Jatik.com
to Inspire. be Social.

Hindari 7 Kebiasaan Buruk ini Buat Kamu Pengguna Komputer

0 83

Aktivitas di depan komputer memang bagi sebagian besar orang merupakan rutinitas yang tak bisa dihindari. Bisa jadi, aktivitas menggunakan komputer karena rutinitas kerja, kuliah, sekolah, atau bahkan gamers. Aktivitas ini bisa menghabiskan waktu hampir lebih dari 10-15 jam setiap hari. Bahkan, para gamers biasa bermain games komputer hingga 20 jam lebih.

Apakah aktivitas menggunakan komputer memiliki dampak negatif? Ya, jika diikuti dengan kebiasaan buruk. Kebiasaan buruk ketika menggunakan komputer ini bahkan bisa menyebabkan kesehatan terganggu lho. Apa saja kebiasaan buruk yang bisa mengganggu kesehatan saat menggunakan komputer?

#1 Menggunakan komputer dengan Lampu redup

Sumber Gambar: www.bawakabar.com
Sumber Gambar: www.bawakabar.com

Pasti sebagian besar dari kita pernah melakukan hal ini. Sambil mengerjakan tugas di malam hari dengan lampu ruangan yang redup atau bahkan mati. Jika kamu melakukan ini terus-menerus, bisa menyebabkan mata lelah dan pusing. Bahkan, jika tidak kamu hentikan kebiasaan ini, bisa merusak kesehatan mata dan pandangan menjadi kabur.

Hindari kebiasaan buruk yang satu ini kalau kamu sayang dengan matamu. Solusinya adalah gunakan lampu yang terangnya mengimbangi cahaya monitor komputer. Atau atur tingkat terangnya cahaya komputer agar sesuai dengan lampu ruangan sehingga kamu nyaman saat beraktivitas di depan komputer.

#2 Beraktivitas di depan layar komputer terlalu dekat

Sumber Gambar: www.lintas.me
Sumber Gambar: www.lintas.me

Kebiasaan yang satu ini juga terkadang jarang kita sadari. Saking serunya menggunakan komputer, kita tidak sadar bahwa terlalu dengan dengan layar monitor. Bisa jadi, kamu menatap layar monitor terlalu dekat karena mata yang minus atau ukuran layar monitor yang terlalu kecil.

Kebiasaan ini sangat tidak bagus apalagi sampai waktu yang lama karena akan membuat otot mata kita menjadi lelah. Semakin mata dekat dengan layar monitor, maka otot mata akan bekerja semakin keras. Dampaknya pandangan mata perlahan-lahan menjadi kabur, otot mata menjadi rusak, pusing, dan muntah. Solusinya yakni pastikan jarak antara layar monitor dengan mata tidak kurang dari 70 cm, agar terhindar dari kerusakan mata.

#3 Duduk Terlalu Lama di depan komputer

Risiko duduk lama di depan komputer
Risiko duduk lama di depan komputer

Semakin banyak tugas, bekerja, atau semakin seru games komputer yang kamu mainkan, maka kamu akan berlama-lama duduk. Sebenarnya kebiasaan ini tidak bagus. Merujuk kepada sebuah penelitian yang menyebutkan bahwa duduk terlalu lama di depan komputer bisa meningkatkan resiko berbagai penyakit seperti diabetes, kanker usus, nyeri leher dan tulang punggung, melemahnya fungsi otak, bahkan serangan jantung tiba-tiba.

Lalu bagaimana solusinya agar terhindar dari berbagai resiko penyakit tersebut? Mudah sekali, pastikan kamu memberikan waktu jeda sekitar 20 menit sekali untuk berdiri, melakukan streching, atau sekedar berjalan. Sebagai pengingat, kamu bisa menggunakan software timer semacam Workrave atau Breaker setiap 20 menit sekali. Atau bisa juga, setelah menggunakan komputer, di sore hari jalan-jalan atau bersepeda selama 20 – 30 menit agar tubuh tetap fit.

