Jatik.com
to Inspire. be Social.

Punya Anjing Peliharaan? Terapkan 7 Tips dari Para Ahli ini Saat Melatih Anjing Anda

1 134

Apakah Anda memiliki anak anjing atau anjing tua? Sangat masuk akal untuk berinvestasi sedikit waktu bagi pelatihan mereka.

Memiliki hewan peliharaan, tentu tidak hanya dibutuhkan sekedar perawatan sehari-hari, tetapi juga pelatihan.

Anjing memang salah satu hewan peliharaan yang butuh proses untuk melatihnya. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk melatih hewan kesayangan anda tersebut.

Pelatihan hewan peliharaan ini bisa dilakukan oleh para ahlinya. Anda tinggal menyewa jasa pelatihan, dan anjing kesayangan pun akan semakin terlatih.

Tetapi, akan lebih baik jika anda sebagai sahabatnya, yang melakukan pelatihan tersebut. Akan ada kedekatan emosional yang terjalin jika anda yang melakukannya.

Beberapa tips berikut ini sangat bermanfaat saat melatih anjing peliharaan anda:

1. Yang terpenting adalah penguatan secara positif

tips melatih anjing peliharaan 2

Meskipun ada banyak teori tentang bagaimana untuk melatih anjing, ahli pelatihan anjing setuju bahwa penguatan positif adalah yang terbaik.

Penguatan positif melibatkan beberapa hal sederhana, seperti pujian lisan “anjing pintar”, ataupun beberapa pujian fisik seperti tepukan di kepala dan imbalan makanan. Sangat tidak direkomendasikan untuk melibatkan teriakan, memukul atau menghukum mereka.

Penguatan positif berfungsi untuk membangun ikatan kepercayaan dengan hewan kesayangan tersebut dan termotivasi oleh imbalan terutama imbalan makanan.

2. Konsistensi sangat penting

Jika anda ingin melatih anjing beberapa keterampilan tertentu, lakukan hal tersebut secara berulang-ulang setiap hari.

Ini sangat membantu hewan peliharaan anda tersebut mengetahui apa yang diharapkan oleh anda. Sebagian besar anjing berkembang secara sistematis, dan akan belajar lebih cepat jika mereka mengetahui apa yang diharapkan.

Jika Anda melatih menggunakan imbalan makanan, cobalah untuk melatih hewan ini sebelum waktu makan jadi sedikit lapar membuat mereka akan semakin termotivasi.

3. Bersabarlah

Hewan ini cenderung untuk belajar secara “bergelombang”. Kadang-kadang mereka belajar beberapa hal dengan cepat dan di hari berikutnya sepertinya Anda harus memulai dari awal.

Bersabarlah. Mulailah setiap trik baru dengan langkah-langkah yang sangat kecil dan jelas tentang apa yang diharapkan. Bahkan, dengan trik terkecil seperti “duduk” bisa dilakukan dengan beberapa langkah kecil, sebelum langsung melatih duduk.

tips melatih anjing peliharaan 1

4. Gunakan isyarat tangan selain isyarat verbal

Beberapa anjing dapat lebih mudah memahami dan mengingat sinyal tangan daripada dilakukan dengan isyarat verbal. Gunakan isyarat tangan untuk setiap trik atau perilaku saat pelatihan.

5. Lakukan sedikit demi sedikit / bertahap

Hewan ini memiliki rentang fokus perhatian yang pendek. Mencoba untuk melatih mereka selama dua puluh atau tiga puluh menit tidak akan berguna.

Mereka akan merasa frustrasi dan kehilangan fokus. Sebaliknya, terapkan beberapa sesi pelatihan yang setiap sesinya tidak lebih dari lima menit.

Pada awalnya, Anda mungkin ingin melatih untuk hanya satu atau dua menit sampai anda mendapatkan perhatian dari hewan peliharaan tersebut.

Hewan ini bisa jadi tidak menyukai pelatihan. Menerapkan sesi pelatihan singkat akan membantu mereka belajar untuk menikmati proses.

6. Selalu akhiri dengan catatan positif

tips melatih anjing peliharaan 3

Belajar trik baru adalah kerja keras. Mengakhiri setiap sesi pelatihan, tidak peduli seberapa frustasi, dengan catatan positif. Selalu latih hewan peliharaan anda tersebut dengan diakhiri pujian dan imbalan.

7. Jaga anjing Anda agar tetap sehat

Akhirnya, salah satu tips pelatihan hewan peliharaan ini yang paling penting dari para ahli yang direkomendasikan adalah sediakan makanan berkualitas, berikan mereka banyak air segar dan pastikan mereka mendapatkan cukup tidur.

Seekor anjing yang sehat dan bahagia akan belajar perilaku yang diinginkan jauh lebih cepat.

Referensi: Anjingorg

Loading...

Berlangganan Newsletter
Berlangganan Newsletter
Daftarkan email kamu disini untuk mendapatkan info terupdate dari Jatik.com langsung ke inbox email kamu!
Kamu bisa membatalkan newsletter ini kapan pun.