Beasiswa Aktivis Nusantara 2016, Jangan Lupa Daftar Ya!

1 155

Info beasiswa ini khusus buat para mahasiswa / mahasiswi yang juga aktif di berbagai organisasi / lembaga di bidang kemahasiswaan, sosial kemasyarakatan, ataupun pendidikan. Tentu, menjadi seorang aktivis perlu mendapatkan pembekalan, pelatihan, dan pembinaan agar kelak menjadi SDM yang memiliki karakter, berprestasi, berkontribusi pada masyarakat, bangsa dan negara. Jika kamu merasa memiliki kemampuan, skill, kapasitas yang baik, yuk bergabung bersama Beasiswa Aktivis Nusantara.

Beasiswa Aktivis Nusantara ini terbuka bagi seluruh mahasiswa dari universitas terbaik di seluruh Indonesia. Misi dari diberikannya Beasiswa Aktivis ini sebagai salah satu bentuk investasi terhadap SDM yang berfokus pada bidang pembinaan & pelatihan, pendidikan, serta pendampingan bagi para aktivis mahasiswa. Visi jangka panjang dari adanya Beasiswa Aktivis ini adalah sebagai salah satu strategi untuk membentuk karakter pemimpin yang memiliki tanggung jawab, kontributif terhadap masyarakat, berprestasi, serta memiliki karakter unggul.

Timeline Beasiswa Aktivis Nusantara:

  • Pendaftaran mulai dibuka pada 15 Desember 2015 hingga 26 Februari 2016
  • Pengumuman peserta tahap I dilakukan pada 9 Maret 2016
  • Untuk seleksi tahap II dilakukan pada Maret 2016 yang meliputi FGD, Psikotest, dan Wawancara
  • Pengumuman peserta yang lolos tahap akhir pada 4 April 2016

Apa saja persyaratan yang diperlukan jika ingin mengajukan Beasiswa Aktivis Nusantara ini? Mudah sekali, berikut persyaratan umum dan khusus bagi kamu yang berminat mendaftar di Beasiswa Aktivis Nusantara.

Kriteria Umum:

  1. Pendaftar merupakan mahasiswa muslim yang terdaftar aktif secara akademik di program Sarjana (S1). Calon peserta minimal semester 5 di salah satu perguruan tinggi berikut: ITB, UI, UNJ, IPB, UNSRI, UNS, UNPAD, UNY, dan UGM
  2. Calon peserta memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) di atas 3.00
  3. Calon peserta merupakan mahasiswa aktivis / relawan / penggiat di berbagai organisasi / lembaga yang terfokus pada bidang kemahasiswaan, pendidikan, sosial kemasyarakatan dengan minimal 1 tahun aktif.
  4. Calon peserta diharapkan mengisi formulir pendaftaran secara lengkap. (Formulir bisa diunduh di website Beastudi Indonesia)
  5. Calon peserta pernah terlibat secara aktif dalam kegiatan sosial kemasyarakatan.

Kriteria Khusus:

  • Calon peserta mengisi formulir pendaftaran (format formulir diunduh di website Beastudi Indonesia) dan jangan lupa untuk mengirimkan berkas ke alamat berikut ini:

Panitia Seleksi BAKTI NUSA Dompet Dhuafa

Jl. Raya Parung-Bogor km. 42 Desa Jampang, Kec. Kemang, Kab. Bogor 16310

Dalam berkas tersebut jangan lupa dilampirkan beberapa dokumen berikut ini:

  1. Fotokopi Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) / KTP
  2. Fotokopi Transkip nilai Semester 1-Semester akhir
  3. CV terbaru yang berisi daftar aktivitas di organisasi / lembaga
  4. Pas foto berwarna dengan ukuran 4×6 sejumlah 2 lembar
  5. Menyertakan surat keterangan aktif sebagai salah satu pengurus organisasi (Asli)
  6. Membuat Proposal Hidup yang memuat beberapa hal berikut: aktivitas, rencana studi, pekerjaan, untuk 5 tahun ke depan. (Format Proposal dapat diunduh di website Beastudi Indonesia)
  7. Membuat esai yang bertemakan “Karyaku untuk Indonesia” dengan format penulisan: Spasi 1.5, Font Calibri 12, Kertas A4, min. 3 halaman max. 8 halaman, margin Atas-Bawah-Kiri-Kanan 3-3-4-3
  8. Menyertakan surat rekomendasi ASLI dari 2 orang tokoh di universitas / organisasi / masyarakat / dosen. Format bisa diunduh di website Beastudi Indonesia.
Beasiswa Aktivis Nusantara 2016
Beasiswa Aktivis Nusantara 2016

Apa fasilitas Beasiswa yang akan didapatkan oleh peserta?

  • Mendapatkan dana dukungan untuk aktivitas sebesar Rp 800.000,- / bulan tiap mahasiswa
  • Mendapatkan fasilitas pengembangan diri seperti Training (Character Building, SPIRIT Value, Socio-Economic Movement, Humanity Journalism, serta Strategic Leadership), Coaching dari para aktivis dan tokoh, mendapatkan dukungan prestasi dari luar negeri, Activist Preparatory School, Marching for Boundary, Sociopreneur Challenges, Penerbitan buku personal, Future Leader Camp, dan banyak lagi lainnya.

Aplikasi pendaftaran Beasiswa Aktivis ditujukan kepada :
Panitia Seleksi Beasiswa Aktivis Nusantara
Beastudi Indonesia – Dompet Dhuafa
Jl. Raya Parung – Bogor, Km. 42, Desa Jampang, Kec. Kemang
Kab. Bogor, Jawa Barat 16310
Telp. (0251) 861-0817/ 861-0818
Fax: (0251) 861-5016
Email: beasiswaaktivisdd@gmail.com

Jangan lupa, permohonan aplikasi beasiswa kamu akan diterima paling lambat 28 Februari 2016 (stempel pos). Informasi tentang peserta yang diterima akan diumumkan di website Beastudi Indonesia dan melalui email pendaftar.

Kamu juga bisa melakukan pendaftaran secara online di link ini: bit.ly/seleksiaktivis2016

Loading...