Jatik.com
to Inspire. be Social.

Manfaat Puasa Senin Kamis Sungguh Mengejutkan! Dari Fisik, Spiritual, Mental, Pokoknya Lengkap

0 1.272

Guys, ada gak dari kalian yang mengamalkan ibadah sunnah puasa senin kamis dengan rutin? Kalau ada, berarti kamu sudah di jalur yang benar guys!! Ternyata, manfaat puasa senin kamis itu sungguh banyak lho…

Sebagai salah satu amalan yang sifatnya sunnah di dalam Islam, puasa senin kamis ini memang dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Anjuran ini bukan tanpa makna lho, faidah / manfaat puasa senin kamis terbilang cukup banyak bagi yang menjalankannya.

Selain tentu keutamaan puasa senin kamis memang telah dijabarkan dalam banyak hadits yang lengkapnya kamu bisa cek disini. Banyak juga manfaat dari berbagai aspek lainnya, yang akan dijabarkan di bawah ini.

Apa saja ya manfaat puasa senin kamis tersebut?

Setidaknya, ada 10 manfaat puasa senin kamis dari beberapa aspek, baik kesehatan fisik, mental, dan spiritual yang bisa kamu peroleh jika menjalankannya dengan rutin.
—————————————————————–

1. Membantu meremajakan kulitmu

Wah, emang bisa gitu puasa senin kamis meremajakan kulit kita? Yap. Ini salah satu manfaat puasa senin kamis yang mungkin banyak ditunggu oleh kaum hawa.

Perlu diketahui bahwa kulit kita terdapat sel-sel kulit mati yang perlu diganti dengan kulit-kulit baru atau diremajakan kembali. Memang, peremajaan kulit mati bisa dilakukan dengan dibantu produk-produk kecantikan tertentu, tetapi kalau ada alternatif yang lebih menyehatkan kenapa gak?

Yaitu dengan melakukan puasa senin kamis secara rutin. Kenapa berpengaruh terhadap peremajaan kulit kita? Ini terkait dengan metabolisme tubuh yang terhenti sementara saat kita berpuasa, sehingga sel-sel tubuh dapat bekerja lebih aktif lagi, termasuk juga sel-sel kulit kamu.

2. Membantu mengencangkan kulitmu

Bisa jadi, kamu percaya atau tidak bahwa salah satu manfaat puasa senin kamis adalah untuk mengencangkan kulitmu. Tidak jauh berbeda dengan poin pertama, saat berpuasa, metabolisme tubuh kita untuk sementara beristirahat, sehingga sel-sel tubuh bekerja lebih maksimal.

Oleh karena itu, organ-organ tubuh luar akan bekerja lebih maksimal, seperti kulit akan menjadi lebih kencang dan sehat. Yuk dibuktikan!

10 manfaat puasa senin kamis
10 manfaat puasa senin kamis

3. Membantu mengeluarkan racun dalam tubuh (detoksifikasi)

Manfaat puasa senin kamis selanjutnya adalah detoksifikasi, atau pengeluaran racun-racun dalam tubuh. Bagaimana puasa sunnah ini bisa terkait dengan detoksifikasi?

Sederhananya adalah makanan yang kita konsumsi sehari-hari, disamping juga gizi yang terkandung, juga ada beberapa makanan yang sebenarnya mengandung racun bagi tubuh, masuk dalam darah ataupun lemak tubuh.

Salah satu cara efektif untuk mengeluarkannya adalah dengan berolahraga atau mengkonsumsi minuman herbal kesehatan via urine, keringat, atau saat buang air besar.

Disamping itu, dengan berhenti sejenak mengkonsumsi makanan-makanan yang tidak sehat melalui berpuasa, akan sangat membantu proses detoks ini. Puasa senin kamis dipercaya menjadi salah satu upaya untuk mengeluarkan racun-racun yang sudah lama mengendap dalam tubuh kita.

Tubuh akan terasa lebih bugar dan sehat jika racun-racun tersebut keluar dari tubuh kita.

4. Mengistirahatkan sejenak organ pencernaan tubuh

Bisa kamu bayangkan organ-organ tubuh, termasuk pencernaan, bekerja 24 jam penuh tanpa henti? Jika diibaratkan sebuah mesin motor, lama-kelamaan ada salah satu bagian dari organ pencernaan tersebut yang aus.

Mesin motor butuh istirahat dan juga perawatan rutin agar mesin dan sparepart-nya tetap bisa bekerja dengan normal. Sama halnya dengan organ pencernaan kita. Jika terus dipaksa untuk bekerja, lama-lama akan ada banyak keluhan / masalah yang terjadi.

