Jatik.com
to Inspire. be Social.

Cara Merawat Kucing Peliharaan dengan Baik

0 285

Hari ini, kucing adalah salah satu hewan peliharaan paling populer yang banyak dimiliki, tidak hanya di Indonesia tetapi seluruh dunia. Ada banyak keturunan kucing yang ada, terpopuler adalah kucing persia dan Siam. Apakah kamu termasuk yang memiliki hewan peliharaan ini? Bagaimana cara merawat kucing peliharaan dengan baik?

Kucing sebagai hewan peliharaan ternyata memang telah ada sejak zaman dahulu. Dan sekarang pun, masih tetap populer. Seperti hewan peliharaan lainnya, termasuk anjing, perawatan kucing tentu juga membutuhkan biaya, selain itu pengetahuan cara merawat kucing dengan benar.

Ketika memiliki kucing peliharaan, hal pertama yang harus kamu pikirkan adalah biaya. Kamu jelas akan membutuhkan makanan kucing, dan ke depannya juga harus direncanakan biaya untuk ke dokter hewan.

Beberapa item yang juga termasuk penting sebagai pendukung cara merawat kucing dengan benar adalah penyediaan kotak kotoran, tempat makan dan tempat minum. Ini item yang sangat penting untuk kucing kesayanganmu.

Tak kalah penting selanjutnya adalah item-item penunjang yang digunakan oleh kucingmu, seperti cat toys, alat penggaruk kucing, tempat tidur khusus, serta kalung ID kucing jika hewan peliharaanmu ini pernah hilang.

Beberapa item di atas memang membutuhkan biaya yang cukup lumayan, sehingga ini adalah hal pertama yang perlu dipikirkan tentang cara merawat kucing dengan baik.

Untuk makanan kucing itu sendiri, sangat bergantung pada usia hewan kamu tersebut. Kucing yang berusia lebih tua, membutuhkan dua kali makan porsi kecil, atau satu kali porsi besar dalam sehari.

Untuk anak kucing, sangat butuh beberapa kali menyusui dalam sehari sampai usia mereka beranjak sekitar 12 minggu. Untuk kucing yang berusia antara 3 hingga 6 bulan, perlu untuk diberi makan tiga kali sehari.

Kamu bisa memberikan makanan kaleng kepada kucingmu, tetapi perlu diingat bahwa jika lebih dari setengah jam telah dibuka, maka lebih baik makanan tersebut dibuang.

Harga makanan kaleng untuk kucing memang terbilang tidak murah, dan mungkin dalam beberapa waktu kamu akan sering membuangnya. Kucing menyukai makanan kaleng, meskipun tidak terlalu memberikan manfaat bagi kesehatan gigi mereka, seperti makanan kering.

Sebagai alternatif cara merawat kucing dalam aspek makanan, kamu bisa memberikan pasokan makanan kering untuk hewan peliharaanmu tersebut. Selalu pastikan juga, bahwa ada cukup air untuk minum kucingmu.

Biaya untuk makanan kering memang tidak sebesar makanan kaleng, tetapi memiliki manfaat untuk mencegah penumpukan tartar pada gigi kucingmu.

Ketika kamu membeli makanan kering, yang perlu diperhatikan adalah aspek kesehatan dan manfaat bagi kucingmu. Banyak juga opsi makanan kering generik yang tersedia di pasaran. Memang lebih murah, tetapi kurang memberikan nutrisi yang dibutuhkan bagi hewan peliharaanmu tersebut.

Jika kamu memiliki anak kucing, perlu diperhatikan untuk memberikan makanan yang memang dikhususkan bagi anak kucing. Selain itu, bersihkan dan isi tempat minum air setiap hari.

Meskipun anak kucing dan kucing dewasa menyukai minuman susu sapi, sebaiknya hindari karena susu sapi dapat menyebabkan diare pada kucing kamu.

Perlakukan dengan baik kucing peliharaanmu dalam setiap kesempatan. Meskipun, ini berpotensi akan menyebabkan kucing kamu menjadi gemuk.

Memberikan makanan manusia pada kucing dalam beberapa kesempatan, boleh dilakukan. Tetapi, sebaiknya mencampurnya dengan makanan kucing juga.

Menggunting kuku dengan rutin, salah satu cara merawat kucing peliharaanmu dengan baik.
Menggunting kuku dengan rutin, salah satu cara merawat kucing peliharaanmu dengan baik.

Pada beberapa kesempatan, jangan lupa untuk menggunting kuku kucingmu, agar tidak terlalu tajam dan tidak berpotensi melukainya maupun orang.

Kucing peliharaan ketika ditinggal biasanya hidup bersih. Kamu lebih baik tidak memandikannya terlalu sering, cukup menyikat bulu-bulunya setidaknya sekali sehari.

Menyikat kucing peliharaanmu tersebut, akan mengurangi risiko penyakit pada kucing dan berpotensi menyebar pada manusia.

Jika meninggalkan kucing dalam ruangan, tempatkan kotak kotoran di area yang mudah diakses oleh kucing peliharaanmu. Buang kotoran itu setiap hari, dan bersihkan kotaknya seminggu sekali.

Kucing tidak menyukai kotak kotoran yang kurang bersih, ini juga menghindari kucingmu terkena penyakit dari bakteri kotoran.

Kucing memang sangat senang sekali aktif dalam melakukan banyak hal. Mereka akan menjadi sahabat terbaikmu dari waktu ke waktu.

Selalu pastikan, dalam perawatan kucing peliharaanmu tersebut, jaga agar tetap sehat dengan rutin membawanya ke dokter hewan jika ada sesuatu yang tidak beres padanya.

Dengan mengetahui cara merawat kucing peliharaanmu dengan baik, maka akan semakin membuat hubungan persahabatan antara kamu dan kucingmu lebih indah.

Loading...

Berlangganan Newsletter
Berlangganan Newsletter
Daftarkan email kamu disini untuk mendapatkan info terupdate dari Jatik.com langsung ke inbox email kamu!
Kamu bisa membatalkan newsletter ini kapan pun.