Jatik.com
to Inspire. be Social.

Cara Menghasilkan Uang dari Youtube Selain Melalui Program Mitranya (Adsense)

0 129

Salah satu cara menghasilkan uang di era digital saat ini yaitu dari Youtube. Banyak Youtuber yang telah sukses membangun channel Youtube mereka dan pundi-pundi uang pun mengalir deras. Bagaimana sih cara menghasilkan uang dari Youtube selain melalui program kemitraannya (Adsense)? Ternyata ada triknya lho!

Ya, kamu bisa mendapatkan penghasilan tambahan atau bahkan yang utama dengan fokus menjadi seorang Youtuber. Kamu bisa mendapatkan penghasilan dari iklan yang tayang di channel Youtube milikmu melalui program kemitraannya.

Aturan terbaru agar bisa me-monetize saluran Youtube milikmu yaitu setidaknya memiliki total 4.000 jam penayangan video selama 12 bulan terakhir dan setidaknya memiliki 1.000 subscriber. Ini syarat yang harus dipenuhi agar kamu bisa mengikuti Program Mitra Youtube.

Kamu bisa berusaha keras untuk memenuhi persyaratan tersebut. Namun, perlu diketahui bahwa pendapatan melalui iklan Adsense di Program Mitra Youtube bukanlah satu-satunya cara menghasilkan uang dari Youtube. Mirip dengan blogging, Youtube juga menawarkan beragam cara alternatif untuk menghasilkan uang dari Youtube melalui channel milikmu.

Kamu ingin tahu bagaimana cara mendapatkan uang dari Youtube selain melalui program kemitraannya?

Simak 5 cara menghasilkan uang dari Youtube ini!

Kamu bisa memilih salah satunya atau justru menggabungkan sekaligus untuk memaksimalkan potensi penghasilan yang bisa didapatkan.

#1 Mendorong Traffic ke Blog / Website untuk Mendapatkan Penjualan

Kamu punya bisnis / usaha sampingan? Nah, Youtube bisa kamu manfaatkan untuk mempromosikan bisnis milikmu tersebut melalui video marketing.

Langkah-langkah untuk memasarkan bisnis / usahamu tersebut melalui Youtube, yaitu:

  • Memperkenalkan dirimu dan bisnis yang kamu miliki
  • Behind the scenes bisnismu tersebut
  • Menampilan tur dan demo terkait usahamu
  • Tanya jawab dalam rangka menjawab pertanyaan audience seputar bisnismu
  • Tutorial

Saat kamu membuat konten video Youtube tersebut, kamu bisa memasukkan tautan ke blog atau website usahamu dalam deskripsi video. Lalu, biarkan Youtube mengirimkan traffic ke website tersebut.

Selanjutnya, kamu bisa menyematkan video Youtube tersebut ke website dan membagikannya ke media sosial agar mendapatkan lebih banyak exposure. Penonton saluran Youtube milikmu juga bisa membagikannya ke medsos.

Sebagai contoh, kamu memiliki usaha kursus, kamu bisa memposting video salah satu pelajaran. Lalu, sertakan tautan ke usaha kursus yang orang bisa mendaftar untuk mendapatkan semua materi pelajaran.

Contoh lain menggunakan Youtube untuk menghasilkan pendapatan alternatif yaitu membangun awareness website milikmu. Semakin banyak traffic yang datang ke website / blogmu, maka semakin banyak potensi uang yang bisa diperoleh. Ini bisa dilakukan dengan semua metode monetisasi, seperti Google Adsense, affiliate marketing, atau pun penjualan produkmu.

#2 Menjual Layanan / Produk Sendiri

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Youtube memiliki banyak traffic dan sangat efektif sehingga sebagian besar pemilik bisnis rumahan memanfaatkannya secara eksklusif untuk promosi.

Alih-alih sebuah website / blog, pemilik bisnis menggunakan Youtube untuk berbagi wawasan, keahlian, dan kiat untuk membangun kepercayaan dan relasi dengan pasarnya.

Mirip dengan cara yang sebelumnya dengan mengarahkan lalu lintas ke website / blog melalui video, kamu bisa menjual produk / layanan bisnismu dengan cara berbagi informasi, kiat / keahlian, tanya-jawab, membuat tutorial, dll.

#3 Program Affiliate Marketing (Pemasaran Afiliasi)

Buat kamu yang tidak memiliki bisnis sendiri, tak masalah. Ada cara lain untuk mendapatkan uang dari Youtube selain dari Adsense. Alternatifnya adalah kamu bisa mempromosikan produk atau layanan bisnis lain via Youtube dengan pemasaran afiliasi.

Agar efektif dan tepat sasaran, kamu bisa mulai membangun saluran Youtube untuk niche tertentu dan memberikan solusi atas masalah yang ada di target pasar niche tersebut.

