Jatik.com
Inspirasi dari Sudut Berbeda

Wajah Perempuan Lebih Cepat Menua dari Pria, Ini Mitos atau Fakta ya?

0 67

Sebagian besar orang mengatakan bahwa wajah perempuan itu lebih cepat menua daripada wajah pria. Apakah pernyataan ini memang benar adanya, atau hanya sekedar mitos belaka?

Banyak perempuan selalu ingin tampil cantik dan sempurna, termasuk area wajahnya. Akan tetapi, banyak yang bersedih karena perempuan katanya lebih cepat untuk mengalami penuaan. Banyak produk kecantikan yang menyasar segmen perempuan, mengeluarkan produk kecantikan anti-aging sebagai solusi atas permasalahan tersebut.

Akan tetapi, apakah pernyataan yang menyebutkan bahwa wajah perempuan itu lebih cepat menua daripada pria benar adanya? Jawabannya memang benar, itu bukan sekedar mitos.

Hal ini disebabkan oleh struktur tubuh dari perempuan membuat wajahnya lebih cepat terlihat menua dibandingkan kaum lelaki.

Apakah yang menjadi sebab wajah perempuan lebih cepat terlihat tua? Ini beberapa alasannya.

  • Sedikitnya kelenjar keringat perempuan daripada pria

Apa fungsi dari kelenjar keringat tersebut? Mengapa menjadi faktor mempercepat penuaan? Fungsi dari kelenjar keringat ini sebenarnya agar membuat kulit menjadi tetap lembut.

Jumlah kelenjar keringat yang jauh lebih sedikit yang dimiliki perempuan daripada lelaki, membuat kulit kaum hawa lebih mudah untuk tertarik kencang dan sebaliknya lebih mudah untuk mengalami keriput.

  • Menopause terjadi pada kaum hawa

Faktor penyebab wajah perempuan terlihat lebih cepat menua karena terjadinya menopause pada mereka. Di masa ini, kaum wanita tak hanya akan kehilangan hormon esterogen karena usia yang menua, tetapi juga kehilangan hormon esterogen karena memasuki menopause.

Di masa menopause, aliran darah jauh berkurang dan menimbulkan lebih banyak garis halus / kerutan pada kulit wajahnya.

  • Struktur tulang perempuan lebih cepat kropos

Tak hanya pada kulit, struktur tulang di bagian rahang bawah dan pipi pada kaum hawa akan jauh lebih cepat berubah daripada kaum adam. Sehingga, wajah perempuan akan lebih mudah terlihat tirus dan keriput dibandingkan lelaki.

  • Mengalami stres tinggi

Kaum perempuan memiliki karakter yang lebih banyak memendam masalah daripada harus menyelesaikannya. Ini menjadi salah satu penyebab tingkat stres yang lebih tinggi dibandingkan pria. Tingkat stres tinggi ini mempengaruhi proses penuaan kulit perempuan yang lebih cepat.

  • Tubuh yang kurang gerak

Dibandingkan pria, kaum wanita cenderung untuk kurang gerak dan berolahraga, terutama pada pasca menikah atau melahirkan. Kurangnya gerak tubuh tersebut akan mengakibatkan organ-organ tubuh tidak bekerja secara maksimal sehingga membuat tubuh tidak fit dan wajah terlihat menua.

  • Proses hamil dan melahirkan

Berbeda dengan pria, perempuan harus melalui proses hamil dan melahirkan. Dalam kondisi hamil, asupan gizi & nutrisi banyak dibutuhkan oleh bayi yang dikandungnya sehingga wanita hamil cenderung kekurangan nutrisi untuk tubuhnya sendiri. Terlebih setelah melahirkan, kulit wanita akan terlihat lebih kendor daripada sebelum melahirkan.

Itulah beberapa faktor penyebab dari wajah perempuan yang terlihat jauh lebih cepat menua daripada pria. Kaum hawa harus pandai untuk merawat diri dan tubuhnya. Memilih produk perawatan kulit / tubuh, olahraga teratur, asupan gizi yang cukup, itu salah satu dapat dilakukan untuk mengurangi dampak penuaan dini.

Referensi: www.quora.com

Loading...
Berlangganan Newsletter
Berlangganan Newsletter
Daftarkan email kamu disini untuk mendapatkan info terupdate dari Jatik.com langsung ke inbox email kamu!
Kamu bisa membatalkan newsletter ini kapan pun.

Tinggalkan Balasan

Data email Anda terjaga kerahasiaannya.

duapuluh − empat belas =