5 Alasan Memelihara Kucing Sebaiknya di Dalam Rumah

0 120

Karena berbagai alasan masih banyak pecinta kucing yang melepas kucingnya untuk bebas berkeliaran di luar rumah. Dari satu sisi sebenarnya tindakan itu tidak menguntungkan bagi si kucing juga bagi pemiliknya.

Mengapa? Ada banyak alasannya. Terutama kamu pecinta kucing, ada baiknya mengetahui alasan-alasan tersebut.

Simak alasan memelihara kucing sebaiknya di dalam rumah berikut ini.

1. Lebih Sehat dan Selamat

Kucing yang sering berkeliaran di luar rumah apalagi sampai berjam-jam mempunyai resiko pulang dengan penyakit atau luka-luka. Lingkungan yang kotor dan kucing liar berpotensi menularkan penyakit seperti kutu, infeksi, dan lainnya. Minimal kucing bakal pulang dalam keadaan kotor dan perlu mandi.

Kucing juga rentan terlibat perkelahian dengan kucing-kucing lain. Luka cakar dan gigitan bisa didapatnya, yang bahaya jika kucing musuhnya mempunyai penyakit. Bakteri bisa dengan mudah ditularkan lewat air liur yang terbawa pada gigitan.

Bahkan gigitan kucing bisa menularkan FIV, penyakit kucing yang setara dengan AIDS pada manusia. Penyakit ini mematikan bisa merontokkan bulu, merontokkan gigi, merusak jantung, dan berujung kematian.

Kucing peliharaan juga kurang peka pada keamanan lalu lintas jalan. Tertabrak motor atau mobil bisa mengakibatkan luka berat bahkan kematian. Belum lagi kalau kucing bertemu orang jahat yang suka menganiaya binatang.

2. Terlindungi dari Binatang Liar

Di alam liar kucing memang pemburu tapi sekaligus juga diburu. Kucing peliharaan yang dilepas pun rawan diburu binatang lain apalagi jika tempat tinggal kita bukan di perkotaan.

Kucing bisa diburu oleh anjing, burung besar seperti elang dan burung hantu, juga berpotensi diserang ular. Inilah alasan memelihara kucing di dalam rumah yang tidak boleh diabaikan begitu saja. (Baca Juga: Cara Merawat Kucing Peliharaan dengan Baik)

3. Rawan Pencurian

Orang sekarang sudah paham kalau kucing peliharaan harganya mahal. Peminatnya banyak sehingga cukup mudah untuk dijual.

Kucing yang jinak memang lebih gampang jadi korban pencurian. Tapi kucing yang tidak mau akrab dengan orang asing pun bisa dicuri dengan mudah. Maling tinggal memasang jebakan yang berisi makanan kesukaan kucing.

Kabarnya kucing dicuri juga bukan cuma untuk dijual sebagai binatang peliharaan. Ada yang membelinya untuk diambil kulitnya, atau untuk uji coba laboratorium illegal. Kamu tentu gak mau kan kucing kesayanganmu hilang begitu saja? Nah, kalau begitu jangan abaikan alasan memelihara kucing di dalam rumah yang satu ini ya.

4. Hubungan Baik dengan Tetangga Tetap Terjaga

Kucing yang dilepas akan berkeliaran termasuk di rumah-rumah tetangga. Mereka bisa melakukan banyak hal yang tidak mengenakkan di rumah atau halaman tetangga.

Misalnya kencing, buang air besar, menganggu ikan di kolam, memecahkan pot bunga, dan merusak genteng. Akibatnya tetangga bisa marah, bahkan dengan spontan bisa menyakiti si kucing. Poin alasan memelihara kucing di dalam rumah ini juga penting, bukan?

5. Menjaga Lingkungan Hidup

Nenek moyang kucing adalah hewan liar. Bahkan, sekarang masih banyak kucing liar di alam sana. Mereka adalah pemburu dan insting berburunya menurun pada kucing peliharaan. Meski diberi makan dengan baik kucing peliharaan tetap suka mengejar binatang-binatang kecil.

Jika kucing dilepas maka ia bisa menangkap dan membunuh burung kecil, bukan untuk dimakan tapi untuk memuaskan insting berburunya. Hewan lain juga bakal jadi korban seperti serangga, kadal, kumbang, dan hewan kecil lainnya.

Hewan-hewan kecil itu punya peran penting di lingkungan hidup. Saat ini karena dampak lingkungan yang tidak bersahabat dan diburu oleh manusia, jumlah mereka semakin menyusut. Maka tak perlu kiranya kucing kita ikut berkontribusi mengurangi populasi hewan-hewan itu.

Tapi mungkin kamu berargumen “kan kasihan kalau tidak dilepas?”, “kucingku minta keluar sukanya”, “biar dia bebas tidak terkungkung”. Coba pikirkan, kucing itu hewan lucu yang sering butuh bantuan kita untuk bertahan hidup terutama di jaman modern ini. Tidak bisa disamakan memang, tapi anggaplah kucing itu setara anak balita pemahamannya akan lingkungan, masih tegakah kamu melepasnya?

Itulah setidaknya lima alasan memelihara kucing sebaiknya secara indoor atau di dalam rumah. Apakah kamu punya alasan lain mengapa harus dipelihara di dalam rumah alih-alih melepasnya secara bebas?

Loading...