Jatik.com
to Inspire. be Social.

Kebiasaan Unik Ramadhan yang Hanya Ada di Negara Tercinta, Indonesia!

0 110

Bulan suci ramadhan sudah tiba nih guys, jangan malas-malasan saat berpuasa ya. Ngomongin tentang ramadhan, Indonesia termasuk negara yang penduduknya mayoritas Islam. Selain punya berbagai macam budaya dan adat, Indonesia juga punya berbagai macam kebiasaan unik saat ramadhan tiba, kebiasaan yang suka bikin kangen saat ramadhan usai yang bikin semangat kalo ramadhan akan segera tiba. Apa aja sih kebiasaan orang Indonesia saat ramadhan? Simak yuk..

#1 Ngabuburit

ngabuburit_ramadhan

Ilustrasi Gambar oleh nrmnews.com

Ngabuburit berasal dari singkatan bahasa sunda yaitu ngalantung ngadagoan burit atau yang berarti bersantai-santai sambil menunggu waktu sore. Ngabuburit sudah menjadi tradisi saat ramadhan bagi sebagian besar masyarakat indonesia. Tujuan dari ngabuburit sendiri mungkin adalah kegiatan yang dilakukan untuk melupakan rasa lapar sejenak sambil menunggu waktu buka puasa ya guys. Ngabuburit biasanya di isi dengan kegiatan-kegiatan santai seperti jalan-jalan, nongkrong bareng teman, tadarus bersama bahkan tidak sedikit yang memanfaatkan waktu ngabuburit untuk membeli makanan untuk menu berbuka puasa nanti.

#2 Membangunkan sahur

kebiasaan_membangunkan_sahur

Ilustrasi Gambar: beritadaerah.co.id

Membangunkan sahur juga salah satu hal yang pasti dilakukan oleh masyarakat Indonesia, tujuannya positif ya guys, supaya ga ada yang kesiangan untuk bangun saur tuh. Membangunkan sahur biasanya dilakukan oleh sekelompok masyarakat yang berkeliling sambil menabuh-nabuh bedug, atau lewat mushola atau masjid.

#3 Jamaah tarawih full di awal dan di akhir ramadhan

sholat_tarawih

Ilustrasi sholat tarawih dalam qwertyzonews.blogspot.com

Kebiasaan unik yang selanjutnya adalah shalat berjamaah di masjid atau mushola. Hmmm… sholatnya sih biasa ya guys. Tapi uniknya tempat ibadah untuk tarawih biasanya akan sangat penuh di saat awal-awal bulan ramadhan, menjelang pertengahan mulai sepi dan berkurang jama’ahnya. Dan saat akhir ramadhan jama’ah akan ramai kembali memenuhi masjid. Hmmm… aneh sekali ya guys. Hayoo kalian termasuk ga? Ramaikan terus masjid dengan terus datang shalat dan membaca qur’an di masjid dekat rumah kalian ya guys. Supaya ramahdan kalian lebih bermakna.

#4 Reunian merangkap bukber

bukber_ramadhan

Ilustrasi bukber dalam rrcofficial.blogspot.com

Bulan ramadhan sering dijadikan momen untuk berkumpul sekaligus reuni dengan teman-teman lama. Acaranya biasanya adalah berbuka puasa bersama. Jadi, siap-siap kebanjiran undangan buka puasa bersama dari kawan-kawan lama kamu ya guys. Pasti seru…

#5 Iklan sirup

iklan_sirup

Ilustrasi iklan sirup dalam bisnisukm.com

Yang ini semuanya juga pasti sudah tau, kalau bulan puasa itu biasanya banyak iklan sirup bertebaran dimana-mana. Duh, kuat iman ya guys.hiihihi… eits, tapi jangan terlalu sering minum sirup ya guys, tidak sehat. Berbukalah dengan yang manis, itu selogannya… tapi guys, rasul menganjurkan berbuka puasa dengan kurma, jika tidak ada maka minumlah air putih. Karena kurma mengandung manis alami yang bagus untuk tubuh tuh guys. Kalau kalian sangat “nafsu” berbuka dengan sirup terus-terusan ga sehat juga loh untuk tubuh. Bisa-bisa penyakit diabetes menghampiri. Aduuuhh… jangan sampe ya guys.

