Jatik.com
to Inspire. be Social.

Jeffrey Polnaja, Sang Biker Mandiri Penjelajah Dunia!

1 96

Pernahkah anda berimajinasi untuk berkeliling dunia? Ya. semua orang pasti menginginkannya. Tapi sebagian besar lebih banyak berangan-angan dibanding dengan tindakan nyata. Nah orang yang membuktikan ini salah satunya adalah Jeffrey Polnaja. Biker asli Bandung ini berhasil menjelajah dunia selama hampir 9 tahun! (2006-2015) dan dia menjelajah sendirian tanpa didampingi tim!

Jeffrey Polnaja di benua Asia, Afganistan

Biker Jeffrey Polnaja
Sumber Gambar: www.horizonsunlimited.com

Jefrey Polnaja di benua Afrika, Mesir

dunia4
Sumber Gambar: i1119.photobucket.com

Awal penjelajahan bemula dari ucapan anaknya yang menyaksikan tragedi 11 september, “Ayah. Bisakah kita melakukan tindakan yang dapat membuat dunia ini lebih baik?” walaupun ucapannya terdengar sepele, tapi sangat membekas di hati Jeffey. Kegiatan Jeffrey yang sehari-hari sebagai pengusaha memutuskan untuk melakukan penjelajahan dunia sendiri. Mulai dari kegiatan menyebar proposal hingga latihan fisik di gunung Bromo.

Jeffrey Polnaja di benua Eropa, Prancis

dunia5
Sumber Gambar: i1119.photobucket.com

Setelah berhasil mengumpulkan dana dan dukungan, Jeffrey memulai petualangannya dari Jakarta. Dia menamakan kegiatannya ini, “Ride for Peace”, kegiatan yang tidak beraliansi politik apapun, tanpa diskriminasi dan mempromosikan perdamaian seluruh dunia.

Biker Jeffrey Polnaja di Amerika Serikat

(Dari kiri ke kanan) Jeffrey Polnaja berfoto bersama Paul Smith (Managing Directore AdvMotor Magazine), Jack Burden (adventuretrio.com), Iain Harper (Jupiter Foundation), dan Sam Manicom.
Sumber Gambar: www.otofinance.co.id

Jeffrey melanjutkan perjalanan dari Jakarta lalu menjelajah ke hampir negara di Asia tenggara, dilanjutkan ke Nepal, India, Pakistan, Afganistan, Iran, ke negara teluk, Mesir, Aljazair, Maroko dan menyebrang ke Eropa. Selama perjalanan dari jakarta hingga Mesir Jeffrey mengalami berbagai macam kejadian. Mulai bertemu beruang, dirampok, ditabrak mobil, nyaris ditembak, mogok hingga masuk TV dan menikmati menginap hotel di Burj khalifah.

Jeffrey Polnaja di Amerika Latin

15_Riders
Sumber Gambar: jackbiker.com

Saat berada di Eropa, Sang biker, Jeffrey Polnaja, atau yang disapa kang JJ menjelajah hampir seluruh negara di Eropa. Petualangannya pun juga tidak kalah saat menjelajah di Asia-Afrika. Mulai menginap di kamp Auschwitz yang terkenal berhantu, dicurigai mata-mata asing, digoda cewek asing hingga menjadi juri sebuah balapan motor. Pada tahap ini, Kang JJ memutuskan berhenti di Paris sebagai bagian etape petama keliling dunia.

Jeffrey Polnaja di Australia

xfkwRvcx1n
Sumber Gambar: cdn.metrotvnews.com

Etape berikutnya adalah melanjutkan perjalanan mulai dari Prancis lalu ke Rusia, menyebrang ke Amerika, Australia hingga akhirnya tiba di Indonesia. Naasnya motornya hilang di Belanda dan Kang JJ sempat putus asa. Namun kabar gembira datang menghampiri kang JJ dan mendapatkan motor jenis sama dengan yang sebelumnya. Kang JJ lalu melanjutkan perjalanan ke arah Rusia melewati Kazakhstan, Mongolia hingga akhirnya menyeberang ke Jepang. Dari Jepang lalu siap menyeberang ke benua Amerika.

Jeffrey Polnaja tiba di Lombok

Jeffrey-Polnaja-Finish-Di-Bali
Sumber Gambar: motorplus-online.com

Perjalanan di Amerika dimulai dari Kanada dan sempat ke Alaska. Namun, musim dingin yang datang di Kanada membuat perjalanan sang biker, Jeffrey, ke Amerika tertunda berminggu-minggu. Setelah musim dingin usai, baru boleh melanjutkan perjalanan keliling negara Amerika. seperti biasa sambutan biker Amerika terhadap kang JJ sungguh besar dan menjadi pembicara penting di beberapa event penting penjelajah di Amerika. Lalu dilanjutkan ke Meksiko hingga keliling Amerika Selatan dan diakhiri di Argentina. Bersiap menjelajah ke benua Australia, Selandia Baru, Timor Leste dan terakhir masuk ke Lombok.

Jeffrey Polnaja akhirnya tiba di Jakarta

11149587_10153641495519520_5902408365927651754_n
Sumber Gambar: www.facebook.com/photo.php?fbid=10153641495519520&set=pcb.10153641498024520&type=1&theater

Saat tiba di Bali, Jeffrey langsung disambut ratusan biker dari berbagai klub motor dan sempat memberikan presentasi tentang perjalanannya. Lalu dilanjutkan ke Jakarta, ditemani oleh pihak Triumph Indonesia. Sampai di Jakarta, Jeffrey disambut puluhan biker moge, termasuk sambutan istimewa dari ketua umum Ikatan Motor Indonesia (IMI), Nanan Sukarna. Mereka berkeliling Jakarta menyambut kedatangan kang JJ. Dengan tibanya di Jakarta, maka misi mengelilingi dunia telah berakhir.

“Keberhasilan ini adalah keberhasilan kita semua, keberhasilan Bangsa Indonesia. Mungkin masyarakat dunia yang pernah bertemu dengan saya selama perjalanan akan lupa dengan nama Jeffrey Polnaja, tapi mereka bakal ingat pernah bertemu dengan warga Indonesia, yang mengelilingi dunia dengan sepeda motor,” tutup Kang JJ.

Gimana pembaca tertarik untuk menjadi penerus kang JJ? Kalau kang JJ bisa mewujudkan mimpinya, anda pun juga bisa! betul tidak?

Loading...

Berlangganan Newsletter
Berlangganan Newsletter
Daftarkan email kamu disini untuk mendapatkan info terupdate dari Jatik.com langsung ke inbox email kamu!
Kamu bisa membatalkan newsletter ini kapan pun.