Jatik.com
to Inspire. be Social.

10 Kebiasaan Orang Sukses yang Patut Ditiru

0 244

Setiap orang tentu memiliki kebiasaan yang menjadi ciri khasnya. Termasuk kebiasaan orang sukses yang ternyata sangat berpengaruh terhadap pencapaian kesuksesan dalam hidupnya.

Bagi sebagian besar orang, perilakunya dalam kehidupan sosial tidak terlalu memberikan pengaruh besar bagi peningkatan kualitas diri dan lingkungan sosialnya.

Di sisi lain, ada orang-orang yang memiliki karakter yang terpancar dalam tindakannya, memberikan nilai tambah bagi peningkatan kualitas dirinya, maupun bagi orang lain.

Tentu saja, kebiasaan orang sukses ini merupakan indikasi kualitas yang juga memiliki kredibilitas. Sejauh mana kualitas hidup yang dimiliki orang-orang hebat ini, sangat terlihat dalam segala aktivitas kesehariannya yang dilakukan secara maksimal.

Apapun peran yang dijalankan orang-orang hebat ini, pendidik, pengusaha, pekerja perusahaan, pelajar, dan masih banyak lagi lainnya, tetap mampu menampilkan kebiasaan yang berkualitas.

Seperti apa kebiasaan orang sukses tersebut? Dan siapa saja mereka? Berikut daftarnya:

1. Bill Gates / William Gates III

Kebiasaan orang sukses seperti Bill Gates
Kebiasaan orang sukses seperti Bill Gates

Dia adalah seorang pendiri perusahaan terkenal Microsoft dan salah satu orang terkaya di dunia. Apa yang menjadi kebiasaan berkualitas dari seorang Bill Gates ini?

MEMBACA

Bill Gates menjadi orang sukses seperti saat ini, karena kebiasaan membacanya secara rutin setiap hari. Banyak buku dari berbagai tema dan judul, telah dilahapnya.

Saya memiliki impian yang begitu banyak sejak kecil, dan kesemuanya itu tumbuh dari kenyataan bahwa saya memiliki kesempatan yang baik untuk membaca.

2. Warren Buffet

Warren Buffet, pengusaha sekaligus investor pasar modal
Warren Buffet, pengusaha sekaligus investor pasar modal

Siapa yang tak kenal dengan pebisnis dan investor yang satu ini. Ya, Warren Buffet adalah seorang maestro di bidang investasi dan bisnis, seorang pengusaha yang telah memiliki aset luar biasa di berbagai produk investasi dan pasar modal.

Apa yang menjadi kebiasaan orang sukses seperti Warren Buffet ini?

Dia disiplin, tekad kuat, pantang menyerah, dalam berinvestasi saham untuk jangka panjang.

Saya tak pernah berniat mencari uang di pasar modal. Apa yang saya lakukan adalah membeli saham dengan perkiraan (asumsi) bahwa saham tersebut akan ditutup keesokan hari, dan tak pernah dibuka lagi lima tahun ke depan.

3. Carlos Slim Helu

Carlos Slim HeluKebiasaan orang sukses seperti Carlos Slim Helu juga patut untuk ditiru. Dia adalah seorang pengusaha dan konglomerat terkaya yang berasal dari Amerika Latin.

Apa yang menjadi kebiasaan dirinya yang bisa menginspirasi?

SIKAP DERMAWAN

Seringkali saya katakan bahwa makin baik diri kita, maka makin besar tanggung jawab kita pada orang lain. Sama seperti menjalankan perusahaan dengan selalu membuka mata untuk melihat kalangan bawah. Kita harus menjadikan pengalaman wirausaha untuk membuat perusahaan kita lebih dermawan.

4. Lawrence Ellison

Lawrence Ellison
Lawrence Ellison

Banyak pengusaha sukses karena kebiasaan yang telah melekat dalam dirinya sejak lama. Demikian juga yang dilakukan Lawrence Ellison. Pendiri dari perusahaan software kelas dunia, Oracle.

Lawrence Ellison pun memiliki kebiasaan orang sukses yang patut dicontoh, apa itu?

MENEKUNI HOBI

Ya. Sukses juga bisa berasal dari hobi kita lho. Tetapi dengan syarat, bahwa kita menekuni dengan baik hobi tersebut hingga mencapai puncak kesuksesan.

Saya begitu tertarik dengan sains dan matematika, dan saya bagus di kedua bidang itu. Saya mengira, orang cenderung akan senang melakukan sesuatu jika dia hebat di bidang tersebut, dan tak suka mengerjakan karena kurangnya keahlian di bidang tersebut.

5. Ingvar Kamprad

Ingvar KampradBagi seorang Ingvar Kamprad, hidup adalah perjuangan terus menerus tanpa henti. Ini terbukti setelah dia berhasil mendirikan perusahaan ternama IKEA, perusahaan ritel untuk kebutuhan rumah tangga.