#6 Kolak

kolak-pisang-sederhana

Ilustrasi kolak pisang dalam resepmasakann.info

Bulan puasa identik dengan kolak. Menu yang pasti dibuat saat bulan puasa. Sampe-sampe setiap liat kolak saat bukan bulan ramadhan pasti kalian akan teringat suasana bulan ramadhan. Bisa dibilang dimana ada kolak disitulah bulan ramadhan tiba. Begitu mungkin kata orang indonesia..hihihi.

#7 Petasan / kembang api

petasan_ramadhan

Ilustrasi Gambar Petasan dalam beritadaerah.co.id

Petasan atau kembang api pasti ada saat bulan puasa, apa lagi setelah pulang tarawih pasti akan banyak bunyi berisik petasan atau kembang api dan anak-anak yang berlarian. Rame banget, bahaya sih, tapi ini emang salah satu nuansa yang sangat bikin kangen saat ramadhan ya guys.

#8 Beli baju baru

ramadhan_sale

Ramadhan sale dalam jalanberkarisma.wordpress.com

Bulan puasa pasti banyak diskon, banyak juga ibu-ibu ngeborong. Hihihi… bulan puasa biasanya banyak yang berbelanja baju-baju baru, untuk idul fitri katanya. Hmmm… ga salah sih. Tapi tradisi yang satu ini kadang malah jadi hal yang diwajibkan untu sebagian masyarakat bahkan ada yang sampe terlalu memaksakan untuk membeli baju baru. Padahal guys, ga harus ko pake baju baru, yang penting bagus dan sopan. Ini hanya kebiasaan sebagian masyarakat kita, lebih baik ajarkan aka-anak kita membeli baju baru untuk di hadiahkan ke anak-anak pantiasuhan atau orang-orang yang lebih membutuhkannya. Toh, beli baju baru kan ga harus ketika ramadhan aja, kita bisa beli kapanpun kita butuh ya guys.

#9 Penjual ta’jil dadakan di pinggir jalan

lapak_ramadhan

Ilustrasi gambar dalam jalanberkarisma.wordpress.com

Nah, yang satu ini pasti kamu sering temui kalo kamu lagi ngabuburit sore-sore menjelang berbuka. Pasti banyak tuh orang yang buka lapak menjual berbagai menu ta’jil buat buka puasa di pinggir jalan. Ada yang cukup buka lapak pake meja, gelar tiker, ato di mobil. Rata-rata sih yang buka lapak ibu-ibu rumah tangga, mahasiswa/i, ato anak remaja masjid. Lumayan kan nambah penghasilan di bulan Ramadhan.

#10 Bazar Ramadhan

bazar_ramadhan

Ilustrasi bazar ramadhan dalam masjidalhudajobohan.wordpress.com

Kalo yang satu ini biasanya dibuat oleh institusi tertentu saat Ramadhan. Biasanya menjual sembako untuk keperluan Ramadhan. Barang-barang di bazar ramadhan biasanya lebih murah dibandingkan dengan harga pasar umumnya karena yang dicari bukan keuntungan, melainkan berkah berbagi.

Itu dia kebiasaan-kebiasaan unik yang sering dilakukan sebagian besar masyarakat di Indonesia. Sebagian dari kita pasti pernah melakukan salah satu point diatas ya.. ramadhan memang bulan yang penuh berkah untuk siapapun dan momennya tidak akan dirasakan di bulan-bulan lain. Oleh karena itu, yuk isi bulan penuh berkah ini dengan kebaikan…

Loading...

Berlangganan Newsletter
Berlangganan Newsletter
Daftarkan email kamu disini untuk mendapatkan info terupdate dari Jatik.com langsung ke inbox email kamu!
Kamu bisa membatalkan newsletter ini kapan pun.