Untuk itu, organ pencernaan juga butuh istirahat untuk sementara waktu, minimal dua hari (senin kamis) dalam tempo seminggu. Ini justru akan sangat membantu organ pencernaan untuk berfungsi lebih optimal dari biasanya.

Sehingga manfaat puasa senin kamis memang sangat terasa bagi organ pencernaan kita.

5. Membantu mengurangi kadar lemak dalam tubuh

Lemak dalam tubuh bukan berarti tidak memiliki manfaat. Lemak tetap dibutuhkan oleh tubuh, sebagai salah satu nutrisi. Akan tetapi, jika memiliki kadar lemak yang berlebihan, maka akan memicu beragam penyakit datang, seperti jantung koroner.

Kelebihan lemak dalam tubuh ini sudah selayaknya dikurangi agar tubuh sehat. Ada beberapa cara untuk menguranginya, seperti olahraga dengan teratur, melakukan diet sehat, dan juga berpuasa senin kamis.

So, jika ingin tubuh kamu terhindar dari penyakit seperti kolesterol, tekanan darah tinggi, serangan jantung, dll, lakukan ketiga hal tersebut.

6. Membantu wanita tampil lebih cantik alami

Mungkin ini salah satu manfaat puasa senin kamis yang sangat ditunggu oleh kaum wanita, tampil lebih cantik. Masih terkait dengan poin sebelumnya, bahwa berpuasa senin kamis akan mempercepat proses pergantian (peremajaan) kulit.

Dengan percepatan peremajaan kulit, maka kulit akan tampak lebih segar, bersih, dan tampil lebih cantik. So, buat kamu yang ingin tampak lebih cantik, mulai berpuasa senin kamis dengan rutin yuk!

7. Membuat mental dan spiritual menjadi lebih tenang

Tak bisa dipungkiri, salah satu manfaat puasa senin kamis yang sangat berperan adalah membantu mengkontrol emosi, pikiran, dan perasaan kita. Jika kita terbiasa puasa senin kamis, ketiga aspek tersebut akan lebih tenang.

Jika kondisi jiwa dan pikiran lebih tenang, maka segala pikiran kotor / negatif / hawa nafsu juga akan lebih terjaga. Ini sangat penting bagi kesehatan kejiwaan kita, plus sangat membantu kesehatan fisik.

8. Mengkontrol hawa nafsu lebih baik

Setiap manusia memang sudah dianugerahkan hawa nafsu. Dan itu wajar. Menjadi tidak wajar, jika hawa nafsu tersebut tidak terkendali, sehingga bisa menyebabkan kerusakan-kerusakan.

Alat kontrol yang paling ampuh terhadap hawa nafsu agar tidak menimbulkan kerusakan adalah dengan melakukan puasa secara rutin, termasuk di dalamnya puasa sunnah senin kamis.

Muda-mudi yang terbiasa berpuasa senin kamis, hawa nafsunya akan lebih terjaga dari perbuatan yang tidak baik dan negatif. Dengan catatan, niat puasa ini memang semata-mata hanya untuk mengharap ridho Allah SWT.

9. Meningkatkan kepekaan terhadap kondisi di lingkungan sekitar

Sebagai makhluk sosial, tentu kita tidak bisa lepas dari kondisi di lingkungan sekitar kita. Tak bisa dipungkiri, banyak diluar sana orang-orang yang memang kurang beruntung, fakir miskin, gelandangan, anak yatim piatu, yang bahkan untuk makan sehari-hari saja tidak terpenuhi.

Dengan membiasakan puasa senin kamis secara rutin, akan membantu meningkatkan rasa peka / sensitivitas sosial kita terhadap orang-orang tersebut. Ini karena kita juga ikut merasakan rasa lapar dan haus yang mereka derita.

10. Meningkatkan amal ibadah lainnya

Jika rasa peka tersebut terasah, maka secara tidak langsung juga akan meningkatkan amal ibadah lainnya, seperti sedekah. Kita akan tergugah untuk ikut membantu kaum fakir dengan memberikan sedekah.

Selain itu, banyak amal-amal baik lainnya juga akan tumbuh sebagai dampak tak langsung dari rutinitas kita dalam menjalankan ibadah sunnah puasa senin kamis.

Kesepuluh manfaat puasa senin kamis diatas tentu saja tak boleh disia-siakan begitu saja. Yang pasti, dari beragam manfaat yang didapatkan, tetap diniatkan puasa hanya untuk Allah semata, Insya Allah berkah dunia akhirat akan didapatkan.

Referensi: Manfaat.co.id

Loading...
Berlangganan Newsletter
Berlangganan Newsletter
Daftarkan email kamu disini untuk mendapatkan info terupdate dari Jatik.com langsung ke inbox email kamu!
Kamu bisa membatalkan newsletter ini kapan pun.