Jatik.com
to Inspire. be Social.

Gak Harus ke Dokter, Ini 10 Tips Mengobati Anak Sakit Secara Alami

0 49

Jika anak-anak sakit, sebagai orangtua kita perlu memiliki persiapan agar sigap dalam menanganinya. Terkadang, sebagian besar orangtua lebih memilih cara praktis dengan langsung membawanya ke dokter anak. Tak masalah. Tetapi, akan lebih baik jika mengobati anak sakit dapat dilakukan secara alami terlebih dahulu. Berikut beberapa tips mengobati anak sakit yang bisa ayah bunda lakukan.

Dengan memiliki persiapan untuk penanganan anak-anak yang sakit, akan jauh lebih mudah anak-anak kita sembuh dari penyakitnya. Sebagai alternatif untuk beberapa penyakit, ada saran pengobatan untuk anak-anak yang sedang sakit dari pengalaman orangtua terdahulu.

Berikut 10 tips mengobati anak sakit yang dapat ayah bunda lakukan.

#1 Sakit demam

Salah satu cara untuk mengatasi demam yang terjadi pada anak, ayah bunda bisa siapkan baju tipis. Lalu, kompres dengan air hangat dan balur tubuh anak dengan bawang merah.

Tak lupa untuk memberikan kepada anak minuman madu dan air kelapa muda. Niscaya demam anak akan segera turun.

#2 Hidung tersumbat dan pilek

Jika anak-anak sedang pilek atau hidung tersumbat, cara penanganannya pun mudah. Hirup uap air panas yang sudah ditetesi minyak kayu putih atau minyak telon.

Tetap jaga ruangan kamar tetap lembap dengan mematikan kipas / AC. Siapkan ember berisi air panas yang sudah ditetesi minyak kayu putih / telon di sudut-sudut kamar anak.

Bagi buah hati Anda yang masih bayi, di bagian pelipisnya dapat ditempeli pala bubuk yang sudah ditetesi minyak telon.

#3 Batuk-batuk

Cara mengobati anak sakit batuk dapat dilakukan dengan memberikan madu plus jeruk nipis. Atau bisa menggunakan bunga belimbing dengan madu. Alternatif lainnya dengan memberikan perasan kencur dan tambahan madu.

#4 Sakit tenggorokan

Anak-anak yang terkena sakit tenggorokan biasanya akan susah makan. Hal ini terjadi karena makanan susah ditelan oleh anak. Cara mengobati anak sakit tenggorokan, terutama anak yang sudah agak besar, kumur menggunakan air hangat dicampur dengan garam. Ramuan air garam ini dapat membunuh kuman dan mencegah radang.

Selanjutnya, meminum air hangat bersama dengan perasan jeruk nipis dan madu, dipercaya mampu mengobati radang tenggorokan.

#5 Penyakit diare

Jika anak-anak Bunda mengalami diare, hal pertama yang perlu dilakukan adalah dengan memberikan air minum sebanyak-banyaknya agar cairan tubuh yang keluar tergantikan. Ini untuk menghindari anak terkena dehidrasi.

Kemudian, berikan larutan oralit yang dicampur dengan gula, garam, di dalam air. Selain itu, dapat juga menggunakan daun jambu biji yang dipercaya dapat mengobati sakit diare.

#6 Sariawan

Terjadinya sariawan pada anak biasanya disebabkan oleh kuman / bakteri dan kurang menjaga kebersihan mulut. Oleh karena itu, untuk mengobati sariawan dapat menggunakan daun saga yang ditumbuk dan tambahkan tetesan madu. Lalu, tempelkan pada sariawan di mulut.

#7 Cacingan

Anak ibu terkena cacingan? Gak perlu khawatir! Cacingan dapat dialami oleh anak-anak mana pun. Selain mengonsumsi obat cacing, mengobati cacingan dapat dilakukan secara alami, yaitu dengan petai.

Kandungan tannin dan belerang yang ada di petai dipercaya mampu membunuh cacing dalam perut dan dikeluarkan melalui tinja.

#8 Pengobatan luka lecet

Luka lecet karena sayatan benda tajam, atau lecet karena terjatuh dapat disembuhkan dengan cara diberi madu. Madu selain memiliki kandungan nutrisi yang tinggi, madu murni juga bermanfaat sebagai desinfektan.

Caranya, oleskan sedikit madu murni di bagian luka lecet. Diamkan untuk beberapa menit. Ulangi untuk beberapa kali dalam sehari.

#9 Penyakit bisul

Jika anak-anak tumbuh bisul di tubuhnya, dapat diobati dengan cara alami. Yaitu dengan cara menggunakan daun bayam duri giling dan ditambah madu. Tempelkan ramuan ini pada bisul anak Anda.

Jika bisul sudah kering, olesi dengan madu dan telur agar bekas bisul dapat menghilang dan kulit menjadi mulus kembali.

#10 Anak susah makan

Jika anak-anak Anda susah makan, dapat diatasi dengan memberikan ramuan alami berupa temulawak. Temulawak dipercaya mampu meningkatkan nafsu makan anak.

===========

Kesepuluh tips mengobati anak sakit di atas dapat ayah bunda lakukan di rumah. Dengan memiliki wawasan tersebut, anak-anak akan jauh lebih terjaga kesehatannya. Apabila penyakit yang diderita tidak kunjung sembuh, segera bawa anak-anak Anda ke dokter untuk mendapatkan penanganan medis lebih lanjut. Semoga bermanfaat ya, Bun!

Loading...
Berlangganan Newsletter
Berlangganan Newsletter
Daftarkan email kamu disini untuk mendapatkan info terupdate dari Jatik.com langsung ke inbox email kamu!
Kamu bisa membatalkan newsletter ini kapan pun.