Jatik.com
to Inspire. be Social.

Mengapa Bahasa Indonesia itu Bahasa yang Keren?

0 194

Teman-teman pasti menganggap bahasa Indonesia adalah bahasa yang susah dipelajari dan nggak perlu belajar karena kitanya sudah “jago” dari bebahasa sejak kecil. Tapi tahukah kalau teman-teman kalau bahasa kita itu punya sisi keren loh! mau tau apa saja? yuks, kita lihat!

1. Bahasa Indonesia adalah bahasa puitis

bahasa indonesia puitis
Sumber Gambar: ilhamrizqi.com

Teman-teman pernah mendengar nggak kata-kata seperti “Matahari”, “Kaki tangan”, “Kepala batu”, dll? coba perhatikan kata-katanya. Diam sesaat dan berpikir sejenak. sudah ketemu maksudnya? Tidak heran jika Jean Courteau, seorang Indonesianis, pernah berkata bahwa bahasa Indonesia adalah bahasa paling puitis di dunia.

2. Bahasa Indonesia itu bahasa yang simpel

Sumber Gambar: anthonyuu.files.wordpress.com

Hal yang paling unik dari bahasa Indonesia adalah penggunaan bahasa yang sederhana dan simpel untuk dipelajari. Bahkan kata-kata yang perlu dihafal tidak terlalu banyak. Apalagi struktur kalimatnya mirip bahasa Inggris, sehingga orang asing mudah untuk mempelajarinya.

3. Bahasa Indonesia adalah bahasa kreatif

Sumber Gambar: www.spoke-interactive.com

Salah satu keunikan dari bahasa kita adalah dari sebuah kata bisa dimodifikasi menjadi singkatan humor. Ambil contoh Kejora. Bisa disingkat menjadi Kelompok Jomblo ceria. atau ambil contoh lain. Tugas (tanda utama gue anak sekolah), cabe (cewek alim berhati emas) dan sebagainnya.

4. Udah bukan rahasia umum lagi. Di mata orang asing, bahasa kita terdengar seksi loh!

Bahasa Indonesia
Sumber Gambar: cdn-2.tstatic.net

Hal ini diungkapkan oleh Sandhy Sondoro saat mengamen jalanan di Jerman. Dengan Pedenya, Sandhy menyanyi dengan bahasa Indonesia. Para pejalan kaki yang melintas terkesan dengan bahasa yang dinyanyikan oleh Sandhy. Selain itu. Kosakata bahasa kita yang didominasi huruf huruf vokal membuat terasa simpel, indah dan mudah saat diucapkan.

5. Belajar bahasa Indonesia berarti belajar bahasa “global”!

bahasa Indonesia
Sumber Gambar: indonesiaproud.files.wordpress.com

Penelitian mengatakan bahwa Menguasai lebih dari satu bahasa (bilingual) ternyata mampu menguatkan otak dan membantu perkembangan otakmu, membuatmu bertambah pintar, bahkan mencegah demensia. Nah karena kita hidup dengan ratusan suku. Kita bisa menggunakan modal tersebut untuk mempelajari bahasa-bahasa daerah di seluruh di Indonesia. Dijamin kalau sudah mempelajari seluruh bahasa daerah di Indonesia, sama seperti menguasai bahasa hampir di seluruh dunia. Wow keren nggak?

Gimana? keren kan bahasa kita? Nggak perlu malu deh menggunakan bahasa Indonesia. Toh kalau kita sudah tahu kerennya bahasa kita, pede aja menggunakan bahasa Indonesia. Iya nggak?

Loading...
Berlangganan Newsletter
Berlangganan Newsletter
Daftarkan email kamu disini untuk mendapatkan info terupdate dari Jatik.com langsung ke inbox email kamu!
Kamu bisa membatalkan newsletter ini kapan pun.