Jatik.com
to Inspire. be Social.

Tips Membeli Earphone yang Sesuai Untukmu

0 195

Salah satu perangkat wajib untuk melengkapi smartphone milikmu adalah earphone, khususnya buat kamu yang suka mendengarkan musik. Bagaimana sih memilih earphone yang sesuai untuk diri kita? Berikut ini beberapa tips membeli earphone yang perlu kamu ketahui.

Seperti perangkat lainnya headphone, hands free, headset, earphone sebenarnya memiliki fungsi yang sama. Earphone spesifik digunakan untuk mendengarkan musik, suara dari games, atau film.

Untuk mendapatkan earphone kini sangatlah mudah. Kamu tinggal membelinya secara online maupun offline di toko-toko gadget. Banyaknya earphone yang ditawarkan, tentu saja memiliki merek, kualitas dan harga yang berbeda-beda. Kamu harus mengetahui dengan baik bagaimana tips membeli earphone yang sesuai denganmu.

Apabila sekarang ini kamu sedang mencari earphone untuk hobi mendengarkan musik dari smartphone, berikut ini tips membeli earphone yang perlu kamu tahu.

Tips Membeli Earphone yang Sesuai

Mengetahui Jenis-Jenis Earphone

Ini tips pertama sebelum membeli earphone yang perlu kamu ketahui. Secara umum, ada dua jenis earphone yaitu tipe IEM (In-Ear Monitor) dan Earbud.

Untuk jenis earphone yang pertama, IEM, menggunakan bahan karet yang akan membuatmu lebih nyaman saat menggunakannya. Fungsi dari karet pada earphone jenis ini adalah untuk menutup suara dari luar agar tidak masuk. Sehingga kamu hanya bisa mendengarkan suara musik di earphone tanpa perlu khawatir terganggu suara dari luar.

Untuk jenis yang kedua, Earbud, berbeda dengan tipe yang pertama. Earphone jenis ini menggunakan bahan plastik keras yang berbentuk bulat. Earbud tidak dapat mencegah suara luar untuk masuk sehingga suara musik yang didengarkan akan sedikit terganggu suara dari luar.

Membeli Bentuk Earphone yang Sesuai Seleramu

Seperti yang kita ketahui, ada banyak bentuk earphone yang beredar di pasaran. Belilah earphone yang memang sesuai dengan selera dan kebutuhanmu.

Apakah kamu akan membeli earphone dengan tipe IEM atau Earbud, memilih earphone dengan desain, warna, dan panjang kabel yang disesuaikan dengan selera dan kebutuhan.

Pilihlah earphone yang memang membuat dirimu merasa nyaman saat menggunakannya di lubang telinga. Kamu juga bisa menyesuaikan desain dan warnanya senada dengan smartphone yang kamu miliki.

Memerhatikan Sensitivitas Earphone dan Jenis Audio

Setiap earphone memiliki tingkat sensitivitas yang berbeda-beda. Tingkat sensitivitas ini akan berpengaruh pada suara yang dihasilkan. Biasanya, tingkat sensitivitas earphone tersebut ditandai oleh tulisan SPL (Sound Pressure Level) yang memiliki satuan desibel atau miliwatt.

Kamu bisa memilih earphone dengan SPL tinggi sehingga tak perlu meninggikan volume suara dan juga akan lebih menghemat penggunaan daya baterai smartphone. Akan tetapi, tipsnya disarankan untuk membeli earphone dengan sensitivitas kurang dari 85 dB agar tidak berdampak negatif terhadap pendengaranmu.

Pilih Earphone dengan Rentang Frekuensi yang Besar

Poin penting lainnya dalam memilih earphone yang perlu dipertimbangkan adalah kemampuannya dalam merespon frekuensi dari gelombang suara. Hal ini akan memberikan pengaruh yang besar terhadap kualitas earphone yang digunakan.

Produk earphone dengan kualitas baik memiliki rentang frekuensi yang besar, semakin besar akan semakin baik. Tipe earphone yang mampu merespon frekuensi dengan baik, akan mampu menghasilkan suara frekuensi rendah. Hal ini tidak dapat dihasilkan oleh earphone yang memiliki kualitas tangkapan frekuensi yang kurang baik.

Pilih yang Sesuai dengan Jenis Musik Sobat

Poin penting tips membeli earphone yang perlu dipertimbangkan berikutnya adalah menyesuaikan dengan referensi musik yang kamu dengarkan.

Kamu dapat memilih earphone jenis bright jika menyukai musik-musik rock dan klasik. Earphone tipe ini biasanya mengeluarkan suara treble yang lebih jernih.

Jika kamu menyukai musik bergenre hip-hop dan metal, pilihlah earphone jenis warm. Dengan jenis ini, suara yang dihasilkan akan menonjolkan suara bass yang lebih baik.

Sesuaikan dengan Budget-mu

Tak kalah penting dalam memilih earphone adalah menyesuaikan dengan budget yang kamu miliki. Mendapatkan produk dengan kualitas terbaik tentunya yang paling utama, tetapi terkadang kita dihadapkan pada kondisi budget yang pas-pasan.

Oleh karena itu, pilihlah earphone yang memang memiliki kualitas baik dan sesuai dengan anggaran yang kamu miliki.

Konsultasikan dengan Penjual

Sebelum memutuskan membeli produk earphone jenis tertentu, alangkah baiknya untuk mengkonsultasikan kebutuhanmu tersebut dengan penjual yang memahami produk earphone dengan baik. Penjual yang baik akan memberikan referensi produk yang sesuai dengan kebutuhan pelanggannya.

Dengan berkonsultasi, kamu bisa mendapatkan wawasan yang lebih banyak tentang jenis-jenis earphone sehingga tidak menyesal di kemudian hari.

Itulah beberapa tips membeli earphone yang sesuai dengan kebutuhanmu. Apabila kamu hendak mencari earphone baru, pertimbangkan untuk menyeleksinya sesuai dengan tips di atas. Kenyamanan dan kepuasan mendengarkan musik dengan earphone yang sesuai kebutuhanmu merupakan hal yang paling penting.

Loading...
Sumber www.plimbi.com
Berlangganan Newsletter
Berlangganan Newsletter
Daftarkan email kamu disini untuk mendapatkan info terupdate dari Jatik.com langsung ke inbox email kamu!
Kamu bisa membatalkan newsletter ini kapan pun.