10 Alasan Kenapa Kuliah di Belanda Menjadi Favorit!

0 636

Melanjutkan studi di luar negeri, bisa jadi impian banyak orang. Ada yang ingin S1, S2, atau S3 di universitas-universitas terbaik di luar negeri. Bukan berarti di Indonesia tidak memiliki kampus yang bagus lho. Hanya saja, ada tantangan tersendiri jika melanjutkan studi di luar negeri. Mungkin kamu juga salah satunya.

Banyak pilihan negara yang menjadi favorit para pemburu beasiswa di luar negeri. Ada Australia, Inggris, Jerman, Jepang, Korea, Belanda, dll. Setiap negara destinasi pilihan memiliki keunikan tersendiri. Demikian juga dengan kuliah di Belanda. Banyak mahasiswa Indonesia yang melanjutkan kuliah di Belanda dengan beberapa alasan. Let’s go find out WHY you have to choose Netherlands ;)

1. Lingkungan kuliah yang kompetitif

kuliah di Belanda
Suasana kuliah di Belanda

Ini salah satu keunikan sekaligus tantangan tersendiri bagi yang ingin kuliah di Belanda, yakni materi kuliah yang kompetitif. Bagi yang pernah kuliah di Belanda, berkata bahwa materi kuliah disana cukup berat dan banyak dengan beban tugas jauh berbeda seperti di Indonesia. Kuliah di Belanda, kita diajak untuk berkompetisi dengan diri sendiri dahulu, karena nilai untuk lulus (pass) adalah 60 dan bisa jadi ini cukup sulit untuk mata kuliah yang tidak dikuasai. However, all the lesson and practices will lead you to what so called perfection. I guarantee.

2. Kuliah di Belanda pake bahasa Inggris

Kuliah menggunakan bahasa Inggris
Kuliah menggunakan bahasa Inggris

Apakah kuliah di Belanda harus fasih berbahasa Belanda? The answer is NO. Kuliah di Belanda untuk Gelar Master dan PhD 100% sudah menggunakan bahasa Inggris sebagai pengantar kuliah. Selain itu, juga terdapat kelas internasional untuk program Bachelor. But overall, Dutch people are obliged to learn english, so no worry, you won’t get lost when you’re talking to them. Menarik memang, yah dibandingkan dengan negara tetangga (Perancis dan Jerman) yang mewajibkan bahasa mereka sebagai bahasa pengantar di kampus, Belanda lebih ‘mudah’ karena cukup dengan bahasa Inggris kita bisa mengikuti perkuliahan dengan baik.

3. Kualitas kampus oke dengan fasilitas mantab

Fasilitas pendukung perkuliahan sangat lengkap
Fasilitas pendukung perkuliahan sangat lengkap

Ini yang paling mantabs. Semua fasilitas teknologi pendukung perkuliahan seperti komputer dengan internet super cepat, printer, scanner telah tersedia. Setiap kursi dan meja telah didesain khusus untuk belajar. Memiliki fasilitas perpustakaan yang lengkap dengan silent room buat kamu yang mau serius belajar. Dilengkapi dengan akses ke berbagai jurnal internasional gratis. Buat kamu yang jenuh kuliah, ada fasilitas taman yang tenang dan lapangan olahraga. Serta kantin yang komplit dengan banyak pilihan menu makanan akan membuatmu betah di kampus. Apalagi? You name it, kamu butuh apa, kampus akan menyediakan.

4. Banyak rumah makan Indonesia

Salah satu restoran / rumah makan Indonesia di Belanda
Salah satu restoran / rumah makan Indonesia di Belanda

Untuk kamu yang nantinya kangen dengan masakan Indonesia, jangan khawatir. Di Belanda sudah banyak rumah makan/restoran Indonesia sebut saja Si Joe di Amsterdam, or Jimbaran di Den Haag, dan masih banyak lagi yang lainnya, baik di kota besar maupun kecil di Belanda. Walaupun gak murni masakan Indonesia, kamu bisa mencicipi Chinese Food, more likely the same with Indonesian cuisine, yang berlokasi di Ming Kee, Den Haag atau Wing Kee, di Amsterdam. Tapi kalau kamu menyebut ‘Nasi Goreng’, ‘Bami Goreng’, ‘Loempia’, ‘Sambal’, ‘Keroepoek’, mereka tau kok maksud kamu apa. Hehe. Di Belanda juga banyak took Asia yang menjual bumbu instan buat kamu yang butuh praktis tapi enak buat masakan kamu; dari nasi goreng sampai bumbu rendang ada semua.

