Jatik.com
to Inspire. be Social.

Tips Sukses Menjadi Wirausaha untuk Ibu Rumah Tangga

0 588

Perkembangan teknologi yang pesat membuka peluang usaha bagi siapa pun, termasuk ibu rumah tangga. Kini, dengan tetap menjalani perannya sebagai ibu rumah tangga, sosok ibu dapat menjadi seorang wirausaha (entrepreneur). Mau tahu tips sukses menjadi wirausaha untuk ibu rumah tangga? Simak berikut ini.

Para mompreneur dapat dengan mudah memanfaatkan teknologi dalam memulai dan mengembangkan bisnisnya. Salah satunya dengan menjalankan bisnis rumahan via Whatsapp. Bahkan, ada beberapa mompreneur yang dengan tekun menjalani bisnis rumahan telah mencapai keuntungan yang sangat fantastis. Jika omset yang diraih bisa maksimal, tak perlu bingung lagi bagaimana memenuhi kebutuhan rumah tangga yang seabreg tersebut.

Namun, untuk menjadi wirausaha untuk ibu rumah tangga yang sukses, tidak mudah. Ada beberapa poin penting yang perlu ibu-ibu ketahui agar bisnisnya dapat berjalan seiring dengan perannya dalam manajemen keluarga.

Yuk, simak tips lengkap sukses menjadi wirausaha untuk ibu rumah tangga berikut ini.

  • Memiliki Manajemen Waktu yang Bagus

Menjalankan bisnis dari rumah mungkin dibayangan Anda mudah, tetapi tidak sepenuhnya benar. Jika ingin menjadi seorang mamapreneur yang sukses, maka diperlukan manajemen waktu yang bagus antara urusan keluarga dan bisnis yang sedang dijalankan.

Pada awal menjalani bisnis, ada baiknya untuk menetapkan waktu jam kerja khusus bagi usaha dan menginformasikannya kepada konsumen atau klien Anda. Hal ini agar tidak timbul prasangka buruk apabila pelanggan sewaktu-waktu menghubungi Anda sementara Anda tidak dapat melayani. Selalu pastikan bahwa jam kerja tersebut telah sesuai dengan waktu kosong yang Anda miliki.

  • Membangun Komunikasi yang Baik dengan Setiap Anggota Keluarga

Aktivitas usaha rumahan yang Anda jalani wajib dikomunikasikan terlebih dahulu kepada setiap anggota keluarga di rumah. Hal ini untuk menghindari kesalahpahaman yang mungkin akan terjadi ke depannya.

Apabila memiliki seorang anak yang belum paham tentang apa yang Anda lakukan, maka lebih baik berikan pengertian kepada buah hati Anda tentang aktivitas tersebut. Ini salah satu kendala terbesar yang akan dihadapi oleh seorang Mamapreneur.

Salah satu cara untuk mengakali hal tersebut adalah dengan memberikan mainan kepada buah hati Anda sehingga dia juga akan sibuk dengan aktivitas bermainnya.

  • Mengatur Keuangan dengan Baik

Pengelolaan keuangan merupakan hal krusial yang perlu dijalankan dengan baik. Sebaiknya, pisahkan antara keuangan dapur rumah tangga dengan keuangan bisnis yang dijalani. Hal ini bertujuan agar Anda dapat memantau sejauh mana perkembangan usaha tersebut.

Selain itu, ada juga modal usaha yang perlu diputar kembali agar arus kas masuk dan keluar agar seimbang sehingga bisnis rumahan akan semakin berkembang ke depannya.

  • Memilih Usaha Sesuai dengan Passion

Menjadi wirausaha untuk ibu rumah tangga perlu dilakukan dengan kesenangan. Mulailah dengan memilih jenis usaha yang Anda senangi sehingga akan dapat konsisten dan menikmatinya tanpa tekanan. Setiap usaha pasti akan ada tantangan yang menghadang, sehingga apabila menjalani usaha yang bukan passion-nya akan mudah untuk menyerah.

Oleh karena itu, mulailah dengan menjalani usaha yang sesuai dengan passion Anda sehingga lebih enjoy dalam menjalaninya.

  • Mempertahankan Semangat Kerja

Lumrah jika seseorang memiliki rasa bosan / jenuh dalam menjalani aktivitas tertentu, termasuk bisnis. Terlebih lagi, jika ada permasalahan dalam rumah tangga  yang perlu diselesaikan. Apabila Anda berada di kondisi seperti ini, sebaiknya rehat sejenak dari aktivitas bisnis rumahan tersebut, dan fokus untuk keluarga.

Setelah Anda merasa semua permasalahan rumah tangga selesai dengan tuntas dan semangat kembali prima, mulailah kembali untuk menjalankan bisnis dari rumah tersebut.

Menjadi seorang wirausaha untuk ibu rumah tangga (mamapreneur) memang tidak mudah. Tetapi, bukan hal yang mustahil untuk meraih kesuksesan dari bisnis rumah tangga tersebut. Keuntungan jika menjalaninya adalah menjadi seorang istri yang mandiri dan dapat membantu ekonomi keluarga.

Nilai tambah lainnya adalah untuk menambah pertemanan yang dapat memperluas jaringan usaha Anda. Jadi, menjadi mamapreneur itu menyenangkan bukan? Yang terpenting diperlukan disiplin dan konsistensi dalam menjalani bisnis rumahan yang sedang dirintis tersebut. Semangat moms!

Loading...
Berlangganan Newsletter
Berlangganan Newsletter
Daftarkan email kamu disini untuk mendapatkan info terupdate dari Jatik.com langsung ke inbox email kamu!
Kamu bisa membatalkan newsletter ini kapan pun.
Komentar