Apa yang menjadi kebiasaan orang sukses semacam Ingvar Kamprad ini?

MENCOBA & TAK TAKUT GAGAL

Ini yang selalu dia lakukan dalam proses perjuangannya mendirikan perusahaan IKEA. Seperti yang selalu ia katakan:

Hanya orang yang sedang tertidur, yang tak pernah membuat kesalahan.

6. Karl Albrecht

Karl Albrecht
Karl Albrecht

Salah satu pengusaha kaya asal Jerman ini juga telah membuktikan bahwa kebiasaan baik yang dilakukan secara terus-menerus, akan menjadi kunci sukses. Terbukti dengan berhasilnya membuat jaringan supermarket ALDI.

Apa yang selalu dilakukan oleh seorang Karl Albercht?

PERENCANAAN MENDETAIL SEBELUM NEGOSIASI

Dan itu telah membuahkan hasil yang bagus dalam kesuksesan hidupnya. Seperti yang selalu ia katakan:

Selalu mulai dengan sesuatu yang ideal, dan akhiri dengan kesepakatan.

7. Mukesh Ambani

Mukesh Ambani
Mukesh Ambani

Kebiasaan orang sukses tercermin dalam kehidupan seorang Mukesh Ambani, seorang konglomerat asal India. Dia melakukan hal ini dalam mencapai puncak sukses dalam bisnis dan hidupnya.

SELALU MELANGKAH UNTUK PERTUMBUHAN

Ya. Dia tak pernah berhenti ketika telah mencapai satu fase dalam hidup atau bisnisnya. Dia tetap terus melangkah untuk menumbuhkan bisnisnya tersebut.

Saya kira, yang menjadi dasar kepercayaan kami bahwa pertumbuhan (usaha) adalah jalan untuk hidup, karena itu kami harus tumbuh sepanjang waktu.

8. Laksmi Mittal

Laksmi Mittal
Laksmi Mittal

Pengusaha sukses lainnya asal India adalah Laksmi Mittal. Pemilik dari Mittal Steel Company, India. Dia membuktikan bahwa sebuah kebiasaan orang sukses akan selalu bisa mencapai keberhasilan.

Yang tetap dan terus ia lakukan hingga mencapai puncak kesuksesan dalam hidupnya adalah:

BEKERJA KERAS

Ya, dengan bekerja keras, apa yang menjadi impian kita dalam hidup akan bisa tercapai. Seperti yang selalu ia katakan:

Saat ini, semua orang bekerja keras, sehingga kita harus yakinkan diri untuk bekerja lebih keras dari mereka, dan mendedikasikan segalanya untuk mengejar impian kita.

9. Amancio Ortega

Amancio Ortega
Amancio Ortega

Seorang Amancio Ortega tentu tak akan bisa mencapai kesuksesan seperti sekarang, jika dia tak menemukan kebiasaan orang sukses yang juga dijalaninya. Seorang fashion designer dan orang terkaya di Spanyol ini, membuktikan bahwa:

PERHATIAN

adalah salah satu kebiasaan yang sangat baik untuk terus ditumbuhkembangkan. Dia selalu katakan dalam salah satu quote-nya:

Saya sejak kecil menjadi pengantar pakaian dari tukang jahit. Saya selalu memperhatikan bahwa pelanggan itu penting.

10. Bernard Arnault

Bernard Arnault
Bernard Arnault

Bagi Bernard Arnault, banyak karakter yang selalu dipertahankan dalam setiap fase hidupnya. Ada satu kebiasaan baik yang itu telah menjadi karakter dalam dirinya, sehingga menjadikannya seorang konglomerat Perancis, dan pemegang merek Louis Vuitton, Fendi dan Dior.

Karakter seperti apa yang selalu dilakukan dalam hidupnya?

SABAR

Itulah karakter yang selalu melekat dalam dirinya dalam menjalankan bisnisnya. Dan ini terlihat dalam kutipan speech berikut:

Dalam menjalankan bisnis, kita harus selalu belajar bersabar. Yang terpenting, kita harus sabar menunggu sesuatu dan mendapatkannya tepat pada waktunya.

Itulah kesepuluh kebiasaan orang sukses yang akan selalu menginspirasi bagi kita untuk mengikutinya.

Apa yang menjadi kebiasaan dirimu untuk mencapai puncak kesuksesan?

Referensi Tambahan: www.cermati.com

Loading...
Berlangganan Newsletter
Berlangganan Newsletter
Daftarkan email kamu disini untuk mendapatkan info terupdate dari Jatik.com langsung ke inbox email kamu!
Kamu bisa membatalkan newsletter ini kapan pun.