5. Banyak orang Indonesia untuk numpang makan dan nginep

Banyak saudara sebangsa tanah air Indonesia di Belanda
Banyak saudara sebangsa tanah air Indonesia di Belanda

Nah, ini salah satu keseruan juga kuliah di Belanda. Kamu bisa menemukan saudara sebangsa Indonesia di negeri Tulip ini. Bisa jadi, kamu akan diajak menginap atau ditraktir makan dengan orang Indonesia. Bagus untuk menambah tali silaturahmi. So, don’t worry. Jika kamu terdampar di sebuah kota di Belanda, karena pasti ada orang Indonesia di kota tersebut. Terutama 17 kota yang merupakan tujuan kuliah mahasiswa Indonesia. Karena kamu mahasiswa, numpang sah-sah saja, tapi tahu diri ya. Jangan banyak request macam-macam.

6. Terletak di sentra Eropa daratan, mudah jalan-jalan keliling eropa

Salah satu kota di Belanda
Salah satu kota di Belanda

Tinggal pilih mau terbang/naik bis kemana! Mengurus visa ke UK pun sangat mudah. Get ready for traveling galore ;). Inilah enaknya di Belanda, berada di pusat Eropa, mudah kemana saja dengan pesawat, kereta, atau bis. Yah kita sesuaikan saja dengan budget dompet. Dengan strategisnya letak Belanda, eropa sangat mudah untuk di jangkau. Kalau kamu menempuh PhD disini, rasanya bisa tuh mendatangi semua negara dalam wilayah Schengen. So, minat kan kuliah di Belanda?

7. Punya Easyjet, Transavia, dan Ryanair untuk perjalanan murahmu

RyanAir, salah satu maskapai penyedia tiket murah di Belanda
RyanAir, salah satu maskapai penyedia tiket murah di Belanda

Rajin-rajin cek website RyanAir, EasyJet, Transavia, atau Norwegian Air. Untuk bis, kamu bisa coba Euroline atau Megabus. It’s very cheap and reliable. (Bukan postingan berbayar). Memang tantangannya kalau memesan tiket, sistem online kerap meminta credit card sebagai media pembayaran. Tenang aja, ada juga pre-paid credit card di Belanda yang bisa digunakan tanpa perlu khawatir tagihan membengkak.

8. Banyak tempat merenung dan bersenang ria

Banyak tempat untuk piknik di Belanda
Banyak tempat untuk piknik di Belanda

Untuk bersenang ria, kamu bisa pilih dimana aja karena basically Belanda punya banyak spot untuk piknik, belanja, jalan-jalan, foto-foto. Kalau untuk merenung, kereta NS (Nederlandse Spoorwegen/Dutch Railways) dan taman kota selalu menjadi pilihan. Ah iya, di Belanda, setiap kota selalu punya perpustakaan kota yang menarik dan tenang, ini juga bisa jadi pilihan buat kamu yang lagi stress dengan thesis kamu. Memang, kuliah di Belanda tidak akan pernah membosankan.

9. Banyak tempat belanja fashion murah ROERMOND!

Salah satu pusat belanja favorit di Belanda, Roermond
Salah satu pusat belanja favorit di Belanda, Roermond

Kalau kamu suka barang bermerek tapi nggak punya duit (langsung nunjuk diri sendiri) kamu bisa pergi ke Roermond yang ada di dekat Maastricht.They discount all products from 10-70%, everyday. Mulai dari merk Nike sampai Prada, kamu bisa temuin disini. Sejenis dengan itu, kamu juga bisa ke BataviaStad yang jaraknya nggak sejauh Roermond. Or, simply kamu main-main aja ke centrum setiap kota yang setiap tokonya seringkali punya discount yang nggak masuk akal. Bisa diskon persenan, atau 3 halen 2 betalen (Bayar 2, dapet 3). Tertarik kuliah di Belanda?

10. Kemana-mana gampang, kereta oke dan internet berserakan

Kereta api di Belanda siap mengantar keliling kemanapun
Kereta api di Belanda siap mengantar keliling kemanapun

Salah satu alasan kuliah di Belanda adalah kamu bisa pakai fasilitas Wifi di dalam Kereta NS. Jadi, persiapkan gadget full battery ya! Pun, kamu bisa pilih stilte trein (gerbong silent) jadi nggak usah khawatir tetangga sebelah berisik karena you’re in a silent space. Sistem transportasi, baik kereta NS maupun bis, di Belanda sangat bagus dan on-time. Kamu selalu bisa mengecek jadwal dan jalur keberangkatan di Reisplanner 9292.. You’re gonna (always) need this website.

Sumber Tulisan:

Oleh Laksmi Larastiti* dan Ridwansyah Yusuf Achmad**

  • *Master in Aquaculture and Marine Resource Management, Wageningen University
  • **Master in Development Studies, Institute of Social Studies, Erasmus University Rotterdam

Referensi: www.studieropa.com

Loading...