Jatik.com
to Inspire. be Social.

6 Tips Hidup Hemat Ala Emak-Emak yang Patut Ditiru

Susahkah mengatur pengeluaran bulanan Anda? Tentu tidak, bila Anda menerapkan tips-tips di bawah ini.

0 1.734

Susahkah mengatur pengeluaran bulanan Anda? Tentu tidak, bila Anda menerapkan tips hidup hemat di bawah ini.

1. Daur-ulanglah barang dan makanan

Jangan gengsi mendaur-ulang barang dan makanan. Daur ulang makanan yang dimaksud di sini adalah menggunakan kembali masakan atau makanan sisa yang tentunya belum disentuh untuk diolah kembali menjadi masakan lain. Misalnya, kemarin dulu Anda memasak nugget ayam, tapi lalu tidak habis dimakan.

Jangan lantas terburu-buru membuang sisanya karena dapat diolah lagi menjadi, misalnya, oseng-oseng nugget ayam. Anda pun dapat berkreasi sebebas mungkin menggunakan berbagai bahan dan bumbu yang tersedia.

Daur ulang barang dapat dilakukan dengan cara menggunakan kembali barang bekas untuk fungsi lainnya, misalnya baju dialihfungsikan sebagai tas selempang atau diubah menjadi baju boneka.

Langkah-langkah membuat prakarya ini mudah Anda temukan di berbagai sumber di Internet, termasuk cara menghilangkan bekas lem kalau-kalau baju Anda terkena lem saat mengerjakannya.

2. Gunakan sistem amplop

Setiap bulan, siapkan dua amplop untuk dua kategori ini: Pengeluaran Mutlak dan Pengeluaran Tidak Mutlak. Jatahkanlah jumlah uang tertentu untuk masing-masing amplop.

tips hidup hemat ala emak emak
5 Tips Hidup Hemat ala Emak-Emak

Pada amplop Pengeluaran Mutlak, tulislah daftar hal-hal yang wajib dibayar setiap bulan, termasuk listrik, air, telepon, uang sekolah anak, bensin, belanja bulanan, dan sebagainya.

Lantas, tuliskanlah juga jumlah masing-masing pengeluaran tersebut (bisa dikira-kira berdasarkan pengeluaran bulan sebelumnya, bila Anda tidak mengetahui jumlah pastinya). Uang dalam amplop ini tidak boleh diganggu-gugat karena, suka atau tidak, setiap bulan Anda akan ditagih jumlah tertentu untuk pengeluaran-pengeluaran ini.

3. Buatlah daftar belanja

Saat berbelanja, Anda pasti pernah merasa tergoda membeli sesuatu karena melihat iklan. Padahal Anda mungkin tidak membutuhkan barang tersebut atau tidak harus membeli merek tersebut.

Cara mengatasinya adalah membuat daftar belanja dan patuhilah daftar tersebut. Dalam daftar belanja, tulislah hanya barang-barang kebutuhan tanpa menyebutkan merek. Dengan demikian, Anda akan didorong untuk membeli fungsi, bukannya merek barang. Cara ini akan menjadikan Anda pribadi yang lebih kritis dan disiplin dalam berbelanja.

4. Buatlah daftar menu mingguan

Dengan membuat daftar menu mingguan, Anda secara tidak langsung melatih diri untuk menghemat gas elpiji dan memasak praktis. Anda dapat memasak secara langsung untuk satu minggu, dan karena porsinya banyak, maka makanan sisanya mau tidak mau harus dibekukan atau setidaknya disimpan di kulkas.

Kebiasaan ini akan mendorong Anda untuk tidak terus-menerus menghabiskan waktu di dapur, melainkan hanya memasak satu atau dua kali untuk menu beberapa hari. Bila memungkinkan, pilihlah jenis-jenis menu yang sejenis dalam penggunaan bahannya atau cara memasaknya.

Selain Anda dapat menghemat bahan, Anda pun dapat menghemat bahan bakar kompor. Untuk lebih memotivasi diri Anda, sebagai ide, Anda bisa bermain-main dengan desain daftar menu mingguan, misalnya dengan mendekorasi daftar ini lantas memajangnya di kulkas.

Jangan takut menggunakan lem prakarya, karena bila baju Anda terkena lem, ada banyak cara menghilangkan bekas lem yang dapat Anda baca di Internet.

5. Bandingkan harga sebelum membeli

Biasakanlah meneliti harga dulu di berbagai tempat, sebelum Anda memutuskan membeli sebuah barang, sekalipun itu barang kebutuhan (kecuali kalau kebutuhannya mendadak, ya apa boleh buat).

Ada berbagai toko yang menjual barang atau bahkan merek yang sama, sehingga sangat disayangkan bila Anda terburu-buru membeli tanpa mengecek dulu harga di tempat-tempat lain.

Kebiasaan ini bisa membuat Anda menghemat lumayan banyak, apalagi karena banyak toko biasanya lebih rela menurunkan harga jika Anda bilang bahwa Anda sudah mengecek harga di tempat lain sehingga menunjukkan keseriusan Anda membeli barang tesebut.

6. Belilah bahan makanan yang sedang musim

Dengan membeli sayur-sayuran atau buah-buahan yang sedang musim, dijamin Anda akan bisa memangkas pengeluaran karena bahan makanan yang sedang musim harganya pasti jauh lebih murah daripada yang tidak umum dijumpai.

Itulah beberapa tips hidup hemat ala emak-emak yang bisa diterapkan oleh siapa pun. Sekalipun Anda masih bujang, cobalah kiat-kiat di atas sehingga Anda bisa menabung lebih banyak.
Loading...
Berlangganan Newsletter
Berlangganan Newsletter
Daftarkan email kamu disini untuk mendapatkan info terupdate dari Jatik.com langsung ke inbox email kamu!
Kamu bisa membatalkan newsletter ini kapan pun.