Jatik.com
to Inspire. be Social.

Cara Merawat Ban Motor Agar Awet Digunakan

0 182

Untuk Anda yang menggunakan kendaraan pribadi roda dua atau roda empat untuk sehari-hari, sebaiknya selalu merawat setiap komponen yang ada di kendaraan tersebut. Komponen yang tak kalah penting untuk dirawat, yaitu ban. Terkhusus bagi Anda yang memiliki sepeda motor, berikut cara merawat ban motor agar lebih awet.

Komponen ban sama seperti komponen lainnya, seperti oli kendaraan motor, memiliki usia pakai. Ban yang sering digunakan untuk pemakaian sehari-hari, akan lebih cepat habis / tipis. Tergantung juga bagaimana si pengendara mengemudikan kendaraannya. Biasanya, ban didesain untuk pemakaian jangka waktu 1-2 tahun. Tetapi, karena beberapa faktor salah penggunaan, ban akan bisa lebih cepat habis.

Sebelum kita mengetahui bagaimana cara merawat ban motor, sebaiknya kenali terlebih dahulu beberapa faktor salah penggunaan yang membuat ban cepat gundul berikut.

#1 Menggunakan standar samping

Seringnya menggunakan standar samping motor saat memarkir, beban motor menjadi terpusat di sebelah kiri saja. Ini menyebabkan shockbreaker terlalu condong ke kiri dan membuat ban tertekan di sebelah kiri. Akibatnya, ban motor di bagian sebelah kiri jauh lebih cepat tipis.

#2 Kurangnya tekanan angin

Faktor lain yang juga menjadi penyebab ban cepat habis adalah kurangnya tekanan udara. Setiap ban memiliki tekanan udara yang direkomendasikan masing-masing dari pabriknya. Apabila tekanan angin tersebut tidak sesuai dengan rekomendasi, maka ban akan menapak ke aspal lebih dekat. Inilah yang menyebabkan permukaan ban menjadi lebih cepat habis.

#3 Beban Terlampau Berat

Kendaraan motor memiliki batas maksimum beban yang dapat dibawa. Apabila seorang pengendara motor terlalu sering membawa beban yang melebihi bobot maksimal, ban menjadi lebih melebar dan tertekan ke aspal. Membawa beban yang melampaui bobot yang diizinkan, selain berbahaya, juga membuat ban motor lebih cepat habis.

#4 Ban Jarang Dibersihkan

Melakukan perjalanan membuat ban motor kotor, banyak bahan / zat kimia yang menempel di ban seperti air sabun, bensin, oli, cat, dan lain sebagainya. Zat kimia tersebut berpotensi membuat permukaan ban motor cepat tipis.

Oleh karena itu, perawatan dengan cara membersihkan ban motor sebaiknya rutin untuk dilakukan. Hindari menggunakan sabun colek dalam membersihkan ban motor. Gunakan saja air dengan membasahi ban, sikat, dan bilas dengan air.

#5 Berkendara Kecepatan Tinggi

Jika Anda sering mengebut saat berkendara motor, kemudian mengerem secara mendadak, membuat ban motor lebih cepat gundul. Sebaiknya hindari berkendara dengan kecepatan tinggi dan melakukan pengereman mendadak.

Itulah beberapa faktor penyebab ban motor menjadi lebih cepat habis / tipis. Agar awet tentu kita harus mengetahui bagaimana cara merawat ban motor tersebut.

Setidaknya, lakukan beberapa langkah cara merawat ban motor berikut yang dapat dilakukan dengan mandiri.

Langkah pertama, perhatikan alur permukaan ban motor. Menjaga tekanan angin / udara ban sangat penting dalam menjaga ban lebih awet. Apabila tekanan udara ban motor sesuai dengan yang direkomendasikan, lebih nyaman bagi Anda untuk mengendarai motor tersebut.

Langkah kedua, yaitu dengan menggunakan udara / angin nitrogen. Terlebih lagi bagi pengendara motor harian dan untuk melakukan perjalanan jauh. Secara rutin, seminggu sekali, selalu pastikan untuk memeriksa tekanan udara ban motor.

Untuk langkah ketiga, apabila ban motor kempes, sebaiknya tidak memaksakan mengendarainya. Hal ini akan membuat ban motor bergelembung dan tampak benjol.

Keempat, agar ban motor awet, sebaiknya menghindari berkendara di jalanan yang sedang dicor. Ini akan menyebabkan permukaan ban motor cepat menipis.

Langkah kelima, perhatikan beban / barang bawaan Anda saat berkendara. Jangan membawa beban / barang yang melebihi bobot maksimum ketahanan motor. Ini akan menyebabkan ban motor cepat rusak.

Untuk langkah keenam, saat berkendara hindari jalanan berlubang. Berkendaralah dengan kecepatan sedang dan hindarkan pengereman mendadak yang membuat ban motor cepat aus.

Ketujuh, hindari ban motor terkena / berjalan di atas bahan-bahan berminyak seperti oli atau bensin. Hal ini dilakukan agar ban motor tidak mengalami retakan / mudah sobek. Cairan minyak dapat menyebabkan rusaknya elastisitas karet ban motor sehingga lebih rentan sobek.

Untuk langkah terakhir, sebaiknya tidak mencuci ban motor menggunakan sabun yang berlebihan dan jangka waktu lama. Ini dapat membuat ban motor lebih cepat rusak.

Nah, itulah beberapa langkah cara merawat ban motor agar tetap awet dan memperpanjang masa pemakaiannya. Perawatan ban motor penting untuk keselamatan Anda saat berkendara. Jangan abaikan!

Loading...

Berlangganan Newsletter
Berlangganan Newsletter
Daftarkan email kamu disini untuk mendapatkan info terupdate dari Jatik.com langsung ke inbox email kamu!
Kamu bisa membatalkan newsletter ini kapan pun.