Ayo Berkreasi Membuat Kursi & Lemari dari Tong Bekas ini, Sangat Inspiratif

1 3.667

Anda punya jiwa kreatif? Kini, saatnya berkreasi dengan barang-barang bekas, dengan membuat sendiri kursi atau lemari yang keren.

Barang-barang bekas banyak berserakan di sekitar rumah kita, dan sangat sayang jika tak dimanfaatkan untuk didaur ulang. Dengan sedikit sentuhan jiwa kreativitas, maka barang-barang bekas akan berubah menjadi barang yang bisa digunakan untuk sehari-hari.

Mungkin, menyulap barang-barang bekas ini menjadi barang yang lebih berguna, tidak semua orang bisa. Tetapi, jika kita mencobanya berulang-ulang, maka nantinya akan terbiasa membuat barang-barang kreatif.

Anda tinggal mencari referensi dari banyak sumber inspiratif, seperti di artikel ini, untuk mengubah barang-barang bekas tersebut lebih berguna.

Barang bekas yang dibutuhkan untuk membuat kursi / lemari kali ini adalah tong / drum bekas yang tak terpakai. Jika di rumah anda, punya barang seperti ini, jangan dibiarkan menganggur begitu aja. Atau dibuang / dijual ke rongsokan.

Tong / drum bekas bisa disulap menjadi kursi / lemari yang unik dan tampil beda. Kreasi DIY (Do It Yourself) kali ini akan memperindah interior / eksterior rumah anda.

Selain sangat bermanfaat untuk memperindah interior / eksterior rumah dengan barang-barang bekas hasil kreasi sendiri, juga bisa untuk dijual sehingga bisa menambah pundi-pundi penghasilan anda.

Yang anda butuhkan bahan-bahan seperti tong / drum bekas, cat, alat pemotong drum / tong, paku / lem, busa, dan beberapa bahan lainnya untuk menambah kreasi.

Dengan didaur ulang, barang-barang bekas seperti tong / drum ini akan membuat rumah kita lebih sehat dan nyaman.

Langkah-langkah umum Mendaur Ulang Drum Bekas menjadi Kursi & Lemari:

  1. Siapkan drum / tong bekas minyak atau oli.
  2. Bersihkan terlebih dahulu drum atau tong bekas tersebut, bagian luar dan dalam.
  3. Kemudian, setelah drum tersebut bersih, biarkan air mengering terlebih dahulu. Setelah kering, kemudian potong drum / tong beberapa bagian atau bagian tertentu, sesuai bentuk kursi atau lemari yang diinginkan. (Lihat gambar)
  4. Setelah dipotong bagian-bagian tertentu, cat keseluruhan drum / tong bekas tersebut sesuai dengan warna favorit anda.
  5. Setelah dicat, jemur tong / drum tersebut di bawah sinar matahari, tunggu sampai cat mengering dalam beberapa hari.
  6. Ketika cat sudah mengering, pasang bagian sofa / busa di bagian yang terpotong tersebut. (kecuali lemari)
  7. Kini, kursi dan lemari dari bahan tong / drum bekas sudah siap untuk dipasang di salah satu sudut rumah anda.

 

Klik Gambar untuk Memperbesar

Bagaimana contoh gambar kursi dan lemari yang awalnya terbuat dari tong / drum bekas di atas? Sangat menarik bukan? Yuk mulai dicoba praktekkan di rumah.

Referensi Gambar: Pinterest.com

Loading...