Jatik.com
to Inspire. be Social.

10 Cara Mengembalikan Kepercayaan Diri Anak

0 23

Kepercayaan diri anak akan berkembang melalui setiap aktivitas, baik saat bermain, belajar, dll. Orang-orang di sekitar mereka, khususnya orangtua, harus terus mendukung upaya untuk mengembangkan kepercayaan dirinya. Tak jarang, anak merasa tidak percaya diri karena banyak hal penyebabnya. Untuk itu, diperlukan cara mengembalikan kepercayaan diri anak agar tidak berdampak pada psikologisnya.

Upaya-upaya tersebut dapat dilakukan dengan dukungan dari semua pihak, orangtua, guru, teman, saudara, dan siapa pun yang terdekat dengan mereka.

Berikut 10 cara mengembalikan kepercayaan diri anak yang bisa dilakukan oleh siapapun yang peduli dengan tumbuh kembangnya.

#1 Menghargai usaha anak

Ini salah satu strategi yang bisa dilakukan oleh orangtua untuk menumbuhkembangkan kembali kepercayaan diri anak-anak. Hargai setiap proses dan hasil usaha dari mereka, apapun itu. Jika anak-anak menunjukkan hasil nilai yang baik, berikan penghargaan pada mereka.

Sebaliknya, jika hasilnya kurang memuaskan jangan menjatuhkan mental mereka. Tetap kuatkan mereka dan hargai upaya yang telah dilakukan.

#2 Mendorong anak untuk terus berlatih dalam membangun kompetisi

Jika anak merasa minder karena sesuatu hal, misalkan kalah dari temannya yang jago bermain alat musik, maka dorong mereka untuk terus berlatih agar kepercayaan dirinya kembali tumbuh. Selalu dampingi mereka saat berproses mengasah kemampuan dirinya.

Upayakan dalam setiap latihannya dibentuk dalam suasana kompetisi. Ini menjadikan anak lebih semangat untuk meningkatkan kemampuan dan kepercayaan dirinya.

#3 Biarkan mereka belajar memecahkan masalahnya sendiri

Setiap anak tentunya akan menghadapi masalahnya masing-masing, entah itu di lingkungan rumah, sekolah, tempat bermain. Jika masalah yang hadir dirasakan tidak terlalu berat, percayakan kepada anak-anak Anda untuk mengatasi masalahnya sendiri.

Dengan mereka belajar menghadapi masalahnya dan mencari solusi, secara perlahan mereka akan memiliki rasa percaya diri dan mampu untuk mengatasi setiap tantangan. Jika orangtua selalu membantu memecahkan masalah anak-anaknya, akan timbul rasa kurang percaya diri pada diri anak.

#4 Membiarkan anak bertingkah laku sesuai usianya

Cara mengembalikan kepercayaan diri anak yang berikutnya adalah jangan terlalu membatasi tingkah laku anak-anak yang memang sesuai dengan usianya. Batasan tetap ada, tetapi bukan ketat untuk membatasi. Biarkan mereka berkreativitas sesuai dengan usianya.

Kreativitas dapat tumbuh seiring dengan kepercayaan diri anak-anak yang juga tumbuh.

#5 Menggali rasa ingin tahu anak

Rasa ingin tahu anak-anak Anda terhadap hal baru sangat tinggi. Kelola rasa ingin tahu mereka dengan baik. Terus gali keingintahuan mereka akan sesuatu untuk mengembalikan rasa percaya dirinya. Hal ini akan berpengaruh positif terhadap perkembangan pengetahuan anak-anak Anda.

#6 Menghindari mencari jalan pintas

Anak-anak yang terbiasa mencari jalan pintas untuk mendapatkan / meraih sesuatu, jika hasilnya tidak memuaskan mereka tentu mereka akan merasa minder. Arahkan mereka untuk menghargai setiap proses dalam meraih sesuatu sehingga jika hasilnya benar-benar diraih, mereka akan puas dan membuat semakin percaya diri.

#7 Hindarkan sikap menjelek-jelekkan hasil karya anak

Apapun hasil karya anak-anak Anda, jangan pernah untuk menjelekkannya karena hal tersebut akan membuat anak patah semangat. Selalu hargai karya mereka sehingga akan semakin percaya diri untuk membuat karya yang lebih baik.

#8 Jadikan kesalahan sebagai batu pijakan anak untuk belajar

Setiap anak tentu tak akan pernah terlepas dari kesalahan dan itu hal yang wajar. Menjadi tidak wajar apabila orangtua menggunakan kesalahan tersebut untuk menyudutkan anak-anaknya. Biarkan kesalahan yang telah dilakukan anak-anak menjadi bahan koreksi diri agar tidak diulangi lagi di kemudian hari.

#9 Memberikan pengalaman dan tantangan baru

Anak-anak kita senang dengan adanya tantangan dan pengalaman baru. Mereka senang untuk memecahkan sesuatu hal yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Berikan selalu anak-anak Anda tantangan-tantangan baru secara rutin agar rasa percaya diri mereka terus terasah dengan baik.

#10 Memberikan dorongan semangat saat anak kesulitan

Jika anak-anak sedang mengalami kesulitan, bersamai mereka dan berikan dorongan semangat agar mereka dapat mengatasi setiap kesulitannya. Akan tetapi, ingat untuk tidak selalu memberikan bantuan dalam mengatasi kesulitan tersebut.

Itulah beberapa cara mengembalikan kepercayaan diri anak yang dapat dilakukan oleh siapa pun, terutama oleh orangtua. Memberikan pendidikan yang baik bagi anak-anak Anda juga dapat membantu tumbuh kembang mereka lebih baik.

Referensi: ayahbunda.co.id

Loading...

Berlangganan Newsletter
Berlangganan Newsletter
Daftarkan email kamu disini untuk mendapatkan info terupdate dari Jatik.com langsung ke inbox email kamu!
Kamu bisa membatalkan newsletter ini kapan pun.