#4 Salah posisi duduk

Biasanya kalau kita sudah di depan komputer, tidak memperhatikan bagaimana posisi duduk, yang penting nyaman dan santai. Tidak sadarnya kita tentang posisi duduk yang benar saat di depan komputer bisa menyebabkan terganggunya kesehatan, salah satunya sindrom carpal tunnel (sindrom lorong kapal). Apa itu Sindrom Carpal Tunnel? penyakit di pergelangan tangan karena saraf yang tertekan dan menimbulkan gejala nyeri, mati rasa, dan parestesia (kesemutan atau seperti terbakar). Cara penyembuhannya melalui operasi.

Lalu bagaimana cara menghindari penyakit tersebut? Yakni dengan posisi duduk yang benar. Seperti apa? Postur tubuh harus dalam posisi tegak. Keyboard berada sejajar dengan posisi lengan kita. Contoh posisi duduk yang benar di gambar berikut ini.

Posisi duduk yang benar saat di depan komputer
Posisi duduk yang benar saat di depan komputer

#5 Kebiasaan Begadang

Sumber Gambar: uniqpost.com
Sumber Gambar: uniqpost.com

Nah, kalau yang satu ini, pasti kamu pernah melakukannya, begadang. Kalau kata Bang Haji Rhoma, Begadang jangan Begadang, kalau tak ada gunanya. Begadang sering dilakukan di saat kita ngerjain tugas kantor, pekerjaan rumah dari guru, atau sekedar main games online. Sebaiknya kamu mulai mengatur waktu dengan baik agar jangan sampai terlalu sering begadang. Apa risikonya kalau kita terlalu sering begadang?

Sejumlah penelitian menyebutkan bahwa orang yang sering begadang maka risiko terkena penyakit semakin tinggi seperti diabetes, stroke, jantung, tekanan darah tinggi, turun konsentrasi, dan berbagai penyakit lainnya. Kalau bisa dikerjakan pada saat siang hari, maka maksimalkan waktu di siang hari tersebut. Gunakan waktu di malam hari untuk mengistirahatkan tubuhmu.

#6 Menggunakan laptop di pangkuan

Sumber Gambar: Solent News
Sumber Gambar: Solent News

Kebiasaan ini pasti sangat sering dilakukan, karena memangku laptop memang terkesan praktis dan nyaman. Biasanya memangku laptop pada saat melakukan perjalanan. Tahu gak, kalau memangku laptop itu bisa menyebabkan beberapa penyakit seperti kemandulan, arthritis, atau bahkan kanker?

Penyakit kemandulan, terutama pada pria, disebabkan oleh panas yang dikeluarkan oleh laptop bisa mengurangi jumlah sperma dan kualitasnya menurun. Jika terlalu sering, bisa menyebabkan kanker prostat. Selain itu, jika memangku laptop biasanya dalam posisi membungkuk dan kaki menekuk, menyebabkan risiko penyakit arthritis. Jadi usahakan untuk meletakkan laptop di meja dan duduk dengan postur tubuh yang benar untuk menghindari beberapa penyakit tersebut.

#7 Kebiasaan jorok, malas bersih-bersih

Sumber Gambar: www.depasar.com
Sumber Gambar: www.depasar.com

Wah kalau kebiasaan yang satu ini bisa jadi hampir semua pengguna deh. Terkecuali beberapa pengguna yang memang gak jorok. Apakah keyboard, mouse, monitor, sering kamu bersihkan? Jika ya, berapa kali kamu membersihkan komputer / laptop tersebut? Bisa kamu bayangkan, tangan kita sering memegang berbagai benda, makanan, bersentuhan dengan orang lain, maka ada potensi bakteri menempel di tanganmu dan berkembang biak di mouse, keyboard, meja komputer.

Sebuah penelitian membuktikan kalau gadget termasuk diantaranya keyboard, mouse, laptop, smartphone berpotensi menjadi habitat bakteri 10x lebih banyak daripada toilet duduk. Nah, bisa kamu bayangkan berapa juta bakteri yang menempel di komputermu? So, jangan malas tuk membersihkan berbagai perangkat gadgetmu termasuk komputer, laptop, mouse, keyboard secara rutin ya. Minimal sehari sekali kamu bersihkan untuk menghindari bakteri yang menempal di perangkat tersebut.

Loading...

Berlangganan Newsletter
Berlangganan Newsletter
Daftarkan email kamu disini untuk mendapatkan info terupdate dari Jatik.com langsung ke inbox email kamu!
Kamu bisa membatalkan newsletter ini kapan pun.