Jatik.com
to Inspire. be Social.

5 Tips Melatih Anjing dengan Mudah Bagi Pemula

0 273

Tertarik untuk memelihara anjing? Melatih anjing sebenarnya tidak terlalu sulit. Kamu cuma perlu dedikasi, kesabaran dan beberapa taktik sederhana untuk melatihnya. Ini 5 tips melatih anjing yang mudah dilakukan bagi pemula.

Melatih anjing, sebenarnya tidak jauh berbeda melatih hewan peliharaan lainnya. Diperlukan teknik tertentu melatihnya. Ada beberapa teknik yang bisa dilakukan. Untuk awal mula, kamu bisa mengikuti lima cara ini.

Lima tips melatih anjing agar berhasil dari hal yang paling sederhana:

1. Jangan buat anjingmu bingung

Untuk menghindari anjing milikmu semakin bingung saat dilatih dan mereka mudah belajar untuk mengenali perintah, maka sebaiknya hanya satu orang yang bertanggung jawab untuk melatih anjing tersebut.

Jika banyak orang yang melatih satu anjing pada saat bersamaan, maka justru akan menghambat anjing tersebut belajar.

2. Lakukan pelatihan yang positif

Maksudnya, jika anjing melakukan sesuatu yang baik, kamu harus bisa menghargai apa yang dia lakukan sehingga anjingmu mengetahui bahwa yang dilakukan itu benar.

Jika anjingmu tak bisa memahami atau mengikuti perintahmu, jangan pernah memaksanya. Anjing bukanlah makhluk secerdas manusia, dan mereka pasti membuat kesalahan. Yang perlu dipahami bahwa anjing tak akan mudah memahami perintahmu hanya dalam satu waktu pelatihan saja. Butuh pengulangan-pengulangan agar berhasil.

Jangan pernah memarahi anjing peliharaanmu karena hal tersebut akan mengembangkan rasa takut dalam dirinya sehingga menghambatnya untuk belajar.

3. Mengajarkan perintah satu-persatu

Tips melatih anjing selanjutnya yaitu mengajarkan perintah satu demi satu. Bersabarlah dalam melakukannya. Jika anjing peliharaanmu tak bisa menyerap perintah tersebut, tetaplah ulangi perintah tersebut sampai dia memahaminya.

Menambahkan perintah baru sebelum perintah yang satu dipahami, justru akan semakin membuatnya bingung. Mulailah perintah yang mendasar, seperti duduk, makan, tidur, dan lain sebagainya.

4. Melatihlah dengan rasa gembira

Untuk melatih anjing, sikap yang kita tunjukkan sangat berpengaruh pada anjing peliharaan kita tersebut. Jaga suara kita saat memberikan perintah dengan penuh gembira, sehingga anjing akan senang hati mengikuti perintahmu.

Anjing akan merespon terhadap suara yang rendah dan menyenangkan. Jika kamu memberikan perintah dengan suara keras, anjing akan kaget dan tidak merespon.

5. Latih anjingmu di berbagai tempat

Tips melatih anjing yang terakhir yaitu pilihlah tempat yang bervariasi dalam melakukan pelatihan anjingmu. Jika kamu hanya melatihnya di rumah saja, dia tak akan dapat menyesuaikan dengan orang-orang di lingkungan baru.

Bawalah anjing kamu ke tempat baru seperti taman. Ini akan membantu anjing milikmu bersosialisasi dengan anjing lainnya dan orang-orang baru.

Itulah kelima tips melatih anjing dengan sederhana. Memang, melatih anjing terkadang menyulitkan. Tetapi, hal tersebut tak akan sia-sia. Pada akhirnya, anjingmu tersebut akan bermanfaat jika sudah terlatih.

Bahkan, suatu hari mungkin saja dia akan menyelamatkan hidupmu dan membayar kembali jerih payah yang sudah kamu lakukan saat melatihnya. Selamat mencoba!

Oh ya, selain 5 tips di atas, mungkin kamu ingin mengetahui beberapa tips dari para ahli tentang melatih anjing ini.

Loading...
Berlangganan Newsletter
Berlangganan Newsletter
Daftarkan email kamu disini untuk mendapatkan info terupdate dari Jatik.com langsung ke inbox email kamu!
Kamu bisa membatalkan newsletter ini kapan pun.