Jatik.com
to Inspire. be Social.

Manfaat Buah Kurma untuk Kesehatan, Penasaran? Cek Disini!

0 56

Buah yang satu ini sangat identik dengan datangnya bulan puasa Ramadhan. Saat puasa Ramadhan tiba, buah kurma selalu jadi idola untuk berbuka. Apakah kamu tahu apa manfaat buah kurma untuk kesehatan tubuh kita?

Menjadi makanan berbuka favorit menjadikan kurma jadi incaran dan penjualannya pun meningkat tajam di bulan Ramadhan. Padahal, jika kita mengetahui manfaat buah kurma untuk kesehatan, kita akan menyediakan buah ini setiap saat. Tidak hanya menjelang bulan Ramadhan.

Disunnahkan oleh baginda Nabi Muhammad SAW, buah kurma mengandung banyak vitamin di dalamnya yang sangat berguna bagi tubuh. Memang cocok jika disandingkan untuk berbuka puasa. Karena manfaat puasa juga sangat banyak bagi kesehatan.

Setidaknya, berikut ini manfaat buah kurma untuk kesehatan tubuh kita yang paling utama:

1. Salah satu sumber vitamin C

Buah kurma dikenal sejak dahulu kala sebagai buah yang mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Kandungan vitamin C di dalam kurma tersebut, akan membantu tubuh kita meningkatkan antibodi tubuh.

Vitamin C sangat membantu untuk mengatasi beberapa penyakit seperti gangguan pencernaan, sariawan, kesehatan kulit, dan lain sebagainya.

2. Bermanfaat untuk kesehatan gigi dan tulang

Tak pelak, selain mengandung vitamin C, buah kurma juga terkandung beberapa zat seperti selenium, mineral, magnesium, dan mangan. Kandungan tersebut sangat berperan dalam menjaga kesehatan tulang manusia.

Kita akan terhindari dari risiko tulang yang keropos. Tidak hanya bermanfaat untuk tulang, kandungan tersebut juga akan membantu menjaga kesehatan gigi kita.

3. Sebagai obat untuk alergi

Buah kurma juga dipercaya sebagai salah satu obat untuk mengatasi alergi. Ini karena kandungan sulfur organik yang terdapat di dalam buah ini. Buat kamu yang seringkali mengalami alergi, sangat disarankan untuk mengkonsumsi buah kurma secara rutin.

4. Untuk mempercepat sembuhnya luka

Bukan luka hati karena tersakiti ya, hehe… Luka yang terjadi karena berbagai sebab, misalkan jatuh, operasi, dan lain sebagainya.

Peran mempercepat penyembuhan luka ini karena adanya kandungan vitamin K di dalam buah kurma.

Manfaat buah kurma untuk kesehatan tubuh manusia
Manfaat buah kurma untuk kesehatan tubuh manusia

5. Untuk menjaga kesehatan syaraf dan otak

Manfaat buah kurma untuk kesehatan lainnya yaitu menjaga kesehatan otak dan syaraf manusia. Ini karena kandungan mineral dan vitamin di dalamnya.

Kandungan tersebut dipercaya membantu untuk meningkatkan konsentrasi otak, sehingga otak menjadi lebih sehat. Selain itu, juga bermanfaat untuk syaraf.

6. Mencegah risiko terkena stroke

Ini salah satu manfaat buah kurma untuk kesehatan yang tak kalah pentingnya, yaitu membantu mencegah risiko terkena penyakit stroke.

Hal ini karena peran aktif dari senyawa yang terkandung di dalam kurma yang membantu untuk menyingkirkan berbagai kolesterol jahat di dalam tubuh kita.

Jika kolesterol jahat sudah terbuang, maka risiko terkena penyakit stroke akan menurun.

Mengkonsumsi buah yang satu ini memang sangat banyak manfaatnya, setidaknya keenam manfaat buah kurma untuk kesehatan di atas.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal memang disarankan untuk dikonsumsi secara rutin, tidak hanya saat bulan Ramadhan.

Akan jauh lebih baik jika dikombinasikan dengan puasa senin kamis yang juga banyak manfaatnya bagi kesehatan tubuh kita.

Loading...
Berlangganan Newsletter
Berlangganan Newsletter
Daftarkan email kamu disini untuk mendapatkan info terupdate dari Jatik.com langsung ke inbox email kamu!
Kamu bisa membatalkan newsletter ini kapan pun.