Jatik.com
to Inspire. be Social.

5 Manfaat Buah Pepaya Untuk Kesehatan Anak

0 168

Siapa yang tak pernah mengkonsumsi buah pepaya. Salah satu buah yang dengan mudah dijumpai di berbagai tempat karena memang termasuk buah yang mudah tumbuh di iklim tropis. Tak hanya itu, buah pepaya juga memiliki khasiat yang bagus untuk kesehatan, khususnya bagi anak-anak. Berikut beberapa manfaat buah pepaya untuk kesehatan anak.

Warna orange daging buah pepaya memang memikat terlebih rasa buahnya yang manis. Tekstur daging buah yang lembut membuat buah yang satu ini dapat dikonsumsi oleh siapapun, termasuk anak kecil dan bayi sekalipun.

Apa saja sih manfaat buah pepaya untuk kesehatan anak-anak? Berikut daftarnya.

  • Membantu Meningkatkan Nafsu Makan

Ini salah satu manfaat buah pepaya untuk kesehatan anak yaitu membantu meningkatkan nafsu makannya. Anda bisa memberikan buah pepaya secara rutin kepada anak-anak minimal seminggu 3 kali.

Jika ingin lebih mendapatkan khasiatnya, bisa dengan membuat ramuan penambah nafsu makan, yaitu menggunakan bagian daun pepaya. Caranya pun cukup mudah.

Haluskan beberapa lembar daun pepaya dan tambahkan sedikit garam. Lalu, berikan kepada anak Anda yang sulit untuk makan. Maka, perlahan anak pun akan bertambah nafsu makannya.

  • Dapat Mengatasi Masalah Pencernaan

Khasiat buah pepaya selanjutnya adalah bermanfaat bagi kesehatan pencernaan anak-anak. Pastinya, buah yang satu ini dapat digunakan secara alami dalam mengatasi permasalahan pencernaan pada anak seperti susah buang air besar atau sembelit.

Berikan buah pepaya yang matang kepada anak kita sebanyak 3 kali dalam sehari, maka pencernaannya pun akan kembali lancar dan sehat.

  • Berkhasiat bagi Kesehatan Mata

Manfaat buah pepaya untuk kesehatan anak selanjutnya adalah untuk mata anak Anda. Dalam buah pepaya terkandung betakaroten atau vitamin A yang berfungsi untuk menjaga kesehatan mata buah hati kita.

Agar penglihatan anak-anak kita tidak terganggu, berikan buah pepaya secara rutin kepada mereka.

  • Sebagai Obat Diare

Tak hanya mampu untuk mengatasi masalah sembelit, ternyata buah yang satu ini juga berkhasiat sebagai obat diare. Jika anak-anak menderita diare, maka bisa langsung mengkonsumsi buahnya. Atau, membuat ramuan dari biji pepaya.

Cara membuatnya pun mudah, yaitu keringkan biji pepaya secukupnya kemudian ditumbuk sampai halus. Biji pepaya yang sudah halus diseduh menjadi minuman dan berikan kepada anak yang terkena diare. Insya Allah diare akan berhenti.

  • Pereda Flu

Jika si kecil terkena flu, sebaiknya tidak langsung memberikannya obat-obatan kimia. Ayah bunda bisa memanfaatkan buah pepaya sebagai obat pereda flu pada anak.

Caranya adalah dengan menggunakan ramuan dari daun pepaya muda yang sudah dihaluskan lalu diambil air perasannya. Tambahkan di air tersebut sedikit garam. Kemudian minumkan kepada anak untuk meredakan flunya.

Lima manfaat buah pepaya untuk kesehatan anak di atas bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Buah pepaya, mudah, murah, dan berkhasiat. Oh ya, selain buah pepaya, buah kurma juga memiliki manfaat yang bagus untuk kesehatan tubuh lho.

Referensi: www.disehat.com

Loading...
Berlangganan Newsletter
Berlangganan Newsletter
Daftarkan email kamu disini untuk mendapatkan info terupdate dari Jatik.com langsung ke inbox email kamu!
Kamu bisa membatalkan newsletter ini kapan pun.