Jatik.com
to Inspire. be Social.

12+ Fakta Menarik Dibalik Kucing Lucu dan Imut

1 1.690

Kamu salah satu pecinta kucing? Kenapa sih suka kucing? Apa karena mukanya yang imut dan lucu atau tingkah lakunya yang seringkali bikin gemes? Memang, kucing lucu dan selalu bikin gemes banyak orang. Terutama kalau manja, benar-benar imut deh, pengen cium dan peluk terus. Eh, orang yang senang dengan kucing, konon katanya, tipe karakter yang penyayang dan penyabar lho. Cocok dijadiin pasangan idaman hehe..

Oh ya, ternyata, dibalik kucing lucu dan imut itu, tersimpan fakta-fakta menarik dan unik lho. Mungkin kamu belum mengetahui fakta unik tentang kucing ini. Apa saja? Check this out!

Fakta unik dan menarik dibalik kucing lucu dan imut ini..
Fakta unik dan menarik dibalik kucing lucu dan imut ini..

1) Berapa sih jumlah gigi kucing? Ayo tebak! Kalau benar, kasih ciuman kucing lucu nih. Ya, udah, dikasih tahu aja ya. Pada anak kucing lucu itu, ternyata memiliki 26 buah gigi, sedangkan kucing yang udah gede, punya 30 gigi. Oh, banyak juga ya.!

2) Umumnya nih (walaupun tidak semua kasus sama), kucing yang terlahir dengan warna mata biru dengan bulu putih, kondisinya dalam keadaan tuli. Kasian yaa…

3) Suara kucing dalam berbagai bahasa dunia ternyata berbeda-beda lho cara penulisannya. Kalau di bahasa Indonesia, suara kucing ditulis dengan kata “MEONG”. Dalam bahasa Inggris Amerika, ditulis dengan kata “MEOW”, sedangkan bahasa Inggris British ditulis dengan kata “MIAOW”. Dalam bahasa Jepang, suara kucing ditulis dengan kata “NYA”.

4) Tahu gak sih, kalau pipis kucing lucu itu ternyata bisa menyala dalam gelap (Glow in the Dark). WoW keren!

5) Biasanya nih, berat badan kucing lucu dan imut itu berkisar antara 2,5 kg hingga 7 kg. Oh ya, tapi ada juga kucing yang kelebihan berat badan lho, hingga 10 kg, kayak kucing di film Garfield!

6) Tebak lagi nih,,berapa jumlah jari kaki kucing? Ada yang tau??? Pasti gak tau,,, Jumlah jari kaki belakang kucing ada 4 buah, sedangkan jari kaki depan kucing ada 5 buah.

Kucing lucu dan imut
Kucing lucu dan imut

7) Fakta menarik selanjutnya, tentang kumis kucing. Tuh kumis kucing, ternyata super sensitif lho. So, kalau super sensitif kenapa? Kucing melalui kumisnya bisa merasakan perubahan kecil pada tekanan udara karena sensitifnya. Kalau kalian berjalan dalam gelap, gunakan kucing peliharaanmu untuk menuntun. Dijamin gak nyasar deh.

8) Kapan sih kucing masuk dalam kehidupan manusia? Sejak nabi Adam mungkin ya. Menurut salah satu sumber, kucing sudah berinteraksi dengan manusia sekurang-kurangnya sejak 3.500 tahun yang lalu lho. Interaksi ini terjadi pada masa Mesir Kuno dimana orang-orang Mesir Kuno menggunakan kucing lucu untuk mengusir hama, seperti tikus dan binatang pengerat lainnya, dari hasil panen mereka.

9) Kamu tahu gak sih…ternyata kucing lucu dan imut itu digolongkan dalam hewan-hewan yang sangat bersih. Kenapa demikian? Ini disebabkan oleh kebiasaan kucing yang selalu menjilati bulu-bulu, hingga kaki dan jari-jarinya. Air liur kucing (saliva) yang digunakan untuk menjilat, ternyata memiliki kandungan daya pembersih yang kuat. Keren ya!

10) Berapa sih usia kucing yang paling tua? Pernah tercatat kucing paling tua berusia hingga 36 tahun. Kalau kucing-kucing liar yang masuk dalam penangkaran dapat hidup 15-20 tahun. Sedangkan, kucing-kucing yang tinggal di lingkungan modern, dapat hidup hingga 2-3 tahun atau bisa kurang dari itu.

11) Fakta tentang mata kucing yang bercahaya di malam hari. Kenapa bisa terlihat bercahaya? Karena di dalam mata kucing terdapat lapisan pemantul cahaya yang disebut dengan Tapetum Lucidum. Ini yang menyebabkan mata kucing seperti berpendar mengeluarkan cahaya di malam hari. Hebatnya lagi, lapisan mata ini mampu menyerap cahaya 6x lebih kuat dibandingkan mata manusia. Maka nya, kucing gak kesulitan untuk melihat di dalam gelap.

12) Ada masa kegelapan bagi hewan bernama kucing, yakni pada abad pertengahan di Eropa. Pada abad ini, masyarakat percaya bahwa kucing bekerjasama dengan para penyihir, sehingga masyarakat pada masa itu sering memburu kucing untuk dibunuh melalui cara dibakar atau dilempar dari ketinggian. Oleh karena banyaknya pemburuan kucing untuk dibunuh, populasi tikus meningkat tajam, sehingga pada masa itu wabah penyakit PES berkembang cepat. Pokoknya, kita jangan pernah menyakiti kucing ya!

Kucing menggemaskan
Kucing menggemaskan

13) Fakta menarik selanjutnya tentang kucing lucu dan imut, yakni keturunan kucing. Ternyata, hanya 1% dari keseluruhan populasi kucing di dunia yang merupakan ras dari keturunan murni. Biasanya, keturunan murni ini disebut pedigree dan harganya sangat mahal. Sisanya, kebanyakan merupakan perkawinan silang atau campuran dari ras kucing lainnya.

14) Kucing itu termasuk hewan Tukang Tidur lho! Kucing kalau tidur bisa sampai 12 hingga 16 jam per hari. Rata-rata biasanya 13-14 jam. Ada juga beberapa kucing yang kuat tidur hingga 20 jam per hari. Gileeee!\

Itu beberapa fakta unik dan menarik dibalik kucing lucu dan menggemaskan. Kamu tahu fakta unik dan menarik lainnya tentang kucing? Berbagi yuk!

Referensi: www.ayeey.com

Loading...
Berlangganan Newsletter
Berlangganan Newsletter
Daftarkan email kamu disini untuk mendapatkan info terupdate dari Jatik.com langsung ke inbox email kamu!
Kamu bisa membatalkan newsletter ini kapan pun.