Hentikan Kebiasaan Buruk ini! Ini lho Akibat Jarang Mandi yang Harus Kamu Tahu

0 590

Kamu salah satu orang yang punya kebiasaan ini? Ish..ish… Joroknyaaa. Pertimbangkan lagi deh kebiasaan kamu yang satu ini. Apalagi setelah tahu apa saja akibat jarang mandi bagi kesehatan tubuh kita.

Apalagi bagi kamu yang punya aktivitas padat seharian, terkadang lupa akan waktu dan salah satu yang sering disepelekan adalah mandi. Rasa lelah dari aktivitas tersebut menjadikan mandi nomor kesekian, yang terpenting tidur.

Emang enak ya tidur dengan kondisi badan yang masih berkeringat? Mungkin karena sudah kebiasaan, enak-enak aja.

Kebiasaan jarang mandi ini akan semakin menjadi-jadi ketika hari libur tiba. Jangankan untuk mandi, bangun dari tempat tidur pun rasanya malas.

Jika kebiasaan ini kamu biarkan terus-menerus, tentunya lama-kelamaan akan sangat mengganggu kesehatan dirimu.

Setidaknya, ada beberapa akibat jarang mandi yang akan berdampak pada dirimu. Apa saja?

1. Uh, Bau badan!

Ini akibat jarang mandi yang pasti akan langsung dirasakan tidak hanya oleh dirimu, tapi orang-orang di sekitarmu. Keringat yang tidak dibersihkan, maka akan terus menempel di tubuh dan disukai oleh flora normal.

Jumlahnya akan jauh lebih banyak karena kandungan garam dalam keringat. Inilah yang menjadi penyebab dari bau badan yang keluar dari tubuhmu.

2. Berakibat iritasi pada kulit

Masih terkait dengan sebelumnya, keringat yang menempel di tubuh mengandung garam yang lama-kelamaan jika tak dibersihkan akan menjadi iritasi kulit.

Beberapa efek karena iritasi kulit seperti bercak kemerahan, gatal, atau ruam. Jika gatal-gatal, pastinya akan terus ingin menggaruk-garuk. Kebiasaan menggaruk ini akan membuat kulit mudah terluka.

3. Penyakit Kulit akan muncul

Tak hanya sampai disitu, akibat jarang mandi juga akan membuat kulit badan rentan untuk didatangi oleh jamur. Jamur sangat menyukai kondisi kulit dengan minyak yang berlebihan karena lembab.

Jika jamur ini muncul, akan merusak pigmen di kulit, dan karena hal ini muncul panu, kadas, kurap, dan lain sebagainya.

4. Muka berjerawat dan komedo

Tak hanya pada badan, akibat jarang mandi juga akan berefek pada wajah kita. Kotor dan keringat menjadi sarang yang empuk bagi para kuman.

Flora normal (kuman normal) di kulit akan terus bertambah karena kamu malas membersihkan diri. Jika flora normal ini terus bertambah jumlahnya, maka bisa terjadi pemecahan lipid dan juga protein, pada sisa kelenjar keringat.

Proses pecahnya lipid inilah yang menjadi salah satu penyebab masalah kesehatan pada kulit muka seperti komedo dan jerawat.

5. Mengganggu ketahanan tubuh

Tak hanya pada kulit saja, akibat jarang mandi juga akan berdampak pada gangguan ketahanan tubuhmu secara menyeluruh.

Hal ini terjadi karena kebiasaan malas mandi tersebut. Banyak kuman-kuman yang akan hilang setelah badan terguyur oleh air dan dibersihkan oleh sabun.

Jika kuman ini terus menempel di tubuh kita, maka lama-lama akan mengganggu ketahanan tubuhmu. Kita akan mudah terserang penyakit jika ketahanan tubuh berkurang.

6. Malas melakukan apapun

Biasanya, jika kita sudah malas mandi, maka akan membuat badan kita menjadi malas untuk bergerak dan melakukan aktivitas apapun.

Jika sudah malas bergerak, tubuh menjadi terasa tak bertenaga dan terus-terusan mengantuk. Tubuh yang lemas dan jarang berolahraga, akan menjadi penyebab penyakit terus berdatangan.

7. Sulit untuk berkonsentrasi

Efek dari poin nomor 6, jika kantuk berlanjut maka akan sulit bagi kita untuk berkonsentrasi. Badan yang kotor, letih, lengket menyebabkan otak tak bekerja dengan maksimal.

Turunnya daya konsentrasi ini, pasti akan sangat berdampak bagi kita dalam melakukan berbagai aktivitas seperti bekerja, mengerjakan tugas, dan banyak aktivitas lainnya.

8. Tidur tak nyenyak, kesehatan tubuh akan turun drastis

Akibat jarang mandi yang lainnya juga membuat tidur terasa gelisah dan tidak nyenyak. Ini karena masih banyaknya kotoran, debu, keringat yang menempel di tubuh.

Tidur yang kurang berkualitas jika dibiarkan akan berdampak pada turunnya kesehatan tubuh. Akan berpotensi menjadi penyebab banyak penyakit berdatangan.

9. Manfaat krim kulit tidak optimal

Meskipun kamu sering menggunakan beragam krim kulit, tak akan bisa mencerahkan dan menghaluskan kulitmu tersebut. Ini karena kandungan bahan-bahan yang terdapat di krim tersebut, terhalang oleh kotoran, keringat, debu yang menempel di kulit.

Bukannya kulit menjadi cerah, malah bisa-bisa kulit menjadi lebih kusam. Kulit juga membutuhkan nutrisi dari air. Ini akan membantu meregenerasi kulit yang sudah mati.

Nah, itulah beberapa akibat jarang mandi yang perlu kamu tahu. Masih bertahan dengan kebiasaan ini?

Loading...