Jatik.com
to Inspire. be Social.

Ini lho 6 Kerugian Pacaran. Masih Mau Jalanin Hubungan Pacaran?

0 158

Eh, guys emang hubungan pacaran itu ada ruginya yak? Bukannya bisa senang-senang terus kalau pacaran? Kata siapa! Kalau kamu gak cuma nurutin nafsu, sedikit aja pake akal sehat, ternyata kerugian pacaran itu banyak lho.

Mungkin buat kamu yang saat ini ngejalanin hubungan ini, gak setuju dengan pendapat tersebut. Ya, sah-sah aja sih, kamu punya opini sendiri.

Cuma kita lihat yuk dari sisi lain. Apakah hubungan yang namanya pacaran ini pasti selalu bikin bahagia? Selalu menyenangkan?

Setidaknya, ada 6 kerugian pacaran yang mimin sadari dari pengalaman yang udah-udah. Mimin sih gak munafik, dulu jaman jahiliah pernah ngejalanin yang namanya pacaran.

Tapi, lama-kelamaan mimin mulai sadar, ternyata eh ternyata, pacaran tuh lebih banyak gak enaknya. Lebih banyak mudhorotnya lho..

1. Pacaran tuh bikin kita rugi waktu

Maksudnya gimana yak? Kenapa kerugian pacaran yang pertama harus waktu?

Iya guys… Hubungan pacaran itu sebenarnya bikin kita banyak terlena lho. Percaya ato gak, kalau sudah ngejalanin yang namanya pacaran, pasti waktu kita lebih banyak habis di masalah tetek bengek seputar pacaran.

Si pacar minta temenin jalan-jalan ke mall lah, selalu nelfon gak ada batas waktunya, mau makan aja pacar minta temenin, dan seabrek aktivitas yang sebenarnya useless banget guys.

Seharusnya yang kita lebih banyak berkumpul bareng keluarga, eh harus dikorbankan hanya demi pacar. Apalagi sampai mengorbankan masa depan kita, waktu sekolah, kuliah, dsb..

Saat kita gak tau kabar tentang si doi, kita selalu kepikiran tentang dirinya. Ada dimana, lagi ngapain, sama siapa, dan bla…bla… Gak terasa waktu tuh kebuang percuma guys.

Gimana kita bisa mendapatkan masa depan yang diimpikan kalau waktu kita yang seharusnya bisa digunakan untuk hal-hal yang lebih bermanfaat, habis buat pacaran. Tul gak?

2. Pacaran ntuh bikin capek hati, pikiran, jantung, dan masih banyak lagi dah..

“Sayang, kamu dimana sekarang? Kamu sama siapa seh?”

“Sayang, pokoknya kamu jangan jalan sama siapapun selain aku.”

“Eh sayang, kok di handphone kamu ada nama cewek lain seh.”

dan masih banyak lagi pertanyaan gak penting lainnya. Capek gak sih kalau kita selalu ditanya macem-macem kayak polisi? Statusnya baru pacar, eh nanyanya udah kayak bokap sendiri.

Udah capek hati, capek pikiran harus menyiapkan segala jawaban, dan serasa gak bebas. Ada yang selalu pantau kita kayak CCTV.

3. Yang pasti, pacaran tuh bikin BOKEK!

Kalau gak setuju dengan yang satu ini, berarti kamu tipenya kalau gak pelit ya masih aman karena selalu minta orangtua.

Coba kamu itung-itung deh. Berapa banyak biaya yang sudah dikeluarkan buat mulusin hubungan pacaranmu?

Buat traktir makan, beli pulsa, nonton bioskop, hangout, beli bensin buat jalan-jalan, dan seabrek biaya lainnya. Kalau kamu sadar dan mulai menghitungnya, tuh kalau dikumpulin sudah bisa beli mobil atau rumah kali..

Kalau masih minta bokap nyokap sih emang gak bakal kerasa and gak akan pernah ngerti. Tapi, kalau kamu udah mandiri, tentu harus memikirkan dengan baik biaya-biaya itu.

Ya kalau tuh pacar beneran jodoh kita sampai nikah. Eh, kalau gak jadi, tekor dong. Ngeluarin banyak duit, malah si doi nikahnya sama oranglain. Nyesek coii…

Mending, biaya-biaya gak penting itu ditabung buat beli mahar atau persiapan nikah nanti untuk calon istri atau suami. Kan itu lebih bermanfaat…

Apalagi kehidupan pasca menikah, lebih banyak biayanya coi, beneran deh…

Atau ditabung buat orangtua Umroh atau Naik Haji… Wah, itu pahalanya jauh lebih besar! Daripada udah capek kerja, tapi buat maksiat. Gak berkah guys…

4. Gak ada status yang jelas

Kerugian pacaran yang lain tuh status hubunganmu gak jelas guys. Pacaran tuh dalam aspek agama, administrasi negara, gak dikenal.

Mana ada di KTP tulisan statusnya Pacaran? Atau di agama disebutkan tentang status pacaran? Gak ada kan. Yang jelas tuh status menikah, suami dan istri.

Udah statusnya gak jelas, kalau terjadi apa-apa, siapa yang mau tanggungjawab? Pacar kamu? C’mon… Jangan naiflah… Lu pacaran kan sebenarnya cuma ingin ‘meminimalkan tanggung jawab’ bukan?

Kalau benar-benar lu tipe orang yang bertanggungjawab, gak usah babibu, datang ke orangtuanya, nikahi dia. Selesai.

5. Potensi keretakan hubungan

Ini juga salah satu kerugian pacaran yang banyak terjadi. Banyak kasus, karena pacar, hubungan antara anak dan orangtua hancur. Durhaka banget gak sih???

Atau, hubungan dengan anggota keluarga lainnya juga gak bagus. Karena bagaimanapun juga, hubungan keluarga itu jauh lebih penting dan terhormat daripada hubungan pacaran.

Ya, kecuali lu mau dianggap sebagai anak durhaka, atau dianggap gak pernah punya keluarga, gue sih gak ikut-ikutan.

6. Kehilangan kehormatan dirimu

Satu hal yang pasti, dengan pacaran kehormatan dirimu sebenarnya sudah terenggut guys. Seharusnya, yang berhak menyentuh dirimu, adalah suami atau istrimu kelak.

Kalau kita disentuh oleh pacar kita, apalagi sampai menjurus hal yang seharusnya belum terjadi, kehormatan diri kita hilang.

Apalagi kalau pacaran putus nyambung dengan banyak orang, hadeuuh… Tuh, udah mengalami berapa kali eksperimen sama pacar yang berbeda-beda?

So, kamu mau dianggap sebagai manusia terhormat atau sekedar bahan eksperimen? Gunakan akal sehatmu ya guys…

Masih banyak sebenarnya kerugian pacaran yang ada. Mungkin kamu punya pengalaman? Yuk berbagi disini…

Kalau mau tau kerugian pacaran lainnya, kamu bisa cek disini guys.

Loading...

Berlangganan Newsletter
Berlangganan Newsletter
Daftarkan email kamu disini untuk mendapatkan info terupdate dari Jatik.com langsung ke inbox email kamu!
Kamu bisa membatalkan newsletter ini kapan pun.