Sebagai contoh, kamu bisa mulai membangun channel-mu sendiri dengan konten video memasak yang sehat dan menemukan peralatan masak berkualitas. Banyak pemasok peralatan masakan yang menyediakan program afiliasi seperti Dusdusan.

Kamu bisa menyertakan tautan ke produk yang digunakan dalam video tersebut dan mencantumkannya dalam deskripsi video. Jangan lupa untuk menambahkan informasi terkait tautan afiliasi tersebut.

Bersama dengan alat dan sumber daya yang digunakan, kamu bisa juga menggunakan Youtube untuk mempromosikan produk-produk afiliasi dengan memberikan review atau demonstrasi atas produk tersebut.

#4 Melalui Iklan / Sponsor

Kamu bisa mendapatkan iklan / sponsor di saluranmu, tetapi diperlukan traffic yang baik untuk mendapatkan sponsor di video Youtube. Kamu mungkin saja mendapatkan jenis penghasilan ini sebelum memenuhi syarat untuk program kemitraan Youtube, jika traffic ke channel-mu berkembang dan stabil.

Lebih jauh lagi, menjual ruang iklan atau mendapatkan sponsor berpotensi menghasilkan lebih besar dari program Mitra Youtube sehingga layak untuk diperjuangkan.

Agar bisa mendapatkan sponsor atau iklan, kamu perlu mengajukan proposal kepada pemilik merek. Di proposal tersebut, beberapa hal ini yang perlu dilakukan.

  • Memperkenalkan diri dan saluran Youtube-mu. Pastikan kamu bisa mempresentasikan bagaimana saluran milikmu terkait dengan bisnis sponsor.
  • Membagikan saluran Youtube-mu dan memberikan informasi secara mendetail tentang tingkat engagement saluran seperti jumlah views, suka, komentar, dll.
  • Apabila kamu memiliki pengikut di media sosial yang lumayan, masukkan angka-angka tersebut untuk lebih menunjukkan tingkat pengaruh dan otoritas kepada sponsor.
  • Fokuslah tentang bagaimana kamu akan membantu perusahaan sponsor, alih-alih membicarakan dirimu. Apabila kamu telah menggunakan produk / layanan sponsor, infokan hal tersebut.
  • Kembangkan idemu. Misalkan, kamu bisa membuat video ulasan dengan imbalan sampel produk gratis. Atau, kamu bisa mempromosikan produk sponsor dengan imbalan uang.
  • Memiliki media dan sponsorship kit untuk dibagikan kepada pengiklan dan sponsor yang potensial.

Selain itu, kamu juga bisa bergabung dengan platform sponsor seperti Famebit, untuk menemukan dan bergabung mempromosikan merek.

#5 Melalui Crowdfunding

Cara lain untuk menghasilkan uang dari Youtube secara reguler atau berpenghasilan berbasiskan proyek melalui crowdfunding. Banyak hal yang didapatkan dari donatur crowdfunding tergantung topik channel.

Sebagai contoh, kamu bisa menggunakan uang crowdfunding untuk meningkatkan nilai produksi atau membuat topik khusus. Pada umumnya, pemilik channel Youtube menawarkan hadiah yang berbeda tergantung pada tingkat kontribusinya.

Cara Sukses Menghasilkan Uang dari YouTube

Seperti halnya menghasilkan uang dalam bisnis atau usaha, kesuksesanmu di Youtube sangat bergantung seberapa baik kamu menarik target pasar. Walaupun tidak dibutuhkan sistem produksi video yang mahal, kamu harus menyediakan konten berkualitas secara rutin dan menggunakan alat serta sumber daya, seperti media sosial dan kata kunci untuk promosi video.

Bahkan, kamu harus memasukkan orang-orang yang ingin menonton dan menumbuhkan channel-mu sebagai bagian dari rencana jika ingin menghasilkan uang.

Lebih lanjut, Youtube merupakan salah satu platform media sosial sehingga keterlibatan audiens sangatlah penting. Kamu harus responsif dengan cara berinteraksi dengan audiens-mu.

Semakin banyak views saluran Youtube-mu dan interaksi dengan audiens, maka akan semakin banyak uang yang bisa dihasilkan. Bahkan, banyak orang yang mencari nafkah utamanya melalui Youtube.

Buat kamu yang bertujuan menjadi vlogger terkenal atau sekadar mencari penghasilan tambahan, Youtube bisa menjadi salah satu cara terbaik.

Loading...
Sumber www.thebalancesmb.com
Berlangganan Newsletter
Berlangganan Newsletter
Daftarkan email kamu disini untuk mendapatkan info terupdate dari Jatik.com langsung ke inbox email kamu!
Kamu bisa membatalkan newsletter ini kapan pun.