Jatik.com
to Inspire. be Social.

Tips Memasak Nasi Agar Pulen dan Wangi, Yuk Dicoba!

0 194

Tentu setiap hari, kita umumnya mengkonsumsi yang namanya nasi. Terkadang, ketika memasak nasi, ada saja minusnya, nasi lembek, berbau, dan lain sebagainya. Ini tips memasak nasi biar pulen dan wangi.

Kalau nasi yang kita makan pulen dan wangi, tentu kita gak akan merasa bosan memakan nasi. Tapi, kalau nasinya dimasak dengan cara yang kurang tepat, makan secuil pun terkadang kita mual.

Nah, kamu bisa mengikuti beberapa tips memasak nasi biar pulen dan wangi berikut ini. Simak yuk!

Kalau ingin nasi menjadi lebih pulen dan kenyal, salah satu tipsnya adalah saat memasak nasi tambahkan garam sedikit dan juga minyak masak.

Dengan menambahkan kedua bahan tersebut, niscaya nasi akan jauh lebih kenyal dan pulen.

Selanjutnya, kalau kamu ingin nasi berbau lebih wangi, kamu bisa menambahkan sedikit cuka di dalam air campuran nasi tersebut. Dijamin nasi yang kamu masak akan jauh lebih wangi dari sebelumnya.

Bagaimana kalau sisa nasi yang sudah masak cukup lama ingin terlihat seperti nasi baru dimasak? Mudah saja…

Kamu bisa menanak / mengukus nasi itu sekali lagi, dan jangan lupa untuk menaburkan sedikit garam. Tips memasak nasi dengan cara ini, akan membuat nasi lama menjadi baru.

Tips memasak nasi agar pulen dan wangi
Tips memasak nasi agar pulen dan wangi

Tips memasak nasi lainnya yang kamu bisa coba saat mengolahnya, antara lain:

  • Saat mencuci beras, sebaiknya tidak lebih dari 3 kali cuci. Hal ini dilakukan karena jika mencuci lebih dari 3 kali, serat di dalam beras akan perlahan hilang, sehingga wangi beras jadi berkurang. So, jangan pernah mencuci lebih dari 3 kali ya.
  • Disarankan sebelum memasak nasi, beras direndam terlebih dahulu dengan air dingin selama kurang lebih 1 jam. Cara ini dilakukan agar beras dapat menyerap air saat direndam, dan setelah dimasak nasi terlihat penuh.
  • Sebagai perbandingan antara beras dan air, saat ingin memasak adalah 1:12. Bisa juga menggunakan jari telunjuk kamu sebagai indikator perbandingannya. Jika menggunakan telunjuk, usahakan air sampai kubu pertama dari jari telunjuk. Itu pun sudah cukup.
  • Jika di rumah kamu ada beras yang sudah lama disimpan, dan agak berbau apek. Jangan khawatir! Kamu bisa membuatnya lebih wangi jika dikukus, sama seperti beras baru jika menggunakan trik yang sudah dijelaskan di atas, yaitu menambahkan garam sedikit.
  • Untuk lebih wangi lagi, kamu juga bisa menambahkan satu daun pandan di dalam kukusan nasi.

So, itulah beberapa tips memasak nasi agar lebih pulen dan wangi. Langsung mencobanya ya. Hidangan nasi yang lezat pun siap untuk disantap.

Referensi: dapuronlinequ

Loading...
Berlangganan Newsletter
Berlangganan Newsletter
Daftarkan email kamu disini untuk mendapatkan info terupdate dari Jatik.com langsung ke inbox email kamu!
Kamu bisa membatalkan newsletter ini kapan pun.