Jatik.com
to Inspire. be Social.

10 Cara Mudah Membuat Balita Cerdas

0 95

Ayah Bunda tentu ingin memiliki anak yang cerdas bukan? Ada banyak tips mengenai hal ini, termasuk 10 cara mudah membuat balita cerdas ini. Mau tahu apa rahasianya?

Perlu diketahui, bahwa masa-masa balita adalah usia emas bagi anak. Di usia ini, anak kita akan mengingat dan mempelajari banyak hal yang belum diketahuinya.

Dan, jika kita bisa memanfaatkan masa-masa ini dengan beberapa metode / cara tertentu, maka akan sangat membantu menjadikan balita kita lebih cerdas dalam perkembangannya di masa depan.

Menurut penelitian, anak balita memiliki kemampuan yang jauh lebih cepat / besar menyerap informasi baru, dibandingkan anak di usia yang lebih tua.

Dalam penelitian disebutkan juga, mengenalkan anak pada kegiatan membaca, berbahasa, matematika, akan membantu menangkap pelajaran-pelajaran tersebut nantinya.

Setidaknya, 10 cara mudah membuat balita cerdas berikut ini bisa langsung Ayah Bunda praktekkan. Apa saja?

1. Mengajak anak balita bicara

Ceritakan tentang banyak hal kepada balita Anda. Anak balita akan tahu, bahwa mereka adalah pusat perhatian Anda. Dengan mengajak mereka berbicara, akan membantu mengembangkan bahasanya. Ini juga akan menjadikan otak balita menjadi lebih cerdas.

2. Memilih buku bacaan yang tepat

Banyak buku-buku bacaan usia balita yang sangat direkomendasikan. Pilihlah buku-buku yang berisi gambar yang jelas dan huruf yang besar.

Ini akan membantu anak balita kita mengerti tentang yang mereka lihat dan secara perlahan akan belajar membaca kata.

3. Mengenalkan video pelajaran berbahasa asing

Di usia balita, akan jauh lebih mudah mengenalkan tentang bahasa asing, dan bagi keluarga muslim, akan jauh lebih baik mengenalkan Al Qur’an sejak dini. Pada tingkatan ini, anak balita lebih mudah menyerap dan mengingat sehingga dianjurkan untuk mengenalkan konsep-konsep mendasar terlebih dahulu.

4. Sediakan mainan edukatif

Ayah Bunda juga bisa memberikan banyak mainan edukatif yang membantu merangsang pertumbuhan otak agar anak balita cerdas.

5. Memberikan huruf abjad

Ayah Bunda juga bisa menempelkan poster-poster yang berisi huruf-huruf disertai gambar menarik. Bisa ditempatkan di ruang keluarga, ruang makan, dan lain sebagainya.

Saat sedang santai, ajarkan anak balita kita dengan huruf-huruf abjad baru hingga perlahan mereka menjadi hafal. Ini salah satu cara anak balita cerdas Ayah Bunda mulai belajar dan menghubungkan antara bicara dan menulis dalam bahasa.

6. Lakukan pengulangan

Biasanya, orangtua akan merasa frustasi jika harus terus-terusan mengulangi membacakan buku atau menonton video pembelajaran bagi balita. Bersabarlah. Pengulangan itu merupakan hal terpenting dalam proses belajar anak agar menjadi balita cerdas.

7. Membeli angka / huruf yang terbuat dari magnet

Ini juga bisa menjadi bahan bermain dan belajar bagi balita Anda. Ketika berada di depan lemari es, mereka akan selalu melihat tempelan angka / huruf. Kita bisa mengenalkan kata-kata baru dengan huruf tersebut.

8. Membacakan cerita setiap hari

Ayah bunda juga bisa membacakan cerita dongeng anak setiap harinya. Bacakan dengan ekspresi dan intonasi yang menarik dan atraktif sesuai dengan jalan cerita.

Anda juga bisa menambahkan tokoh boneka jari supaya penyampaian lebih seru dan mereka akan konsentrasi melihat orangtuanya.

9. Ajarkan pendidikan jasmani

Yang tak kalah penting untuk juga diajarkan pada anak balita kita adalah pendidikan jasmani karena ada keterkaitan langsung dengan pendidikan akademisnya.

Penelitian menyebutkan bahwa perkembangan otak balita kita juga terkait dengan perkembangan kesehatan jasmaninya, misalnya kegiatan merangkak di usia 1 tahun.

Anda bisa mengajak anak balita untuk berjalan, berenang, berlari-larian, naik kuda, dan lain sebagainya.

10. Mulai mengajarkan tentang tata krama dan karakter yang baik

Selain kecerdasan otak dan kebugaran jasmani, yang tak kalah penting juga mendidik anak-anak kita tentang karakter yang baik dan tata krama.

Ini bisa dilakukan dengan mudah yaitu memberikan contoh langsung, seperti saat memegang sesuatu / makan dengan menggunakan tangan kanan, ingatkan anak kita saat mereka bandel, dan lain sebagainya.

Itulah kesepuluh cara membuat anak balita cerdas yang bisa ayah bunda lakukan. Dan, pastinya masih banyak cara-cara lainnya membuat balita kita lebih cerdas. Selamat bermain dengan anak-anak!

Loading...
Berlangganan Newsletter
Berlangganan Newsletter
Daftarkan email kamu disini untuk mendapatkan info terupdate dari Jatik.com langsung ke inbox email kamu!
Kamu bisa membatalkan newsletter ini kapan pun.