Jatik.com
to Inspire. be Social.

9 Cara Membuat Anak Pintar dan Cerdas dengan Langkah Sederhana

0 6.964

Orangtua mana pun di dunia ini pasti menginginkan yang terbaik bagi anak-anaknya. Salah satu harapan tersebut yaitu ingin anak-anaknya menjadi pintar dan cerdas sehingga meraih masa depan yang lebih baik nantinya. Setidaknya, jika Anda sebagai orangtua menginginkan hal tersebut, berikut 9 cara membuat anak pintar dan cerdas yang dapat dilakukan.

Keinginan orangtua untuk menjadikan anak-anaknya cerdas, terkadang tidak didukung ilmu tentang bagaimana mendidik anak-anak dengan baik untuk menjadi pintar. Banyak orangtua menyerahkan masalah pendidikan tersebut sepenuhnya kepada institusi pendidikan. Padahal, madrasah pertama anak-anak berasal dari keluarga, khususnya seorang ibu. Oleh karena itu, peran orangtua sangat penting untuk menjadikan anak-anak lebih cerdas dan pintar.

Dalam artikel sebelumnya, kami telah menyajikan tips tentang bagaimana menjadikan anak-anak yang lebih pintar dan cerdas. Sebagai tindak lanjut dari tips tersebut, ada 9 cara membuat anak pintar dan cerdas yang bisa Anda lakukan sebagai orangtua.

Berikut ini 9 cara membuat anak pintar dan cerdas dengan langkah sederhana.

1. Membuat sarapan pagi

Hal paling sederhana yang bisa dilakukan agar anak-anak menjadi lebih cerdas dan pintar adalah menyiapkan sarapan pagi bagi mereka. Sejak tahun 1970-an, ada banyak penelitian ilmiah yang membuktikan bahwa anak-anak yang makan pagi memiliki ingatan yang jauh lebih baik dibandingkan anak-anak yang tidak sarapan.

Sebagai orangtua, pastikan anak-anak kita untuk menyantap sarapan di pagi hari walaupun hanya segelas susu dan sepotong kue. Terlebih lagi, Anda dapat menyiapkan sarapan sehat setiap harinya. Tentu hal tersebut akan membantu otak anak mendapatkan asupan gizi yang lebih baik.

2. Optimalkan Asupan Mengandung Omega-3

Makanan yang bergizi memegang peranan penting bagi perkembangan kecerdasan otak anak. Salah satu gizi yang penting bagi otak adalah Omega-3. Asam lemak Omega-3 punya benefit yang baik bagi otak dan bisa mengoptimalkan area otak yang memiliki potensi untuk mendorong peningkatan memori, daya konsentrasi, dan aspek kognitif.

Berikan makanan yang mengandung asam lemak Omega-3 yang banyak terdapat pada ikan laut, kacang-kacangan, alpukat, dan lain sebagainya.

3. Memberikan Mainan Edukatif

Salah satu cara untuk mengoptimalkan kecerdasan anak-anak kita adalah dengan memberikan mainan-mainan edukatif bagi mereka. Pastikan anak kita tidak bermain asal-asalan.

Ada banyak mainan edukatif yang dapat membantu merangsang otak anak untuk berpikir cerdas. Mainan seperti puzzle, games sudoku, teka-teki silang untuk anak, catur, dll sangat disarankan untuk diberikan kepada anak-anak. Apalagi, kita sebagai orangtua mengajak anak untuk bermain bersama. Hal tersebut memberikan pengaruh psikologis yang baik kepada mereka.

4. Batasi Menonton TV

Efek negatif dari menonton televisi jauh lebih besar dibandingkan positifnya bagi anak-anak. Melakukan pembiaran anak-anak menonton televisi merupakan cara mendidik yang kurang tepat.

Aktivitas menonton televisi yang terlalu banyak bagi anak-anak, akan membuat mereka menjadi malas dan aspek motorik tidak dapat berjalan secara optimal. Kandungan konten negatif dari televisi juga bisa berdampak buruk bagi perkembangan anak-anak Anda. Pastikan untuk membatasi anak-anak menonton televisi dan memfilter tayangan yang memang sesuai dengan usia mereka.

5. Kehangatan Keluarga

Salah satu aspek penting dari 9 cara membuat anak pintar dan cerdas adalah perkembangan psikologis anak-anak. Dengan memberikan lingkungan keluarga yang hangat dan harmonis dapat membantu mental dan psikologis anak lebih baik.

Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa kondisi emosional yang stabil dan hangat memiliki peranan penting bagi aspek kognitif dan keterampilan anak.

6. Hindari Kebisingan

Ada penelitian yang dilakukan oleh akademisi dari University of London yang menyebutkan bahwa anak-anak yang tinggal dan hidup di lingkungan yang bising akan jauh lebih sulit untuk mempelajari dan memahami buku yang dibacanya.

Tentunya, hal ini sangat berdampak bagi perkembangan wawasan anak-anak tersebut. Sebaiknya, jauhkan anak-anak kita dari lingkungan yang bising.

7. Perhatikan Jam Tidur

Aspek lainnya yang perlu diperhatikan untuk menjadikan anak lebih cerdas dan pintar adalah dengan memperhatikan jam tidurnya. Tidur merupakan aktivitas yang dapat berpengaruh terhadap 3 aspek kognitif anak. Selain itu, juga mempengaruhi aspek cara mengambil keputusan, cara pemecahan masalah, memori anak, dan perhatian.

8. Mengatasi Stres Anak

Jangan biarkan begitu saja anak-anak Anda yang mengalami stres. Hal ini dapat berakibat pada gangguan fungsi otak mereka yang berharga. Ajak anak-anak Anda untuk melakukan sesuatu yang menyenangkan agar mereka terhindar dari stres.

9. Mengenal Alam

Salah satu aktivitas yang dapat meningkatkan kinerja otak adalah bermain di alam. Habiskan waktu anak-anak Anda untuk bermain alam yang dapat meningkatkan fungsi otaknya, khususnya daya konsentrasi, memori, kontrol impuls, dan sikap perhatian.

Alam dapat membuat otak anak menjadi lebih fresh dan melatih otot anak lebih baik.

10. Cara Pamungkas: BERDOA

Ini salah satu cara terbaik untuk menjadikan anak-anak kita cerdas dan pintar. Doa orangtua merupakan salah satu doa yang didengar oleh langit. Selalu mintalah kepada Allah untuk menjadikan anak-anak kita lebih cerdas dan pintar serta patuh kepada orangtua. Semua tips sebelumnya tidak akan berguna tanpa kuasa dari Allah SWT.

============

Itulah 9 cara membuat anak pintar dan cerdas dengan langkah-langkah sederhana dalam keseharian anak dan orangtua. Ada banyak faktor lain yang bisa mempengaruhi kecerdasan anak-anak Anda. Happy Parenting!

Referensi Tambahan: 9 Ciri Anak Cerdas yang OrangTua Wajib Tahu

Loading...
Berlangganan Newsletter
Berlangganan Newsletter
Daftarkan email kamu disini untuk mendapatkan info terupdate dari Jatik.com langsung ke inbox email kamu!
Kamu bisa membatalkan newsletter ini kapan pun.