Jatik.com
Inspirasi dari Sudut Berbeda

5 Manfaat Ampas Teh yang Luar Biasa untuk Kecantikanmu!

Gak hanya bikin kulit lebih cerah, ampas teh juga bisa mengatasi jerawat membandel lho.

0 71

Minuman teh menjadi salah satu primadona bagi sebagian besar orang, dari orang dewasa, anak-anak, sampai orangtua. Selain untuk dinikmati, teh ternyata memiliki khasiat yang besar untuk kesehatan. Tak banyak yang tahu, selain dikonsumsi, ada manfaat yang terpendam dari ampas atau sisa teh. Berikut 5 manfaat ampas teh untuk kecantikan.

Mengkonsumsi teh sebagai minuman selain kopi karena di dalamnya terkandung kafein yang memiliki komposisi jauh lebih sedikit dibandingkan kopi yang juga memiliki manfaat.

Minuman ini telah diketahui sejak zaman dahulu dengan berbagai bentuk yang berbeda. Di era modern yang serba instan, penyajian teh telah mengalami tranformasi dengan bentuk yang lebih simple yaitu kantong mini yang di dalamnya terdapat daun teh kering.

Membuatnya pun lebih cepat yaitu dengan cara diseduh ke dalam air panas dan bisa ditambahkan dengan gula atau madu sesuai selera.

Minuman teh bisa dikombinasikan dengan sari buah / bunga yang rasanya akan lebih menyegarkan. Contoh kombinasi teh dengan bunga atau sari buah yaitu lemon tea, teh melati, teh apel, dan masih banyak lagi. Aroma teh yang bervariasi tersebut membuat penggemarnya tidak akan merasa bosan menikmati teh.

Saat membuat minuman teh, biasanya seseorang akan membuang ampas yang telah digunakan 1-2 kali seduh. Tak ayal, ampas teh seperti “sampah” yang tidak memiliki manfaat apapun. Sebaiknya, kamu mulai ubah kebiasaan ini setelah tahu bahwa ada banyak manfaat ampas teh bagi kecantikanmu. Di dalam ampas teh terdapat beberapa senyawa yang sangat berkhasiat bagi kecantikan, khususnya bagian wajah.

Manfaat ampas teh yang berguna bagi kecantikan merupakan andil dari kandungan senyawa polifenol dan minyak esensial di dalamnya. Senyawa polifenol merupakan sejenis antioksidan bioflavonoid yang memiliki khasiat 25 kali lebih baik daripada vitamin E dan 100 kali lebih baik dari vitamin C.

Terlebih lagi, terdapat kandungan minyak esensial yang memiliki fungsi utama untuk memudahkan proses regenerasi sel-sel kulit.

Keberadaan kedua senyawa tersebut dapat dipastikan bahwa ampas teh memang sangat bermanfaat untuk kecantikan dan kesehatan kulit wajah.

Berikut ini setidaknya 5 manfaat ampas teh yang utama bagi kecantikan dan kesehatan kulit wajahmu:

  • Berperan Membasmi Jerawat Membandel

Salah satu manfaat ampas teh adalah mengatasi problematika seputar jerawat. Kandungan ampas teh yaitu antioksidan, vitamin E, dan vitamin C dapat membantu mengatasi jerawat yang membandel.

Caranya adalah menggunakan ampas teh yang sudah didiamkan selama kurang lebih satu malam dan digunakan sebagai masker wajah. Saat menggunakan masker wajah dari ampas teh, diamkan selama kurang lebih 15-20 menit untuk memperoleh hasil yang maksimal.

  • Menghilangkan Noda Hitam Bekas Jerawat

Ampas teh tidak hanya dapat dimanfaatkan untuk mengatasi jerawat. Tetapi juga dapat digunakan untuk menghilangkan flek-flek / noda hitam bekas jerawat di wajah.

Cara penggunaannya pun mudah. Yaitu dengan membalurkan ampas teh di flek / noda hitam bekas jerawat secara rutin. Saat menggunakan, diamkan kurang lebih 10-20 menit dan kemudian cuci bersih wajah untuk hasil yang lebih maksimal.

  • Menyembuhkan Kulit yang Terbakar Matahari

Buat kamu yang sering melakukan aktivitas di luar ruangan dan sering terpapar sinar matahari, kulitmu berpotensi untuk terbakar sinar matahari, terlebih jika kamu tidak menggunakan tabir surya. Jika sudah terlanjut kulit terbakar, biasanya akan terasa perih dan berwarna agak memerah.

Salah satu cara untuk mengatasi kulit yang terbakar matahari adalah dengan menggunakan ampas teh yang sudah dingin untuk dimasukkan di dalam bak mandi. Kemudian, kamu berendam di dalam bak mandi / bathup tersebut.

  • Punya Mata Panda? Hilangkan Dengan Ampas Teh

Bagi sebagian besar orang yang seringkali begadang atau kurang istirahat, maka akan muncul kantong mata yang menghitam di sekitar mata, yang disebut sebagai mata panda.

Untuk menghilangkan kondisi mata panda tersebut, kamu dapat melakukan terapi herbal dengan memasukkan wajahmu ke dalam larutan teh yang sudah basi dengan posisi mata terbuka. Atau bisa menggunakan kantong teh basi dan gunakan untuk menutupi matamu.

  • Untuk Mencerahkan Kulit Wajahmu

Salah satu manfaat dari senyawa polifenol yang terkandung dalam ampas teh berguna untuk mencerahkan kulit wajah seseorang. Untuk mendapatkan khasiat tersebut, cara menggunakannya pun terbilang mudah.

Cukup manfaatkan ampas teh yang telah disimpan selama semalam dan kemudian dijadikan masker untuk wajah. Lakukan secara rutin, niscaya perlahan kulit wajahmu kembali cerah.

=============

Itulah beberapa manfaat ampas teh untuk kecantikan yang perlu kamu coba langsung praktekkan di rumah. Bisa digunakan sebagai masker agar wajah tampak lebih halus, bersih dan kencang serta membantu mencegah penuaan dini.

So, jangan anggap ampas teh ini sebagai “sampah” dan langsung membuangnya begitu saja ya! Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Referensi: www.doktercantik.com

Loading...
Berlangganan Newsletter
Berlangganan Newsletter
Daftarkan email kamu disini untuk mendapatkan info terupdate dari Jatik.com langsung ke inbox email kamu!
Kamu bisa membatalkan newsletter ini kapan pun.

Tinggalkan Balasan

Data email Anda terjaga kerahasiaannya.

dua × 3 =