkenal seantero Nusantara, bahkan dunia. Salah satunya adalah semur jengkol. Ya, jengkol yang dulunya dianggap masakan “kampungan”, kini banyak yang menfavoritkannya. Mau cobain resep semur jengkol pedas mantap satu ini?

Sebelum menyajikan lebih lanjut tentang resep semur jengkol pedas, ada kalanya kita mengenal lebih dekat dengan bahan baku legendaris, Jengkol. Jengkol atau disebut juga jering (nama latin Archidendron pauciflorum), merupakan tumbuhan yang khas dari wilayah Asia Tenggara.

Di Malaysia tumbuhan ini dikenal sebagai jering. Biji jering digemari oleh masyarakat Malaysia. Orang Thailand menyebutnya sebagai “luk-nieng” atau “luk neang”, sedangkan orang Myanmar menyebutnya “da nyin thee’”. Di Indonesia sendiri dikenal dengan sebutan jengkol yang merupakan salah satu bahan pangan favorit sejak nenek moyang.

Bahan masakan jengkol ini merupakan bagian dari suku polong-polongan (Fabaceae). Buah jengkol berupa polong dengan bentuk gepeng cenderung spiral dan berwarna lembayung tua. Buah jengkol itu sendiri dilapisi kurit ari yang tipis berwarna cokelat mengkilap.

Walaupun menjadi kegemaran banyak orang, ada efek kurang bagus yaitu menimbulkan bau tak sedap pada urine setelah diproses dan diolah oleh pencernaan. Bau tidak sedap tersebut akan semakin menyengat jika dimakan mentah sebagai lalap.

Selain memiliki efek kurang bagus, ternyata jengkol mempunyai khasiat bagi kesehatan. Jengkol dikenal dapat mencegah penyakit diabetes, bersifat diuretik dan juga bagus bagi kesehatan jantung kita. Khasiat dan manfaatnya bagi kesehatan membuat tumbuhan satu ini mulai digemari oleh masyarakat dunia.

Tak hanya sampai disitu saja, tanaman jengkol juga memiliki kemampuan untuk menyerap air tanah yang tinggi. Oleh karena itu, tanaman jengkol bermanfaat untuk konservasi air di suatu wilayah. (Info: Wikipedia)

Nah, ternyata jengkol yang kita kenal selama ini memiliki banyak manfaat ya. Oleh karena itu, tak ada salahnya menjadikan jengkol menjadi salah satu kuliner yang harus dicoba di rumah. Dalam artikel sebelumnya, kami sudah sajikan semur jengkol khas Betawi yang gurih.

Salah satu yang wajib dicoba adalah resep semur jengkol pedas ini. Buat kamu pecinta masakan pedas dan jengkol, masakan satu ini kombinasi ciamik untuk dicoba di rumah.

Bahan-bahan yang mudah ditemukan dan proses pembuatan yang dibilang tidak terlalu sulit, merupakan alasan kamu harus segera membuatnya.

Resep Semur Jengkol Pedas Mantap

Untuk mulai memasak semur jengkol pedas dan yang rasanya mantap, siapkan terlebih dahulu bahan-bahan utama dan bahan untuk bumbu halusnya.

Bahan Utama Resep Semur Jengkol Pedas:

  • Jengkol tua, 300 gram
  • Tomat dipotong kasar, 1 buah
  • Daun salam, 2 lembar
  • Bawang merah diiris tipis, 6 butir
  • Gula merah disisir halus, 1 sendok makan
  • Kecap manis, 5 sendok makan atau sesuai selera
  • Air, 1 gelas

Bumbu Halus Semur Jengkol Pedas:

  • Kemiri, 2 butir
  • Bawang putih, 3 siung
  • Cabe rawit, 5 buah (jika tidak suka pedas bisa dikurangi)
  • Cabe merah keriting, 10 buah
  • Ketumbar, 1/2 sendok makan
  • Buah pala, 1/4
  • Merica butiran, 1 sendok teh
  • Jinten, 1 jumput

Jika semua bumbu utama dan bumbu halus sudah siap, saatnya mulai mengolah resep semur jengkol rasa pedas tersebut. Berikut langkah-langkah membuatnya.

  1. Pertama-tama cucilah terlebih dahulu jengkol hingga bersih. Lalu belah jengkol tersebut jadi 2 bagian dan rebuslah menggunakan air cucian beras sampai terasa empuk. Proses ini bertujuan untuk menghilangkan bau jengkol yang menyengat.
  2. Jika jengkol sudah terasa empuk, angkatlah. Kemudian bilas menggunakan air bersih, tiriskan dan memarkan.
  3. Langkah berikutnya, tumislah bawang merah iris hingga berwarna kecokelatan. Lalu, masukkan semua bumbu halus dalam daftar di atas, daun salam dan tomat. Aduk-aduklah sampai bumbu matang.
  4. Masukkan jengkol, tambah / tuang air dan biarkan mendidih. Kemudian, masukkan gula merah, kecap manis, dan garam.
  5. Masak hingga bumbu meresap ke dalam jengkol. Cicipilah rasanya. Jika sudah pas, matikan api dan sajikan.

Itulah cara membuat semur jengkol pedas yang bisa kamu coba di rumah. Bahan-bahan yang digunakan mudah ditemukan dan proses pengolahannya pun terbilang tidak terlalu sulit.

Masakan semur jengkol pedas terasa lebih nikmat dihidangkan dengan nasi hangat dan disantap saat cuaca dingin. Ingin mencobanya?

Resep oleh @susie.agung⁣.

Loading...