Ah,, Jenuh Bener ma Kerjaan Sekarang, Pengen Resign aja atau Buka Bisnis ya

0 315

“Ah,,gue jenuh nih kerja di perusahaan sekarang, gaji ga pernah naek, bos marah-marah mulu, kesejahteraan karyawan dicuekin, kerjaan nambah terus, mending resign aja ahh, daripada makan ati mulu..”

Banyak sekali curhatan yang muncul seperti kondisi di atas, mungkin kamu termasuk salah satunya. Ada banyak alasan, kenapa kamu ingin sekali cepat resign dari pekerjaanmu saat ini daripada terus-terusan makan hati. Dan kamu berpikir mulai untuk berwirausaha saja dan mundur dari pekerjaanmu yang sekarang. Mungkin, tulisan ini bisa jadi pertimbangan kamu harus resign segera atau tidak.

Kamu pertama kali berwirausaha? Ini pertimbangan pertama yang harus dipikirkan

Entrepreneur

Sumber Gambar: http://americanenglishuniversity.com/how-to-pronounce-entrepreneur/

Jangan resign kalau kamu belum pernah berwirausaha sebelumnya, sebaiknya Anda tetap ngantor dan mulai mencoba bisnis apapun yang kamu sukai, kalo untung ya syukur, kalau rugi ya tetap disyukuri sebagai sebuah pengalaman mulai berbisnis. Yang penting pondasi mental bisnis Anda terbentuk dan ” jadi ” dulu sehingga tidak lembek atau gampang nyerah.

Coba bisnis kecil-kecilan dulu, jangan langsung gede

usaha

Sumber Gambar: https://atintun.wordpress.com/2011/02/21/susahnya-jadi-wirausaha/

Coba bisnis skala kecil dulu, modal awal maksimal 5-10 juta, JANGAN LEBIH. Bisnis kecil ini sebagai sarana untuk belajar, bisa gak kamu mengelola bisnis kecil, tapi bisa untung besar. Modal awalnya bisa dari pinjam koperasi, patungan dengan teman kantor ataupun modal sendiri.

Ketemu bisnis yang cocok, seriuslah, ketika sudah berkembang, baru pikirkan resign

ide_bisnis

Sesudah ketemu bisnis yang sesuai passionmu, harus kamu kelola dengan baik, kalau profitnya sudah bisa mencapai 3-5x take home pay, silahkan kalau kamu mau resign, kalau profit dari bisnisnya masih kecil.. adem ayem dulu kerja di kantor.

Coba apply kartu kredit sebelum resign

Sumber Gambar: http://jakartakita.com/2013/02/19/plus-minus-kartu-kredit/

Selama masih ngantor, apply lah kartu kredit. Kalo kamu memiliki kartu kredit nanti bisa digunakan untuk modal usaha. Kartu kredit bisa digunakan untuk mengembangkan usaha. Kartu kredit yang semula kartu konsumtif menjadi kartu produktif. Kalau kamu masih sebagai karyawan kantoran, bank lebih mudah menerima aplikasi pengajuan kartu kreditmu.

Urus terlebih dahulu dokumen-dokumen penting dalam membuka usaha

dokumen

Sumber Gambar: https://agungyoga.wordpress.com/2010/11/18/ribetnya-pengurusan-perijinan/

Sambil menyelam minum air. Di saat masih kerja, luangkan waktu untuk mengurus beberapa kelengkapan dokumen bisnis. Lengkapi bisnis kecil Anda dengan surat izin resmi atau legalitas seperti:
– SIUP ( Surat Izin Usaha Perdagangan )
– TDP ( Tanda Daftar Perusahaan )
– SKDU ( Surat Keterangan Domisili Usaha )
– NPWP ( biasanya pegawai kantoran pasti punya NPWP )

Mulai untuk membuat rekeningmu Bankable

rekening_bank

Sumber Gambar: https://ahmadmuhaiminalfarisy.wordpress.com/2014/06/11/ketika-harus-berurusan-dengan-bank-mandiri-muamalat/

Omzet harian dari bisnis kecilmu, wajib langsung di setor ke rekening bank, nah caranya bisa dilakukan dengan mengumpulkan omzet selama beberapa hari baru di masukkan ke rekening, WALAUPUN langsung ditarik lagi untuk belanja usaha. Trik ini untuk membuat rekeningmu Bankable ( atau gampangannya nasabah yang rajin menggunakan produk perbankan untuk kegiatan keuangan Anda dan berpeluang layak diberikan pinjaman modal usaha)

Belajar step by step tentang Internet marketing

Internet Marketing

Sumber Gambar: http://www.grassrootsbio.com/internet-marketing-services-in-toronto/

Wajib belajar internet marketing. Pelajari satu demi satu. Jangan langsung. Kuasai satu bidang saja dalam kurun waktu tiap 6 bulan, misal : 6 bulan pertama wajib mahir Facebook marketing, 6 bulan kedua mahir twitter marketing, kemudian jago nge-blog, jago intagram, dll. Internet wajib kamu gunakan untuk kegiatan promosi usaha.

Jangan lupa gabung di group atau fanspage bisnis online maupun offline

business-partner

Sumber Gambar: https://wirausahaindo.wordpress.com/2014/03/09/tips-memilih-partner-bisnis-yang-tepat/

Bergabung di komunitas atau grup bisnis membantu meluaskan relasi bisnismu. Bergaul dengan pebisnis yang pernah gagal namun mampu bangkit lagi dan membesarkan usahanya. Ini akan menjadi solusi ketika bisnismu suatu saat nanti mengalami penurunan omzet, kamu bisa meminta waktu untuk sharing dengan pelaku-pelaku bisnis yang sudah memiliki banyak solusi.

Perbanyak ilmu tentang bisnis

ilmu_bisnis

Sumber Gambar: http://www.teropongbisnis.com/teropong-usaha/7-inspirasi-usaha-untuk-pengusaha-belia/

Rutin baca buku, koran bisnis, ikut seminar bisnis. Nah cara ini berguna untuk menambah pengetahuan dan wawasan kamu yang bermanfaat untuk mengembangkan bisnis.

Nah.. siapkan dahulu semuanya dengan baik. Jika sudah, silahkan kalau mau memutuskan resign dari pekerjaanmu yang sekarang. Satu pemasukan dari gaji kantor itu bagus, tetapi kalau ada income tambahan dari kegiatan diluar kerjaan kantor itu lebih bagus lagi untuk kondisi finansialmu, apalagi bagi yang sudah berkeluarga.

Sebagian pegawai kantoran takut untuk memulai berbisnis. Bisnis itu tidak perlu ditakuti, karena yang namanya GAGAL BISNIS itu pasti nanti akan dialami, jadi ngak usah ditakuti, nah mending mempersiapkan diri untuk membangun solusi supaya terhindar dari ke GAGALAN bisnis.

Loading...