Jatik.com
to Inspire. be Social.

Tips Aman Berkendara Motor Bagi yang Berpuasa

0 48

Saat bulan puasa Ramadhan, terutama bagi muslim jadikan hari-hari di bulan ini tetap bersemangat dalam menjalani aktivitas. Terkhusus bagi pengendara sepeda motor, haus dan lapar dalam berpuasa merupakan tantangan yang perlu dihadapi terlebih saat harus berkendara motor setiap hari. Untuk itu, diperlukan tips aman berkendara motor bagi yang sedang berpuasa. Berikut beberapa tipsnya.

Saat sedang berpuasa, berkendara sepeda motor memang lebih berisiko kehilangan konsentrasi dan juga dehidrasi. Pastinya, hal ini akan meningkatkan risiko mengalami kecelakaan. Apalagi dalam situasi tertentu, macet misalnya, pengendara motor sering kali emosi tidak terkontrol.

Agar bagi pengendara sepeda motor tetap merasa nyaman dan aman walaupun sedang menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan, ikuti tips aman berkendara motor ini.

#1 Mempersiapkan sahur dengan baik

Agar tidak terjadi dehidrasi dan konsentrasi yang hilang saat berkendara motor, sebaiknya pengendara motor selalu mempersiapkan diri dengan baik saat sahur. Mengonsumsi asupan yang memiliki nutrisi tinggi seperti buah-buahan, sayuran, dan juga memperbanyak minum air putih.

Hal berikutnya yang juga perlu dipersiapkan dengan baik adalah kelengkapan dalam berkendara motor, seperti helm, surat-surat kendaraan, jaket, dan sarung tangan.

#2 Kenali rute perjalanan dengan baik

Salah satu faktor penyebab emosi tak terkendali saat berkendara adalah kondisi jalanan yang macet. Agar tak menghadapi kemacetan saat dalam perjalanan, sebaiknya pengendara motor menggunakan aplikasi GPS untuk mencari jalur alternatif yang tidak macet. Dapat kondisi jalanan terkini melalui info lalu lintas dari institusi atau medsos.

Apabila Anda sedang melakukan perjalanan ke tempat yang belum pernah dikunjungi sebelumnya, sebaiknya cari informasi sebanyaknya tentang jalan dan situasi perjalanan ke tempat tersebut. Hal ini untuk menghindari tersesat di jalan sehingga membuang waktu.

#3 Beristirahat

Tips aman berkendara motor saat berpuasa berikutnya adalah jangan lupakan untuk selalu beristirahat. Apabila kantuk mulai menghampiri, maka istirahatkan diri Anda. Cuaca panas dapat menyebabkan badan mudah letih. Menepilah terlebih dahulu untuk beristirahat setidaknya beberapa menit sebelum melanjutkan perjalanan.

Jika perjalanan yang akan ditempuh lumayan jauh dan membutuhkan waktu lebih dari dua jam, beristirahatlah setidaknya 20 menit sampai setengah jam. Selanjutnya, sedikit lakukan pemanasan pada bagian tubuh seperti tangan, kepala, kaki agar tubuh segar kembali.

#4 Selalu berpikir positif

Saat menjelang berbuka puasa, sering kali lalu lintas akan semakin padat dan ramai. Kepadatan ini biasanya membuat emosi mudah terpancing. Oleh karena itu, sebaiknya pengendara selalu berpikir positif dan menerapkan makna puasa dengan mengontrol emosi dalam menghadapi situasi padat tersebut.

#5 Berkendara yang baik dan taat aturan

Ada banyak sekali pengendara yang ingin sampai di tempat tujuan, akhirnya berkendara dengan sikap yang kurang tepat seperti melawan arus, ugal-ugalan, menyerobot jalan, melanggar rambu lalu lintas dan sikap tak patut lainnya.

Agar sesama pengendara tidak terjadi gesekan, diperlukan sikap berkendara yang baik, taat aturan, menghargai pengguna lainnya. Hal ini untuk menghindari terjadinya gesekan antar sesama pengguna jalan. Selalu kedepankan sikap sabar dan saling toleransi agar perjalanan Anda tetap nyaman.

Itulah beberapa tips aman berkendara motor bagi pengendara yang berpuasa agar tetap khusyuk dalam menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan dimana pun dan kapan pun, termasuk di jalan raya.

Loading...

Berlangganan Newsletter
Berlangganan Newsletter
Daftarkan email kamu disini untuk mendapatkan info terupdate dari Jatik.com langsung ke inbox email kamu!
Kamu bisa membatalkan newsletter ini kapan pun.