Jatik.com
to Inspire. be Social.

5 Cara Memilih Power Bank yang Bagus

0 162

Smartphone saat ini tak terpisahkan dari aktivitas sehari-hari kita. Kira-kira berapa lama kamu menggunakan ponsel tersebut dalam sehari? 4 jam, 6 jam, atau bahkan lebih. Terlebih di era internet cepat saat ini, smartphone akan selalu ada dekat dengan kita. Nah, salah satu pasangan tak terpisahkan dari ponsel adalah power bank. Bagaimana ya cara memilih power bank yang bagus? Ini tipsnya untukmu!

Penggunaan ponsel saat ini tak hanya sebatas untuk menelepon dan sms saja. Dengan dibekali fitur yang canggih, smartphone juga dapat digunakan untuk membalas email, chat, berselancar, streaming Youtube, main game, dan masih banyak lagi aktivitas lain. Begitu banyaknya fitur yang dijejalkan pada sebuah smartphone, tak heran membuat baterainya cepat habis karena pemakaian yang terus-menerus.

Nah, disinilah manfaat kehadiran power bank yang merupakan solusi terpraktis saat kamu mulai kehabisan daya baterai ponsel. Sifatnya yang portable menjadikan powerbank mudah untuk dibawa kemanapun kamu pergi. Tak perlu repot-repot mencari colokan listrik untuk mengisi daya bateri ponselmu.

Banyaknya merek powerbank yang beredar di pasaran, membuatmu harus cermat memilihnya. Apabila salah memilih, bisa-bisa powerbank dapat merusak ponsel milikmu. Oleh karena itu, pahami cara memilih power bank yang bagus, berkualitas, dan tepat sesuai kebutuhan.

Berikut beberapa cara memilih power bank yang bagus, berkualitas dan tepat.

#1 Kapasitas Disesuaikan dengan Baterai Smartphone

Hal pertama yang perlu dipertimbangkan saat berencana membeli power bank adalah menyesuaikan dengan kapasitas baterai ponselmu. Akan jauh lebih baik, jika memilih kapasitas daya baterai power bank 2 kali lipat daya baterai ponsel.

Sebagai contoh, jika kamu memiliki smartphone dengan kapasitas baterai 3.000 mAh, maka carilah power bank yang mempunyai kapasitas sekitar 6.000 mAh atau lebih.

Kenapa? Alasannya karena jika kamu mengisi daya ponsel dengan penuh, kamu masih memilih cadangan daya pada powerbank yang bisa digunakan untuk lain waktu.

Bahkan, jika temanmu juga sedang membutuhkan pengisian daya baterai ponselnya, kamu bisa berbaik hati dengan meminjamkan powerbank milikmu tersebut.

#2 Cek Nilai Arusnya

Cara memilih power bank yang bagus berikutnya adalah dengan memperhatikan nilai arusnya. Arus daya penting dalam penggunaan ponsel. Jika arus daya yang dialirkan semakin besar, maka semakin cepat pengisian daya baterainya. Bahkan, banyak sekali smartphone saat ini yang memiliki fitur fast charging.

Maka, jika berencana membeli powerbank, ceklah dahulu nilai arus power bank yang akan dibeli, lalu cek juga arus daya ponselmu. Jika ponselmu memiliki arus daya 2 ampere, pastikan untuk memilih power bank yang memiliki arus daya sama.

Dengan memiliki kesamaan arus daya tersebut, pengisian baterai menggunakan power bank akan berjalan baik dan normal. Hal ini juga akan membuat baterai ponsel menjadi lebih awet.

#3 Membeli PowerBank yang Memiliki Fitur Proteksi

Hal lain yang tak boleh diabaikan dalam memilih power bank adalah fitur proteksi. Seringkali, banyak orang mengabaikannya karena minimnya informasi tentang hal tersebut.

Sederhananya, pastikan untuk memilih power bank yang memiliki fitur Short Circuit Protection, atau fitur proteksi untuk pencegahan terjadinya arus pendek (korsleting). Power bank atau pun ponsel akan terhindar dari potensi kerusakan.

Selain fitur tersebut, perhatikan juga fitur Over Charging Protection, yakni apabila baterai ponsel sudah terisi penuh, arus listrik yang dialirkan oleh powerbank otomatis akan terputus.

Untuk melengkapi keamanan berikutnya, perhatikan adanya fitur Temperature Protection. Fitur ini hadir bertujuan untuk deteksi awal adanya panas yang berlebihan saat mengisi daya.

Oleh karena itu, jangan abaikan fitur-fitur proteksi penting yang ada pada powerbank yang akan kamu beli tersebut, ya!

#4 Membeli PowerBank yang Original dan Merek Asli

Cara memilih power bank yang berkualitas dan bagus berikutnya, selalu utamakan originalitas produk dan merek powerbank asli. Di pasaran, banyak merek ternama power bank seperti Samsung, Vivan, Xiaomi, Asus, dll. Pastikan memilih yang sudah memiliki merek terkemuka karena lebih terjamin kualitas produknya.

Akan tetapi, kamu juga perlu hati-hati. Banyak juga lho beredar powerbank dengan merek ternama, tetapi sebenarnya palsu. Perlu kamu cermati jika mendapatkan penawaran harga produk power bank dengan merek ternama, tetapi harga sangat murah.

Jangan mudah tergoda dengan harga yang jauh lebih murah. Produk yang original memang lebih mahal dari segi harga, tetapi terjamin garansi dan kualitas produknya.

Memang di awal akan menguras isi kantongmu lebih banyak. Akan tetapi, produk original akan berumur lebih panjang dibandingkan produk-produk palsu dengan harga lebih murah.

#5 Memiliki Garansi Produk

Agar lebih tenang dan nyaman dalam menggunakan produk berkualitas, selalu pastikan untuk membeli produk yang bergaransi. Pada umumnya, produsen power bank menawarkan garansi produk mulai dari 6 bulan hingga 1 tahun.

Garansi produk sangat penting agar saat menggunakannya nanti jika terjadi kerusakan, maka tak perlu mengeluarkan dana lebih karena dilindungi oleh garansi.

Itulah beberapa cara memilih power bank yang bagus, berkualitas, dan tepat sesuai kebutuhan. So, be smart buyer ya guys!

Loading...
Berlangganan Newsletter
Berlangganan Newsletter
Daftarkan email kamu disini untuk mendapatkan info terupdate dari Jatik.com langsung ke inbox email kamu!
Kamu bisa membatalkan newsletter ini kapan pun.