Jatik.com
to Inspire. be Social.

Cara Mengembangkan Bisnis Toko Online Milikmu

0 144

Ya, bisnis toko online (online shop) dewasa ini sungguh marak. Mungkin kamu salah satu orang yang ambil bagian dengan memiliki toko online sendiri. Bagaimana cara mengembangkan bisnis toko online agar sukses?

Seiring dengan perkembangan teknologi yang kian pesat, kini semua bisa dilakukan hanya dengan menggunakan gadget dan smartphone. Cukup membutuhkan koneksi internet, semua bisa terhubung ke smartphone kita.

Berbagai aktivitas pun bisa dilakukan dengan menggunakan smartphone tanpa bersusah payah. Aktivitas seperti belanja, beli pulsa, pembayaran tagihan, transfer uang, dan lain sebagainya, bisa dilakukan cukup dengan memencet jari-jari tangan.

Semaraknya lifestyle berbasiskan online, menjadikan banyak usaha mulai beralih ke online shop dan bermunculan seperti jamur di musim penghujan.

Para pelaku bisnis online pun dengan berbagai trik dan strategi menawarkan berbagai kemudah untuk berbelanja di toko online mereka. Banyak yang sukses hanya dengan berbisnis online shop dan meraih keuntungan besar dari rumah.

Meskipun bisnis toko online ini terlihat menjanjikan dan begitu menggiurkan, tetapi tidak semua pelaku bisnis online shop bisa membangun dan mengembangkan usaha onlinenya tersebut.

Pelaku bisnis online shop masih ragu ataupun awam dengan cepatnya perkembangan teknologi masa kini. Oleh karena itu, dibutuhkan strategi / cara mengembangkan bisnis toko online yang tepat.

Dan, ada beberapa aspek yang sebenarnya bisa dipelajari dengan mudah agar online shop yang dimiliki bisa berkembang.

Berikut beberapa cara mengembangkan bisnis toko online milikmu agar lebih maju dari sekarang.

1. Mempelajari content writing

Menjual barang bisa dilakukan dengan mempelajari secara baik tentang content writing. Kita bisa menuliskan dengan baik mengenai produk / jasa yang kita jual.

Content writing ini seperti seni mempengaruhi calon pelanggan agar tertarik untuk membeli produk / jasa via tulisan. Dibutuhkan kesabaran untuk bisa mempelajarinya karena tidak semua orang bisa menulis dengan baik.

Menuliskan content writing yang tepat, menarik, dan bernilai jual memang tidak mudah. Ada banyak content writer yang menawarkan jasa untuk memberikan ulasan tentang produk milikmu. Atau kamu juga bisa mengikuti kursus online yang khusus membahas tentang content writing / copywriting.

2. Menggunakan media sosial dengan maksimal

Media sosial dipercaya salah satu senjata terampuh sebagai cara mengembangkan bisnis toko online. Menggunakan medsos sebagai jembatan antara pemilik online shop dan calon pelanggan adalah hal yang juga bisa kamu lakukan.

Media sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter, Path, dan masih banyak lagi lainnya memiliki segmen pasar tertentu yang bisa kamu gunakan. Lakukan riset terlebih dahulu di setiap sosmed tersebut. Mana media sosial yang cocok untuk digunakan sebagai sarana promosi.

Manfaatkan dengan baik semua fitur yang tersedia di setiap media sosial untuk mengembangkan bisnis online shopmu lebih maju lagi.

3. Aktif di forum-forum

Tak hanya berpromosi di media sosial, sarana lain yang juga bisa digarap untuk mengembangkan toko onlinemu adalah forum internet.

Forum-forum seperti Kaskus, IDWS, Detik, dan lain sebagainya merupakan pasar yang juga berpotensi besar menghasilkan penjualan produk-produkmu.

Tetapi perlu diingat, setiap forum memiliki aturan tertentu yang perlu kamu tahu dan patuhi. Jangan pernah lakukan spam, cheating, dan aktivitas tak terpuji lainnya. Itu akan jadi bumerang yang menghancurkan reputasimu sebagai pebisnis online.

cara mengembangkan bisnis toko online biar sukses
5 cara mengembangkan bisnis toko online biar sukses.

4. Menjual di berbagai marketplace yang tersedia

Selain berpromosi dan berjualan di forum, kamu juga bisa meluaskan sayap bisnis onlinemu dengan bergabung di berbagai marketplace yang telah tersedia di Indonesia.

Marketplace seperti Bukalapak, Tokopedia, Lazada, Elevania, OLX, dan lain sebagainya semakin memudahkan diri kita untuk berpromosi dan berjualan produk-produk.

Di setiap marketplace tersebut sudah terbentuk pasar yang siap kamu garap dan jika dilakukan dengan sangat serius, akan membantu meningkatkan sales bisnismu.

5. Keep Fight!

Tak ada yang bisa membantu membuat bisnismu lebih sukses selain dirimu sendiri. Terus mencoba dengan apa yang kamu lakukan saat ini. Jika usaha toko online yang kamu lakukan saat ini belum berhasil, jangan menyerah.

Pelajari apa saja yang bisa didapatkan dari kegagalan tersebut untuk bisa membangun bisnis online shop kamu di masa depan lebih baik lagi.

Dan pastinya, lakukan semua dengan rasa cinta dan passion. Karena akan membuat kita akan jauh lebih fight jika menghadapi banyak kendala.

Kelima cara mengembangkan bisnis toko online di atas bisa jadi hasilnya berbeda-beda setiap orang. Sangat tergantung dari seberapa besar upaya kita untuk melakukannya. Semangat guys!

Loading...
Berlangganan Newsletter
Berlangganan Newsletter
Daftarkan email kamu disini untuk mendapatkan info terupdate dari Jatik.com langsung ke inbox email kamu!
Kamu bisa membatalkan newsletter ini kapan pun.