Ngapain Pergi Jauh, Kalau Liburan Asyik juga Bisa Dilakukan di Rumah, Ini 10 Caranya, Horaay!

1 130

Horeeee…Liburan sudah tiba…Senangnya..

Hari-hari di masa liburan tentu sangat ditunggu-tunggu oleh seluruh anggota keluarga..

Namun, tak selamanya liburan harus diisi dengan berpergian ke luar kota atau pun ke luar negeri.

Liburan di rumah juga bisa menyenangkan dan berkesan, terutama untuk anak-anak. Tapi, meskipun berlibur di rumah, orang tua tetap harus membuat konsep dan rencana yang matang, agar liburan terasa menyenangkan bagi semua anggota keluarga.

Hal yang terpenting adalah kegiatan liburan tersebut dapat melibatkan semua anggota keluarga. Selain itu, anak-anak juga bisa turut diajak untuk bermusyawarah dalam memutuskan agenda liburan yang akan dilaksanakan. Pilihlah kegiatan yang berbeda dengan rutinitas kita sehari-hari.

Berikut ini beberapa ide agenda untuk mengisi liburan di rumah:

1. Program Keluarga Sehari Bersama Al quran

Orang tua bisa membuat program interaksi dengan Al quran yang dapat dilaksanakan bersama-sama. Misalnya, belajar membaca bersama, saling muraja’ah hafalan, mengadakan lomba-lomba berhadiah, dan kegiatan lainnya yang dapat meningkatkan interaksi dengan Al quran bagi semua anggota keluarga

2. Camping dan barbeque-an di rumah atau halaman rumah

Tidak perlu pakai tenda betulan. Cukup dengan membuat tenda dari bahan yang ada di rumah, kemudian dilanjutkan dengan acara masak dan makan bersama. Biasanya anak-anak merasa senang dapat mencicipi masakan mereka sendiri. Contoh menu sederhana yang bisa dibuat bersama antara lain: sate-satean, coklat dan keju fondue, rujak, no bake cake dan lain-lain.

3. “Menghias” rumah bersama keluarga

Jika kamu termasuk salah satu keluarga yang senang dengan aktivitas seni kreatif, kegiatan ini cocok untuk mengisi liburan. Contohnya, berkreasi mengecat dinding rumah dengan cap telapak tangan atau sablonan, membuat gambar untuk digantung di dinding, menyulap perabotan lama menjadi baru, menghias kamar mandi, dan sebagainya.

4. Berkebun bersama

Terlepas dari berapa pun luasnya pekarangan kita, kegiatan berkebun atau membuat taman bersama, tetap bisa dilakukan. Teras, ruang tamu, ruang keluarga, bahkan kamar mandi pun bisa dihias dengan tanaman-tanaman kecil dalam pot. Barang-barang bekas dapat dijadikan pot untuk diisi dengan media tanam. Aneka bumbu dapur juga bisa dijadikan pilihan jenis tanaman yang akan ditanam.

5. Nonton bareng sambil ditemani camilan kecil

Tak ada salahnya orang tua sekali-kali ikut menonton film kesenangan anak-anak. Kalau ingin sedikit lebih niat, kita bisa menyewa LCD proyektor agar suasana bioskop bisa pindah ke rumah. Camilan favorit keluarga akan membuat acara nonton makin asik

Liburan asyik di rumah
Liburan asyik di rumah

6. Pesta Kostum

Anak-anak dan mungkin sebagian dari orang tua senang mengenakan konstum yang tidak biasa mereka gunakan. Nah, kita bisa menetapkan kostum yang akan dipakai oleh seluruh anggota keluarga pada hari itu di rumah. Mintalah anak yang mengusulkan tema kostumnya. Contoh tema : super hero, luar angkasa, dinosaurus, pakaian daerah, pakaian princess, aneka profesi dan lain-lain. Anak-anak akan merasa senang melihat orang tuanya menggunakan kostum yang unik dan berbeda dari biasanya. Akan lebih menarik lagi jika rumah juga dihias sesuai dengan tema kostum pada hari itu.

7. Bersepeda bersama keluarga

Bersepeda menyusuri jalan-jalan kecil bersama keluarga tentunya menyenangkan. Acara bersepeda bisa dilanjutkan dengan bermain dan piknik di taman.

8. Membuat mainan atau bermain mainan tradisional bersama

Membuat mainan sendiri dapat menjadi salah satu kegiatan pengisi liburan. Barang-barang bekas bisa digunakan sebagai bahan baku untuk membuat mainan. Contohnya membuat rumah boneka dari kardus bekas, kereta api dari botol bekas, atau pesawat dari stereofoam bekas.

Permainan tradisional akhir-akhir ini sudah jarang dikenal dan dimainkan oleh anak-anak. Contohnya petak umpet, gobak sodor, lempar gundu, main tali karet, main congklak, dan sebagainya. Permainan akan menjadi lebih seru jika orang tua pun ikut bermain.

9. Bermain board games

Monopoli, ular tangga, ludo, halma, scrable, dan yang lainnya juga bisa dijadikan pengisi liburan. Menggunakan board games buatan sendiri tentunya lebih asik, karena bentuk dan aturan main dapat dibuat sesuai dengan imajinasi yang diinginkan anak-anak. Jangan lupa sediakan hadiah menarik untuk para pemenang.

10. Camping di Halaman Rumah

Liburan juga bisa diisi dengan melakukan camping di kebun / halaman rumah kamu. Pasang tenda, dan berbagai perlengkapannya, terus tidur di tenda deh..Ketika malam hari, nyalakan api unggun. Pasti tambah seruuu..

Nah.. tinggal dipilih kegiatan liburan yang paling cocok dengan tipe keluarga kita… Selamat berlibur…

Penulis : Sri Aktaviyani
Ilustrator : Memels

Sumber: Gadget Muslimah

Loading...