Jatik.com
to Inspire. be Social.

Resep Bolu Kukus Semangka Lembut dan Enak

0 1.294

Selain bolu kukus keju, ada juga varian bolu yang tak kalah lezatnya, ya bolu kukus semangka. Sekilas warna dan bentuknya mirip buah semangka. Rasanya semanis kue bolu dengan kelembutan tekstur kuenya. Incip-incip yuk resep bolu kukus semangka disini.

Kue bolu kukus memang menjadi favorit bagi sebagian besar penikmat kue. Tekstur kue yang lembut, manis rasanya, dengan beragam variasi rasa menjadi alasan mengapa kue ini banyak disukai. Salah satunya, kue bolu kukus semangka ini.

Ingin tahu bagaimana cara mengolah resep bolu kukus semangka? Berikut panduannya.

Resep Bolu Kukus Semangka

Siapkan bahan-bahan berikut:

  • Tepung terigu, 125 gram
  • Garam, ½ sendok teh
  • Susu cair, 100 ml
  • Gula pasir, 100 gram
  • Meses, secukupnya
  • Telur, 1 butir
  • SP, ½ sendok teh
  • Pewarna makanan (merah, hijau, kuning), secukupnya

Langkah menyiapkan bahan dan alat untuk membuat resep bolu kukus semangka:

Hal pertama yang dilakukan yaitu dengan mempersiapkan peralatan yang akan digunakan dalam membuat adonan kue. Peralatannya seperti baskom, mixer, pengukus, lap, kertas roti, dan cetakan muffin. Jika sudah menyiapkan peralatan tersebut sebelumnya, Anda tidak akan terganggu dalam proses pembuatan kue sehingga harus bolak-balik mencarinya di dapur.

Untuk langkah berikutnya, siapkan juga loyang atau cetakan yang akan dipergunakan sebagai alas adonan kue. Potonglah kertas roti berbentuk bulat dengan diameter kurang lebih 3 cm. Pergunakan gunting dalam memotong kertas roti tersebut. Guntinglah sisa kertas rotinya.

Tak lupa, persiapkan juga panci sebagai alat untuk mengukus adonan kue bolu. Caranya adalah menuangkan air ke dalam panci secukupnya. Letakkan di atas api sedang. Masukkan juga sarangan panci ke dalamnya. Selain itu, untuk tutup pancinya, sebelum dipasang ke panci sebaiknya dilapisi dengan lap bersih terlebih dahulu. Ini dilakukan agar uap air dari panci tidak menetes ke bawah dan diserap oleh lap tersebut.

Karena kita akan membuat bolu kukus dengan motif semangka, Anda perlu menyiapkan beberapa bahan pewarna makanan seperti hijau, kuning, dan merah. Untuk efek biji semangka, bisa menggunakan butiran cokelat meses.

Berikut langkah-langkah membuat kue bolu kukus semangka.

Jika semua bahan dan peralatan sudah siap, Anda sudah bisa memulai untuk mengolah resep bolu kukus semangka. Pertama, campurkan beberapa bahan seperti telur, gula pasir, dan SP di baskom. Semua bahan tersebut diaduk-aduk secara merata sampai mengembang dan pucat, kira-kira 10 menit.

Lalu, masukkan tepung terigu dan susu cair ke dalam adonan. Tetap aduk-aduk semua bahan tersebut sampai merata dan mulai mengental.

Langkah berikutnya adalah menuangkan susu cair ke dalamnya dan adonan diaduk-aduk hingga merata. Matikan mixer dan bagi adonan menjadi empat bagian. Dua bagian porsinya lebih banyak dibandingkan dua bagian lainnya.

Dua adonan dengan porsi lebih banyak, tambahkan pewarna kuning dan merah. Untuk dua adonan dengan porsi lebih sedikit, berikan warna hijau dan juga salah satunya berikan warna putih. Aduk-aduk semua adonan yang sudah diberi pewarna sampai merata.

Masukkan meses di adonan yang berwarna kuning dan merah, sambil diaduk merata. Terakhir, saatnya menyusun adonan. Masukkan adonan merah dan kuning sampai hampir penuh, pada bagian atas masukkan adonan putih di tengahnya dan penutup masukkan adonan berwarna hijau.

Langkah terakhir, kukuslah adonan tersebut di dalam panci kurang lebih 15 menit sampai mengembang dan mekar. Resep bolu kukus semangka yang lembut dan lezat sudah siap untuk dihidangkan. Potong sesuai dengan selera Anda.

Referensi Tambahan: www.selerasa.com

Loading...

Berlangganan Newsletter
Berlangganan Newsletter
Daftarkan email kamu disini untuk mendapatkan info terupdate dari Jatik.com langsung ke inbox email kamu!
Kamu bisa membatalkan newsletter ini kapan pun.