Jatik.com
to Inspire. be Social.

5 Kiat Sukses Usaha Dagang Bagi Calon & Pebisnis Muda

0 1.168

Buat kamu anak muda yang mau atau pun sedang memasuki dunia usaha / bisnis, ada banyak kiat sukses usaha dagang yang dapat diterapkan. Agar lebih cepat menuju kesuksesan, berikut beberapa akselerasi dalam usaha yang perlu dilakukan.

Setiap orang memiliki chance yang sama untuk sukses, yang membedakan adalah bagaimana strategi dan eksekusi yang dilakukan terhadap rencana-rencana bisnis tersebut. Muda tidak berarti sulit untuk meraih kesuksesan. Banyak contoh pebisnis yang sukses di usia yang terbilang muda. Sebut saja CEO Facebook, Mark Zuckerberg, yang meraih kesuksesannya di saat masih usia 30-an.

Bagaimana langkah yang perlu diterapkan agar dapat meraih kesuksesan di usia muda? Setidaknya 5 kiat sukses usaha dagang ini perlu kamu terapkan di era serba digital saat ini.

Langkah Pertama: FOKUS

Salah satu kelemahan bagi pebisnis pemula biasanya sangat sulit untuk FOKUS. Maunya dilakukan semua. Apabila kamu masih tipe wirausaha yang seperti kutu lompat, it’s ok lah. Tetapi, kamu masih belum dapat dikatakan sebagai seorang entrepreneur, melainkan orang yang sedang berlatih berwirausaha.

Ada waktunya nanti kamu akan lulus dari latihan ini dan cocok dengan salah satu usaha yang benar-benar akan dijalankan dan kemudian beranak-pinak.

Sebagai saran, pilihlah salah satu bisnis yang kamu banget dan berpotensi untuk maju di masa sekarang dan mendatang. Bisnis yang persaingannya tidak terlalu ketat, tetapi memiliki permintaan yang lumayan banyak.

Contohnya nih, jika lagi tren usaha keripik singkong, carilah ide bisnis yang unik dan berbeda dari lainnya, sebagai contoh Marning Singkong.

Langkah Kedua: MANFAATKAN INTERNET

Salah satu kiat sukses usaha dagang di era digital saat ini adalah dengan memanfaatkan internet semaksimal mungkin. Kamu yang masih muda-muda harus melek dengan teknologi. Tak ada tuh istilah gaptek bagi kamu yang masih muda. Belajar dan belajar terus bagaimana memaksimalkan internet untuk ide bisnismu.

Internet merupakan salah satu Daya Ungkit Bisnis yang dapat menembus waktu dan ruang. Kamu bisa cek beberapa orang terkaya di dunia saat masih muda yang meraih kesuksesan karena memanfaat internet dengan sebaik-baiknya.

  • Warren Buffet, investor terkaya, butuh waktu 23 tahun untuk meraih US$ 1 juta pertamanya.
  • Bill Gates, pendiri Microsoft membutuhkan waktu 8 tahun untuk mencapai US$ 1 juta pertamanya.
  • Jeff Bezos, CEO Amazon, membutuhkan waktu 3 tahun untuk mendapatkannya.
  • Saat ini, ada banyak anak muda yang dapat meraih US$ 1 juta pertamanya dalam kurun waktu kurang dari 1 tahun. Salah satu akseleratornya adalah penggunaan internet dan media sosial.

Langkah Ketiga: HINDARI PRODUKSI

Kiat sukses usaha dagang bagi kamu yang masih muda selanjutnya adalah menghindari hal-hal yang berbau produksi. Kenapa? Kebanyakan anak muda masih belum benar-benar matang secara kepemimpinan. Bisa jadi sangat lambat jika harus masuk ke ranah produksi.

Solusinya adalah bentuk kerjasama produksi kepada yang memang ahli. Di Indonesia ada banyak produsen, tetapi masih minim cara memasarkannya. Intinya, generasi yang tua memproduksi, anak-anak muda bagian memasarkan.

Langkah Keempat: MEMILIH PRODUK YANG DAPAT DI-ONLINE-KAN

Ada banyak produk yang bisa kamu jual untuk usaha dagangmu. Sebisa mungkin, kamu memilih produk-produk yang mudah dalam pendistribusian secara online atau dikirim via paket. Apabila produk bisnis yang kamu lakukan susah untuk menjangkau konsumen di wilayah lain, maka ada kendala distribusi. Mau gak mau, kamu harus membuka outlet cabang di wilayah lain.

Misalkan, kamu memilih produk puding, jika dikirimkan kurang cocok. Pastinya, kamu harus membuka outlet fisik di wilayah lain. Sedikit lebih rumit jika harus membangun jalur distribusi secara konvensional dibandingkan dengan via online.

Pilihlah produk-produk yang dapat dikemas dan memiliki daya tahan setidaknya di atas 2 bulan.

Langkah Kelima: MEMILIH TARGET PASAR MELEK INTERNET

Masih terkait dengan poin sebelumnya, selain jalur distribusi, target pasar yang perlu didapatkan juga harus online bukan offline. Bidik calon konsumen yang berusia belasan sampai usia 30 tahunan dan aktif di medsos.

Target pelajar sampai mahasiswa mudah untuk membuat produk milikmu menjadi viral, tetapi biasanya minus loyal terhadap merek tertentu.

Di sisi lain, orang dengan usia produktif yang sudah bekerja (24-35 tahun), memang tidak terlalu mudah memviralkan produkmu, tetapi lebih mampu secara finansial dan loyal. KOMBINASIKAN antara kedua target pasar ini.

==========

Perlu kamu ingat, kiat sukses usaha dagang di era digital ini hanya saran dan bukan pantangan. Apabila kamu menerapkannya maka berpotensi untuk lebih cepat sukses dibandingkan jalur konvensional.

Tetapi, semuanya kembali pada dirimu sendiri. Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ketekunan dan sepenuh hati, maka kesuksesan hanya masalah waktu saja.

Lalu, bagaimana kiat sukses usaha dagang bagi orang yang tak lagi muda? Mudah saja. BEKERJASAMALAH dengan anak-anak muda.

Saat ini merupakan jaman keemasan bagi generasimu, kamu akan jauh lebih cepat sukses dibandingkan dengan generasi pendahulu. Ganbate!

Ssstt, tips yang juga perlu dibaca:

Ingin Jadi Wirausaha Kreatif? BONGKAR Batasan Anda & Lakukan 5 Hal Ini!

Loading...

Berlangganan Newsletter
Berlangganan Newsletter
Daftarkan email kamu disini untuk mendapatkan info terupdate dari Jatik.com langsung ke inbox email kamu!
Kamu bisa membatalkan newsletter ini kapan pun.