Apakah Kamu Kecanduan Smartphone? Hati-hati lho Dampak Buruknya!

0 233

Bisa gak kamu tinggalkan smartphone kamu selama 1-2 hari aja? Kalo kamu merasa sampe ada yang kurang dalam hidupmu, berarti kamu sudah dalam fase kecanduan. Ini bisa berakibat beberapa dampak buruk dalam hidupmu, baik kesehatan, psikologis, atau hubungan antar manusia. Tak diragukan lagi, berbagai smartphone Android, IOS, Blackberry, Windows Phone memang sedang banyak digandrungi oleh berbagai kalangan. Bisa jadi, smartphone tidak hanya digunakan untuk berkomunikasi, tapi juga sudah merambah berbagai sendi kehidupan, seperti hiburan, bisnis, dan berbagai aplikasi-aplikasi lainnya. Sudah selayaknya, kamu mempertimbangkan untuk menggunakan smartphone dengan bijak dan tidak berlebihan. Mau tau dampak buruk jika kamu menggunakan smartphone kamu secara berlebihan? Simak aja berikut ini..

#1 Smartphone adalah candu seperti narkoba bagimu

Nomophobia-efek

Sumber Gambar: theithacan.org

Jika kamu menggunakan smartphone-mu secara berlebihan, 24 jam nonstop, untuk update media sosial, komunikasi, dll, bisa jadi kamu sudah kecanduan layaknya narkoba dalam hidupmu. Kamu tidak bisa meninggalkan smartphone mu sejenak, hidupmu seperti hampa tanpa kehadirannya. Penelitian yang dilakukan tim dari Rutgers University menyebutkan, untuk menyembuhkan pecandu smartphone, terapi yang digunakan sama seperti terapi untuk pecandu narkoba.

#2 Waktu tidurmu akan semakin berkurang, berakibat fatal bagi kesehatan

dampak_negatif_smartphone

Sumber Gambar: elshinta.com

Suara “tring” smartphone-mu akan terus membuatmu penasaran, untuk membalas email, update status, komen status, chatting, bbm, dll. Keasyikan dengan dunia smartphone-mu tak terasa akan mengambil sebagian besar waktu tidurmu di malam hari. Waktu tidur di malam hari ini adalah saat kamu beristirahat untuk memulihkan energi. Banyak sekali penelitian yang menyebutkan bahwa waktu tidur yang kurang akan mengakibatkan tubuh lebih rentan terserang penyakit, konsentrasi mulai turun, tubuh selalu lemas, dll.

#3 Matamu akan menjadi lelah dan menimbulkan sakit kepala

mata_lelah_dampak_buruk_smartphone

Sumber Gambar: www.gadgetgaul.com

Menatap smartphone kamu secara terus menerus akan membuat matamu menjadi kering, kelelahan, penglihatan kabur, dan pusing. Penglihatan yang kabur dan mata lelah akan memicu sakit kepala. Menurut salah satu peneliti Mark Rosenfield, OD, PhD, “Jika mata kamu terasa tidak nyaman, ubah ukuran font di smartphone lebih besar. Jaga jarak pandang ke smartphone kurang lebih 30 cm dan sesekali berpalinglah dari layar smartphone dan pandang sesuatu yang jauh untuk peregangan. Jangan lupa untuk berkedip,”

#4 Otot tangan akan menjadi nyeri dan kram

otot_tangan_nyeri

Sumber Gambar: health.detik.com

Keasyikan menggunakan smartphone untuk berbagai aktivitas akan mengakibatkan jari dan lengan tangan menjadi nyeri dan kram. Efek lain dari penggunaan smartphone yang berlebihan, akan membuat jari kesemutan atau mati rasa. Solusi untuk masalah ini, lakukan peregangan setiap kali menggunakan smartphone dalam jangka waktu yang lama. Kepalkan jari tangan dan tekuk lengan tangan ke depan dan ke belakang beberapa kali. Solusi lainnya, istirahatlah dalam menggunakan smartphone kamu.

#5 Punggung kamu akan menjadi bungkuk dan nyeri punggung

punggung_nyeri

Sumber Gambar: drtonysetiobudi.com

Jika kamu terlalu lama menatap ke bawah layar smartphone mu, maka perlahan-lahan tapi pasti, punggung dan otot lehermu akan mulai bungkuk karena tekanan yang berlebihan. Bisa juga mengakibatkan nyeri di otot leher dan punggungmu. Solusi dari masalah ini, letakkan / pegang smartphone kamu sejajar dengan mata sehingga tidak membungkuk saat menggunakannya. Solusi lain, jangan terlalu lama menggunakan smartphone kamu.

#6 Radiasi smartphone akan berakibat pada otak

radiasi_smartphone_ke_otak

Sumber Gambar: www.brilio.net

Meskipun dampak buruk radiasi smartphone masih menjadi perdebatan, tapi beberapa penelitan menyebutkan bahwa penggunaan smartphone bisa memicu tumor otak dan insomnia.

#7 Kehangatan keluarga atau pasangan akan berkurang

Sumber Gambar: ayysa.com

Ini akibat non medis yang ditimbulkan jika kamu menggunakan smartphone secara berlebihan. Waktumu akan habis dengan menatap layar kaca, daripada mengobrol hangat dengan anggota keluarga, atau pasanganmu. Jika ini terjadi terus menurus, maka tidak mungkin hubungan keluarga / pasangan / teman, akan retak hanya karena smartphone.

#8 Produktivitas kerja menurun drastis

produktivitas_kerja_menurun

Sumber Gambar: smart-money.co

Memang kecanggihan smartphone tidak diragukan lagi bisa membantu kamu dalam bekerja, tapi di sisi lain, jika kamu menggunakannya secara berlebihan, akan mengurangi konsentrasi, waktu tidur, menimbulkan kelelahan, sehingga akan menurunkan produktivitas kerja kamu.

Itu beberapa dampak buruk dari penggunaan smartphone secara berlebihan. Jadi, bijaklah untuk menggunakan smartphone. Gunakan seperlunya, tanpa harus menimbulkan efek-efek negatif yang timbul. Be care Jatikers!

Loading...