Jatik.com
to Inspire. be Social.

Kirigami, Seni Melipat Kertas & Memotong Kertas dari Jepang, Ini Contohnya!

0 6.277

Apa itu kirigami? Mungkin banyak yang belum terlalu mendengar seni melipat kertas Kirigami ini, karena di Indonesia memang lebih populer origami.

Dilihat dari segi namanya, memang seni melipat kertas ini berasal dari negeri sakura, Jepang. Secara umum, kirigami memang tak jauh berbeda dengan origami. Origami memang telah dikenal dengan sangat baik bagi kita.

Sedangkan, kirigami itu sendiri tak sepopuler origami. Kemiripan dari keduanya adalah dalam hal seni melipat kertas.

Apa yang menjadi perbedaan utama dari origami dan kirigami?

Untuk origami itu sendiri, kita melipat kertas untuk membuat karya seni. Di sisi lain, kirigami menggunakan kertas yang dipotong-potong dan dilipat untuk menghasilkan karya seni.

Di negeri asalnya, Jepang, kirigami memang sudah dikenal sejak dahulu. Jika dilihat dari asal katanya, kirigami berasal dari “kiru” yang bermakna memotong, dan dari kata “gami” yang berarti kertas.

Sehingga, bisa diartikan bahwa kirigami itu sendiri berarti seni memotong kertas. Bahan dan alat yang digunakan dalam seni kirigami adalah cutter, gunting, kertas warna, dan lem.

Bagaimana bentuk dasar dari Kirigami?

Seni melipat kertas dan memotong-motongnya ini memiliki bentuk dasar, yaitu hiasan bulat yang melingkar 2 dimensi.

Hiasan bulat melingkar tersebut didapatkan melalui potongan simetri lipat. Biasanya, bagi pemula yang baru belajar, akan diajarkan cara memotong kertas 4, 6, atau 8 lipatan.

Jika ingin membuat potongan dengan 4 lipatan, maka kertas dilipat 2 secara simetris, kemudian dilipat lagi 2 secara simetris.

Sedangkan, untuk membuat 6 lipatan, maka kertas dilipat 2 secara simetris, kemudian dilipat lagi tiga dengan sudut lipatan yang sama.

Untuk yang sudah mahir dalam membentuk hiasan bulat melingkar, maka kemampuannya dapat ditingkatkan untuk membuat bentuk melingkar persegi (dengan sudut 3,4,5 dst).

Kirigami dalam Bentuk 3 Dimensi (3D)

Dalam pengembangan lebih lanjut dari seni melipat kertas & potong kertas Kirigami, adalah dalam format 3 dimensi.

Untuk membuat Kirigami dalam bentuk 3 dimensi, tentu saja lebih sulit dari yang format 2 dimensi. Ini karena setelah kertas dilipat dan dipotong, maka kertas harus dibentuk 3 dimensi untuk menghasilkan objek tertentu.

Contoh bentuk objek Kirigami 3 dimensi yang paling populer adalah bentuk lampion. Dan masih banyak contoh objek 3D lainnya.

Ada salah satu objek kreativitas yang bisa dibuat dengan seni ini, yaitu kartu ucapan Pop-Up. Kartu ucapan Pop-Up adalah kartu yang jika dibuka dalam sudut tertentu, akan memunculkan sebuah objek tampilan.

Kartu ucapan Pop-Up ini banyak ditemukan dan dijual di toko buku, yang biasanya, menampilkan tulisan atau gambar.

Jika kamu mahir seni kirigami, maka kamu dapat membuat kartu ucapan ini dengan menggunakan seni tersebut. Ciri khas dari kartu ucapan pop-up kirigami, adalah ornamen yang lebih rumit dari kartu ucapan pop-up dalam bentuk tulisan / gambar.

Berikut beberapa contoh seni melipat kertas dan memotong-motongnya, Kirigami.

Loading...
Berlangganan Newsletter
Berlangganan Newsletter
Daftarkan email kamu disini untuk mendapatkan info terupdate dari Jatik.com langsung ke inbox email kamu!
Kamu bisa membatalkan newsletter ini kapan pun.