Jatik.com
to Inspire. be Social.

10 Cara Mendidik Anak agar Patuh Kepada Orangtua

0 137

Bagi orangtua, memiliki anak yang patuh tentu menjadi harapan besar. Bagaimana cara mendidik anak agar patuh kepada orangtua? Berikut beberapa tips yang bisa ayah bunda lakukan.

Banyak orangtua yang kebingungan tatkala mendidik anak-anaknya agar menjadi anak yang berbakti dan patuh. Mungkin, ada banyak cara yang sudah dilakukan agar anak-anak menghormati orangtua.

Tetapi, terkadang banyak orangtua yang masih belum berhasil dalam mendidik anak untuk menjadi lebih baik.

Ayah bunda bisa mencoba menerapkan 10 cara mendidik anak agar patuh kepada orangtua berikut ini.

1. Hargai dan hormati anak seperti Anda menghormati orang dewasa

Salah satu cara yang bisa ayah bunda lakukan adalah dari sikap kita sendiri sebagai orangtua. Jika kita ingin anak-anak kita patuh, maka akan jauh lebih baik jika kita bisa juga menghargai dan menghormati anak-anak kita.

Dalam beberapa hal, kita bisa bersikap layaknya menghargai orang-orang seusia ayah bunda. Ketidakpatuhan anak kita mungkin sebagai bentuk “protes” karena kita sebagai orangtua tidak pernah menghargai mereka. Cobalah untuk mulai menghargai mereka.

2. Berikan contoh teladan yang baik dan perlakukan anak-anak seperti Anda ingin diperlakukan

Cara mendidik anak agar patuh selanjutnya adalah kembali dari diri kita sebagai orangtua. Yaitu dengan memberikan contoh suri teladan yang baik.

Anak-anak akan jauh lebih mudah mempraktekkan perbuatan yang mereka lihat langsung, daripada harus mempraktekkan sekedar dari kata-kata nasihat.

Jika Anda memberikan contoh yang buruk, tentu anak-anak akan mengikuti apa yang orangtua contohkan. Jika selalu diberikan teladan yang baik, perlahan mereka akan juga menjadi anak-anak yang baik dan patuh.

3. Bersikap tegas dengan apa yang Anda ucapkan dan berikan alasan logis

Membuat anak-anak kita menjadi patuh terkadang memang dibutuhkan sikap yang tegas. Ingat, tegas tidak sama dengan keras. Bersikap tegas pada anak, belum tentu harus dengan sikap keras. Anda bisa bersikap tegas dengan kelembutan.

Sikap tegas memang diperlukan terlebih ketika Anda hendak menerapkan aturan kepada anak-anak. Dan jangan lupa, berikan juga alasan logisnya mengapa mereka harus mematuhi aturan tegas tersebut. Apa manfaatnya untuk mereka.

4. Terus terang kepada anak, berikan penjelasan tentang suatu perkara

Kepatuhan bisa juga terjadi jika Anda dan anak-anak terjadi saling komunikasi dan keterbukaan satu dengan lainnya.

Anda bisa berterus terang tentang beberapa perkara yang memang layak untuk diceritakan kepada anak-anak.

5. Jadilah orangtua yang konsisten baik dalam kata-kata, sikap dan akhlak

Bagaimana Anda meminta anak-anak untuk patuh dan menghormati orangtua, jika mereka melihat perbuatan yang tidak baik dan tidak konsisten dari orangtuanya?

Bersikap konsisten dalam setiap kata-kata yang telah Anda ucapkan. Misalkan, Anda telah berjanji kepada anak-anak untuk mengajak jalan-jalan, maka penuhilah janji tersebut. Jangan sepelekan. Anak-anak akan mudah patuh kepada orangtua yang selalu seiya sekata baik dalam perbuatan dan ucapan.

6. Berikan pujian terhadap sikap baik yang anak-anak lakukan

Cara mendidik anak agar patuh selanjutnya adalah dengan memberikan pujian terhadap segala sikap baik yang telah dilakukan anak-anak kita.

Anak-anak sangat menyenangi pujian yang mereka dapatkan. Dan tentu, pujian ini akan membuat mereka akan selalu berusaha berbuat baik kepada siapapun.

10 cara mendidik anak agar patuh kepada orangtua
10 cara mendidik anak agar patuh kepada orangtua

Tetapi, perlu diingat. Berikan pujian sewajarnya saja, jangan terlalu berlebihan. Karena anak-anak akan merasakan mana pujian yang tulus dan mana yang tidak.

7. Jangan sekalipun berdusta dan membohongi anak-anak

Sikap yang satu ini buang jauh-jauh. Jangan pernah dusta atau membohongi anak-anak Anda. Jika Anda ingin mereka menghormati dan patuh, maka janganlah jadi pendusta dan pembohong.

Mereka akan sangat berat menghormati dan patuh kepada orang-orang yang suka berbohong.

8. Tidak ego meminta maaf kepada anak-anak

Terkadang, banyak orangtua yang masih mengedepankan sikap egois untuk tidak meminta maaf kepada anaknya, walaupun sangat jelas orangtua yang salah.

Sikap egois ini merupakan penghalang bagi anak-anak Anda untuk menghormati dan patuh kepada Anda sebagai orangtuanya.

9. Jangan malu untuk mengucapkan sayang kepada anak

Cara mendidik anak agar patuh berikutnya adalah dengan membiasakan diri kita sebagai orangtua mengucapkan sayang kepada anak-anak. Kita tak perlu sungkan untuk melakukan hal tersebut.

Ungkapan kasih sayang ini akan semakin mendekatkan orangtua dan anak-anaknya. Jika mereka sudah merasa sangat dekat dengan orangtuanya, maka tak perlu repot-repot untuk membiasakan mereka menghormati orangtuanya.

10. Hormati hak anak, anak akan menjadi terbiasa menghormati hak orang lain

Cara mendidik anak agar patuh untuk poin yang terakhir adalah dengan menghormati hak-hak anak. Selain menuntut kewajiban kepada anak-anak kita, misalkan bersikap patuh. Maka, alangkah baiknya juga menunaikan hak-hak mereka.

Keseimbangan ini sangat penting dalam mendidik anak-anak kita. Sehingga kita sebagai orangtua juga tidak berlaku dzolim kepada anak-anak.

Itulah kesepuluh cara mendidik anak agar patuh. Ayah bunda punya tips lainnya? Berbagi yuk disini!

Referensi Tambahan:

www.bidanku.com

Loading...

Berlangganan Newsletter
Berlangganan Newsletter
Daftarkan email kamu disini untuk mendapatkan info terupdate dari Jatik.com langsung ke inbox email kamu!
Kamu bisa membatalkan newsletter ini kapan pun.