Jatik.com
to Inspire. be Social.

Tips Mengolah Salad yang Enak untuk Si Kecil

0 77

Ada banyak cara agar anak-anak suka makan sayuran dan buah-buahan. Selain kita sebagai orangtua harus kreatif dalam mengolahnya menjadi masakan, cara menyajikannya pun haruslah menarik. Berikut tips mengolah salad yang enak untuk buah hati kita.

Mengapa anak wajib untuk mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan? Jawabannya pun pasti semua orangtua sudah tahu. Ini karena dalam buah-buahan dan sayuran terkandung beragam mineral, vitamin, dan serat. Kandungan tersebut sangat bagus untuk kesehatan si kecil, khususnya menjaga daya tahan tubuh mereka. Banyak juga manfaat sayuran lainnya untuk kesehatan tubuh.

Sayuran dan buah-buahan jika dikonsumsi biasa saja, lama-lama anak menjadi bosan. Perlu kreativitas orangtua untuk mengubahnya menjadi luar biasa. Salah satunya, dengan meraciknya menjadi salad buah / sayuran yang jauh lebih enak dan lezat.

Untuk Bunda yang ingin mencoba membuat salad, berikut ini beberapa tips mengolah salad yang enak dan juga sehat untuk buah hati.

  • Cuci bersih terlebih dahulu

Hal pertama yang perlu Bunda lakukan sebelum menyajikan salah yang enak, maka harus membersihkan terlebih dahulu sayuran dan buah-buahan yang hendak disajikan. Ini dilakukan agar semua bakteri yang menempel dalam buah / sayuran tidak ikut termakan si kecil.

Sayuran seperti selada atau lainnya, sebaiknya dicuci setiap lembarnya agar tidak ada kotoran yang menempel di sela-sela dan berpotensi ikut termakan anak-anak.

  • Sayuran dan buah-buahan

Salad yang disajikan untuk si kecil tidak harus dengan isi kol, sayur selada dan wortel. Apabila buah hati kita tidak suka makan sayuran, maka Bunda bisa membuat salad yang berisikan buah-buahan segar.

Buah-buahan yang dibuat bisa berupa potongan melon, apel, strawberry ataupun semangka yang sangat cocok juga untuk disajikan sebagai salad.

  • Memberikan campuran saus

Tips mengolah salad yang enak berikutnya adalah memberikan campuran saus tomat ataupun mayonaise agar salad lebih terasa gurih. Sedangkan jika Bunda hendak membuat salad buah, maka berikan campuran saus cokelat dan mayonaise, keju, dan susu kental manis yang tercampur dengan merata.

Campuran saus ini akan membuat anak-anak lebih tertarik untuk mengkonsumsi salad buah / sayuran tersebut.

  • Membuat menjadi bentuk unik

Tidak hanya soal citarasa, bentuk yang unik dan kreatif pun bisa menjadi salah satu pemikat bagi anak untuk memakannya. Yaitu dengan cara mencampurkan potongan buah ke dalam mangkuk besar dan menambahkan saus sampai merata.

Lalu, Bunda bisa menyajikan dalam wadah penyajian mungil yang anak-anak sukai dengan taburan keju di atasnya. Jika ingin sesuatu yang berbeda, maka Bunda bisa menusuk potongan buah dengan lidi. Potongan ini mirip seperti kebab dan bisa dicocol ke saus. Si kecil pasti akan menyukainya!

Itulah beberapa langkah dalam tips mengolah salad yang enak dan sehat untuk si kecil. Mungkin Bunda punya tips menarik lainnya? Berbagi disini yuk!

Loading...
Berlangganan Newsletter
Berlangganan Newsletter
Daftarkan email kamu disini untuk mendapatkan info terupdate dari Jatik.com langsung ke inbox email kamu!
Kamu bisa membatalkan newsletter ini kapan pun.