Resep Sate Madura Lezat. Catat Rahasia Resepnya Disini!

0 1.945

Siapa yang tak kenal dengan makanan yang satu ini. Hampir semua orang pun pasti pernah mencobanya, sate ayam khas Madura. Mau tahu rahasia resep sate Madura yang lezat?

Banyak dijual di pinggir jalan, menjadikan makanan ini salah satu favorit bagi sebagian besar pecinta kuliner. Bumbu satenya yang khas, bumbu kacang, sangat sulit untuk dilupakan begitu saja.

Ingin iseng-iseng membuat sate ayam khas Madura sendiri di rumah? Kenapa gak, coba saja langsung karena sudah ada resep sate Madura lezat yang kami sajikan.

Berikut ini beberapa bahan utama dan cara membuat resep sate Madura lezat yang siap menggoyang lidah kita.

Bahan utam yang perlu disiapkan dalam membuat resep sate Madura, antara lain:

  • Daging ayam dibuang kulit dan tulangnya lalu dipotong seperti dadu, ½ ekor
  • Jeruk limau, 2 buah
  • Kecap manis, 5 sendok makan
  • Tusukan sate, secukupnya
  • Margarine dilelehkan, 2 sendok makan

Selain bahan utama di atas, di bawah ini daftar bahan untuk membuat bumbu kacang yang menjadi ciri khas dari sate ayam Madura, yaitu:

  • Kemiri, 2 butir
  • Bawang putih, 3 siung
  • Bawang merah, 5 butir
  • Cabai merah, 4 buah
  • Merica bubuk, secukupnya
  • Garam, secukupnya

Belum sempurna rasanya, jika tidak menyiapkan juga beberapa bahan pelengkap resep sate Madura berikut ini:

  • Bawang merah diiris, secukupnya
  • Tomat diiris, secukupnya
  • Ketupat / lontong, secukupnya
  • Cabai rawit diiris, secukupnya

Setelah menyiapkan semua bahan utama dan pelengkap di atas, kini kita sudah bisa mulai mengolah resep sate Madura yang lezat.

Berikut ini panduan cara membuat bumbu kacang sate ayam madura spesial dan lezat, yaitu:

Siapkan kacang tanah dan masukkan ke dalam blender dan jangan lupa tuangkan air secukupnya. Lalu, mulai haluskan kacang tanah tersebut.

Berikutnya, siapkan terlebih dahulu wajan penggorengan yang sudah diolesi minyak goreng secukupnya. Lalu, nyalakan api dan panaskan minyak goreng tersebut.

Semua bumbu kacang dalam daftar di atas yang sudah dihaluskan, seperti bawang putih, bawang merah, kemiri, dan cabai rawit dimasukkan ke dalam wajan penggorengan. Tumis bumbu ini sampai keluar aroma harum.

Kacang yang sudah diblender tadi, kemudian dimasukkan ke dalam wajan penggorengan. Sambil terus diaduk-aduk bersama bumbu halus. Biarkan sampai mendidih dan bumbu kacang mulai mengental.

Tak lupa, tambahkan juga garam, merica bubuk, dan kecap manis. Sambil tetap diaduk-aduk sampai semua bumbu merata. Lalu, angkat dan tiriskan.

Setelah menyiapkan bumbu kacang sate ayam Madura, berikut langkah-langkah cara membuat sate ayam khas Madura yang lezat.

Pertama-tama, cuci bersih terlebih dahulu potongan daging ayam yang sudah disiapkan dengan menggunakan air mengalir. Tiriskan.

Setelah bersih dan potongan daging ayam tersebut kering, tusuklah dengan menggunakan tusuk sate dengan rapi dan sesuai selera Anda. Lalu, sisihkan.

Langkah berikutnya, siapkan wadah dan tuangkan margarine dan kecap manis kedalamnya. Lalu, aduk-aduk kedua bahan tersebut hingga tercampur merata.

resep sate madura
Resep sate Madura spesial dan lezat

Bahan ini selanjutnya digunakan untuk mengolesi setiap tusukan sate yang tadi sudah dibuat.

Berikutnya, mulai memanggang sate ayam tadi di atas bara api sampai setengah matang. Lalu, setelah terlihat setengah matang, angkat sate dan celupkan terlebih dahulu ke dalam bumbu kacang yang tadi sudah dibuat.

Sate kemudian dipanggang lagi sampai matang sempurna dan warnanya berubah menjadi kecokelatan.

Jika sudah matang, sate ayam diangkat dan diletakkan di atas piring saji. Sate ayam siap untuk dihidangkan bersama bumbu kacang.

Jika ingin lebih segar, bisa ditambahkan perasan air jeruk limau. Tak lupa untuk menambahkan bahan pelengkap seperti irisan cabai rawit, tomat, bawang merah, dan lontong / ketupat.

Gak terlalu ribet-ribet amat bukan mengolah resep sate Madura spesial di atas? Selamat mencoba!

Untuk sajian resep kuliner Nusantara lainnya, bisa dicek disini.

Loading...