Jatik.com
to Inspire. be Social.

Resep Kue Mochi Pandan Kacang Hijau. Kenyal dan Manis

0 470

Kita memiliki beraneka ragam jajanan tradisional dari seluruh pelosok negeri. Ada juga yang berasal dari luar negeri dan diadopsi menjadi kuliner Nusantara. Contoh jajanan yang banyak disukai oleh masyarakat kita adalah kue mochi. Ingin tahu cara membuatnya? Berikut panduan resep kue mochi pandan kacang hijau yang kenyal dan manis.

Jajanan tradisional sangat pas sebagai cemilan sehari-hari untuk disuguhkan kepada seluruh anggota keluarga. Contoh kue jajanan tradisional kue pancong kelapa yang manis legit. Ada juga kue lumpur kentang yang lembut untuk disantap di berbagai waktu. Jangan lupa juga untuk menyuguhkan jajanan tradisional khas Jepang dan juga banyak dijumpai di daerah Sukabumi, kue mochi.

Anda penasaran ingin sekali membuat kue moci tersebut? Catat saja panduan resep kue mochi pandan kacang hijau ini.

Resep Kue Mochi Pandan Kacang Hijau

Oleh: Diyo Kitchen

Untuk mulai membuatnya, siapkan terlebih dahulu beberapa bahan kulit dan bahan isi berikut ini.

Untuk bahan kulit, ini daftar yang perlu disiapkan:

  • Santan cair, 220 ml
  • Gula pasir, 100 gram
  • Pewarna hijau muda, 2 tetes
  • Pasta pandan, 2 tetes
  • Tepung maizena, 20 gram
  • Tepung ketan putih, 200 gram
  • Garam, ½ sendok teh

Sedangkan untuk bahan isi, siapkan juga:

  • Daun pandan dibuat simpul, 2 lembar
  • Gula pasir, 100 gram
  • Garam, ½ sendok teh
  • Santan dari satu butir kelapa ukuran sedang, 400 ml
  • Kacang hijau kupas direndam selama 2 jam, 200 gram

Untuk bahan pelapis, siapkan bahan berikut:

  • Tepung maizena disangrai selama 5 menit dengan api kecil, 100 gram

Jika semua bahan yang diperlukan di atas sudah siap, maka kita siap untuk mengolahnya. Berikut langkah-langkah resep membuat mochi pandan kacang hijau.

Kita olah terlebih dahulu bahan isi kue moci. Pertama-tama, kukuslah kacang hijau selama kurang lebih setengah jam hingga mekar. Tambahkan santan dan blender hingga lembut.

Lalu, masukkan daun pandan, gula pasir, dan garam. Masak semuanya sambil diaduk merata hingga kalis. Tunggulah sampai adonan dingin. Setelah dingin, bentuklah menjadi bola-bola. Sisihkan terlebih dahulu.

Selanjutnya kita akan mengolah bahan isi kue. Campurkan tepung maizena, garam, gula pasir, dan tepung ketan menjadi satu sambil diaduk-aduk rata. Tuangkan santan sedikit demi sedikit sambil tetap diaduk-aduk merata. Tuangkan adonan ke dalam pinggan yang tahan panas dan beroleskan minyak. Kemudian kukus selama setengah jam.

Siapkan meja untuk mengolah kedua adonan. Meja sudah bertaburkan tepung maizena. Tuangkan adonan mochinya. Semua permukaan mochi dibalur dengan tepung maizena. Lalu, giling melebar hingga permukaan mochi menjadi halus. Potonglah kue mochi ini menggunakan cookie cutter dengan diameter ± 10 cm. Lakukan pada semua adonan hingga habis.

Kemudian, masukkan isian dan rekatkan bagian sisi-sisinya menjadi satu dan bulatkan sampai rapi. Lakukan pada semua adonan kue mochi. Kue mochi sudah siap untuk disajikan.

Itulah langkah-langkah cara membuat kue mochi pandan kacang hijau yang bisa langsung dipraktekkan sendiri di rumah. Tak terlalu sulit bukan?

Referensi Tambahan: www.resepharian.com

Loading...

Berlangganan Newsletter
Berlangganan Newsletter
Daftarkan email kamu disini untuk mendapatkan info terupdate dari Jatik.com langsung ke inbox email kamu!
Kamu bisa membatalkan newsletter ini kapan pun.