Cara Membuat Roti Maryam Lezat, Pengen Coba?

0 194

Salah satu favorit kulinermu roti maryam? Penasaran bagaimana cara membuat roti maryam lezat? Kalau pengen banget mau bikin roti maryam, cek disini ya!

Roti maryam bisa jadi alternatif buat cemilan kamu dengan parutan keju, susu, coklat, selai atau apapun selera kamu bisa dicoba.

Roti ini cocok buat disajikan di tengah-tengah kebersamaan keluarga, dalam kondisi cuaca dingin dengan pendamping minuman hangat.

Buat kamu yang sudah penasaran tentang bagaimana cara membuat roti maryam original dengan rasa lezat, yuk simak disini.

Pertama-tama, kamu siapkan bahan-bahan apa saja yang dibutuhkan untuk membuat roti ini, antara lain:

  • Tepung terigu, 200 gram
  • Kuning telur, 2 butir
  • Margarin, 30 gram
  • Garam, ¼ sendok teh
  • Air hangat, 80 ml

Setelah kamu menyiapkan bahan-bahan untuk resep roti maryam, kamu sudah bisa mulai untuk mengolahnya. Berikut cara membuat roti maryam step by step:

Langkah pertama, siapkan wadah. Kemudian, campurkan bahan-bahan di atas menjadi satu, dan uleni adonan tersebut sampai kalis.

Selanjutnya, adonan yang sudah kalis dibagi menjadi 5 bagian. Tiap bagian dibentuk bulat-bulat, dan olesi dengan margarin.

Setelah dibentuk bulat, adonan tersebut ditutup dengan plastik dan didiamkan selama kurang lebih 60 menit.

Adonan yang sudah didiamkan, saatnya dipipihkan dengan menggunakan jari. Caranya yaitu dengan ditarik secara perlahan di tempat datar. Kemudian, bagian atas adonan diolesi dengan margarin cair hingga merata.

Selanjutnya, pertama gulung adonan tersebut memanjang, lalu gulung secara melingkar seperti konde. Kemudian, adonan ditipiskan lagi. Untuk lebih jelasnya, lihat gambar di bawah ini.

Cara membuat roti maryam lezat dan nikmat
Cara membuat roti maryam lezat dan nikmat

Begitu adonan sudah berbentuk seperti no. 4 di atas, segera panaskan teflon untuk memanggang.

Adonan roti maryam dipanggan dengan menggunakan api kecil. Sambil terus dibalik-balik agar tidak gosong.

Tunggu hingga berwarna kecoklatan kering, lalu angkat. Roti maryam kini telah siap untuk dihidangkan. Kamu pun bisa menambahkan topping sesuai selera yang diinginkan.

Mudah bukan cara membuat roti maryam di atas?

Kalau kamu masih kesulitan dengan tutorial di atas, video cara membuat roti maryam di bawah ini semoga membantu dirimu ya.

Referensi Tambahan:

www.rotimaryam.com

Loading...